Paudbermainbelajar----Satuan Pendidikan Anak Usia Dini, di lembaga-lembaga paud, baik yang melaksanakan program Taman Kanak-kanak (TK), Kelompok Bermain (KB), dan Taman Pengasuhan Anak (TPA), anak berkembang sesuai dengan pengajaran yang dilakukan di sekolah. Penanaman nilai-nilai agama dan spritual menjadi salah satu faktor penting untuk mengembangkan kemampuan anak dalam hal pendidikan karakter yang mengarahkan anak untuk memiliki budi pekerti dan akhlak yang mulia.
1.Unreflective
Istilah Unreflective, menurut John Echol (1995), Dapat dimaknai sebagai tidak mendalam, tidak/kurang dapat memikirkan secara mendalam, atau anak tidak dapat merenungkannya. Artinya, salah satu sifat anak dalam memahami pengetahuan yang berkaitan dengan hal yang abstrak, seperti pengetahuan/ajaran agama, tidak merupakan hal yang harus dipedulikan dengan serius.
2.Egocentris
Sifat yang kedua ini memiliki makna lebih mementingkan kemauan dirinya sendiri dalam segala hal. Tidak peduli dengan urusan orang lain dan lebih fokus pada hal-hal yang menguntungkan dirinya.
3.Misunderstand
Misunderstand akan muncul di kalangan anak-anak usia dini ketika kita mengenalkan berbagai hal yang
4.Verbalis dan Ritualis
Anak usia sekitar 3 sampai 6 tahun berada pada fase perkembangan kosakata yang sangat pesat. Hal ini seperti diungkapkan oleh Elizabet B. H. (1997:188). Menurutnya, setiap anak belajar berbicara dan mereka berbicara hampir tidak putus-putusnya.
Baca juga : Mengenal Pertumbuhan Jiwa Keagamaan Pada Anak.
5. Imitative
Ada beberapa prinsip dasar yang sangat perlu diperhatikan dalam mengkaji tahapan perkembangan nilai-nilai agama pada anak usia dini seperti berikut ini:
- Prinsip penekanan pada kativitas anak sehari-hari
- Prinsp pentingnya keteladanan dari lingkungan dan orang tua/keluarga anak.
- Prinsip kesesuai dengan kurikulum spiral
- Prinsip developmentally appropriati practice (DAP)
- Prinsip Psikologi perkembangan anak
- Prinsip monitoring yang rutin.
Itulah beberapa Tahapan perkembangan dan pemahaman anak usia dini khususnya anak Taman kanak-kanak terhadap nilai-nilai keagamaan pada saat mengikuti kegiatan belajar mengajar. Semoga bermanfaat untuk kita pelajari. Materi tersebut saya rangkum dari modul bahan kuliah PAUD saya yang diberikan dosen. Semoga bermanfaat ya bunda. Terimakasih udah berkunjung.
Baca juga artikel dan tulisan menarik lainnya di sini !!
0 komentar:
Posting Komentar