CARA MENENTUKAN CERITA DALAM KEGIATAN MENDONGENG

Minggu, 08 Desember 2013

Bercerita, Mendongeng, tema cerita untuk anak-anak PAUD

Mendongeng dan bercerita adalah suatu cara untuk menanamkan nilai-nilai karakter yang baik kepada anak. Sebagai orang tua, guru dan pendidik anak usia dini, alangkah baiknya jika kita juga bisa menjadi seorang pendongeng yang baik, yang akan menjadikan bercerita sebagai kegiatan bermain yang menarik dan dapat menjadikan pengalaman yang unik bagi anak. Isi ceritanya pun diusahakan sesuai dengan anak dan berkaitan dengan kegiatan pembelajaran anak. Berikut ini beberapa kerangka dan acuan cerita yang dapat dipilih untuk kegiatan mendongeng dan bercerita sebagai berikut :

  1. Cerita-cerita tentang dunia kehidupan anak yang penuh suka cita, yang menuntut isi cerita memiliki unsur yang dapat memberikan perasaan gembira, lucu, menarik dan mengasyikan bagi anak.
  2. Tema cerita  dunia kehidupan anak yang berkaitan dengan cerita suputar lingkungan terdekat anak,seperti lingkungan keluarga, sekolah dan lingkungan bermain anak.
  3. Muatan cerita diusahakan berisi pendidikan nilai-nilai moral dan karakter yang baik, agar anak dapat belajar berperilaku sesuai dengan cerita berkarakter yang telah kita bacakan.
  4. Melihat pada keinginan dan minat anak keseluruhan, seperti anak-anak PAUD yang pada umumnya berminat pada cerita-cerita tentang lingkungan alamnya. Misalnya; tanaman, kendaraan, boneka, robot, planet, dan lain-lain
  5. Tingkat usia, kebutuhan dan kemampuan mencerna isi cerita. Ceritanya harus cukup pendek dalam rentang perhatian anak. Cerita tersebut bersifat meningkatkan daya pikir anak seperti cerita-cerita tentang pakaian, makanan, minuman sehat, kebersihan diri, melayani diri sendiri, dll.
  6. Dalam kegiatan mendongeng dan bercerita diupayakan membuka kesempatan untuk anak bertanya dan menanggapi setelah kita selesai bercerita.
  7. Anak diberikan kesempatan untuk berdiskusi dengan sesama anak lainnya berkaitan dengan tema dan isi cerita yang telah kita sampaikan.

Demikian cara menentukan cerita dalam kegiatan mendongeng dan bercerita untuk anak, semoga bermanfaat...terima kasih.
 



21.54.00

0 komentar: