LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER APE TAK TERBATAS UNTUK PEMBELAJARAN PAUD

Rabu, 22 Maret 2023

      PAUD-Anakbermainbelajar---Potensi lingkungan sebagai sumber media untuk pembelajaran PAUD yang tiada batas. Apa saja dapat kita temukan di lingkungan sekitar kita. 

Sebagai makhluk hidup, anak selain berinteraksi dengan orang atau manusia lain juga berinteraksi dengan sejumlah makhluk hidup lainnya dan benda-benda mati. Makhluk hidup tersebut antara lain adalah sebagai tumbuhan dan hewan, sedangkan benda-benda mati diantaranya udara, air, dan tanah. Manusia merupakan salah satu anggota di dalam lingkungan hidup yang berperan penting dalam kelangsungan jalinan hubungan pada sistem tersebut.

Lingkungan yang ada disekitar lembaga PAUD merupakan sumber belajar yang dapat dioptimalkan untuk mencapai proses belajar yang berkualitas bagi anak usia dini.

Lingkungan menyediakan berbagai hal yNg dapat dipelajari oleh anak.  Jumlah sumber belajar yang tersedia di lingkungan tidak terbatas, sekalipun pada awalnya tidak direncanakan secara sengaja untuk kepentingan pembelajaran PAUD.

Sumber belajar lingkungan ini akan memperkaya pengetahuan anak dengan memberikan pengalaman langsung dengan kebenaran lebih akurat, sebab anak dapat mengoptimalkan potensi panca indranya untuk berekplorasi dengan lingkungan sekitarnya. Apa saja yang dapat ditemukan di sekitar lembaga PAUD merupakan  bahan alat permainan edukatif (APE) yang kaya dengan nilai-nilai edukatif. Namun demikian tidak dapat dipungkiri bahwa alat permainan edukatif yang digali dari potensi lokal  lingkungan juga memiliki kelemahan. 

Alat Permainan Edukatif (APE) yang dapat dikembangkan menjadi alat permainan edukatif dari alam dan potensi lingkungan dapat dikelompokan menurut bahan bakunya, dalam 2 jenis yaitu;

1. Alat permainan edukatif (APE) Bahan alam yang berasal dari lingkungan biotik

APE Bagan alam ini sangat beragam dan mudah di dapat di sekitar lembaga PAUD. Baik dari makhluk hidup seperti binatang dan tumbuh-tumbuhan maupun dari benda mati seperti air, pasir, tanah, lumpur, batu, kerikil dan sejenisnya

2. Alat permainan edukatif (APE) bahan limbah atau bahan bekas rumah tangga. 

APE Bahan limbah yang banyak ditemukan dari bahan limbah rumah tangga seperti berbagai jenis kardus, berbagai botol dan gelas pelastik, berbagai jenis kertas bekas, mainan bekas dan lainnya. 



13.54.00

0 komentar: