Cara Membuat APE Pasir Kinestetik PAUD

Minggu, 03 Maret 2024

 PAUD_Anak Bermain Belajar--- Cara membuat Pasir Kinestetik Pada Program pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini.  Bermain pasir menjadi aktivitas yang sangat disukai oleh anak-anak. Sayangnya, sebagai orang tua kita tidak bisa rutin mengajak anak ke pantai dan mendukungnya untuk bermain pasir sepuasnya. Namun jangan khawatir Bunda-ayah, kita tetap bisa mengajak anak PAUD bermain pasir di sekolah dan di rumah bahkan dengan cara yang paling aman tapi tetap menyenangkan. 

Bermain APE Pasir Kinestetik anak PAUD


Bermain pasir kinestetik baik dirumah maupun di lembaga PAUD adalah aktivitas yang bisa memberikan banyak manfaat untuk anak-anak Usia Din. Adapun manfaat tersebut antara lain adalah sebagai berikut: 

  • Bermain pasir melatih konsentrasi anak. 
  • Baik untuk meningkatkan tumbuh kembang anak. 
  • Mengasah kreativitas dan imajinasi anak dalam berkarya atau menciptakan sesuatu lewat pasir. 
  • Meningkatkan kemampuan sosial dan kemonikasi terlebih jika bermain pasir ini dilakukan bersama teman-temannya. 
  • Anak akan lebih mengenak konsep sains, matematika dan fisika sederhana dari permainan pasir. 
  • Membantu perkembangan sensorik dan motorik anak, meningkatkan kemampuan gerak tangan, mata dan tubuh keseluruhan. Baik motorik halus maupun motorik kasar akan terbangun dengan baik.
  • Anak lebih bijak dalam memecahkan masalah dan lebih hati-hati dalam bermain terutama agar pasir tidak terkena mata atau anggota tubuh lain yang bisa menyebabkan sakit.

Seiring dengan berkembangnya zaman, Bunda ayah Pendidik dan orang tua bahkan bisa mengajak anak membuat APE pasir kinestetik mainannya sendiri tanpa takut jika pasir tersebut kotor atau tercemar oleh virus maupun bakteri penykit berbahaya. Ayah dan bunda bisa mengajak anak untuk membuat pasir yang aman dengan bahan tepung terigu dan beberapa bahan lainnya. 

Alat Permainan Edukatif / APE pada PAUD yang menarik dan aman bagi anak usia dini, salah satunya Permainan Pasir Kinestetik. yang dapat dibuat dari bahan yang tersedia dilingkungan sekitar Bunda pendidik.

Bahan-bahan yang diperlukan antara lain:

- Tepung terigu atau tepung beras

- Pewarna Makanan

- Minyak goreng/-minyak kelapa.

Cara membuat APE Pasir Kinestetik PAUD


Cara membuat:


Campurkan semua bahan dalam wadah besar, lalu aduk sampai rata dan tidak menggumpal. Kalau mau, Bunda ayah juga bisa mencampurkan terigu dan pasir terlebih dahulu sebelum menambahkan minyak.

Terakhir masukan Dalam wadah yang diberi tutup dan disimpan di kulkas agar awet.

Lanjutkan dengan Aktivitas apa saja yang bisa dilakukan bersama anak supaya bermain pasir kinetik jadi tambah seru ya, Bunda ayah.



Demikian artikel singkat Tentan cara membuat APE Pasir Kinestetik dari blog Anak Paud Bermain Belajar, semoga bermanfaat ya bunda. Sukses selalu !!.



21.04.00

0 komentar: