CARA MEMBUAT SENDIRI ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) UNTUK PAUD-TK

Minggu, 06 Maret 2016

PAUD-AnakBermainbelajar---Alat Permainan edukatif (APE) adalah alat permainan yang sengaja dirancang secara khusus untuk kepentingan pendidikan. Media Pembelajaran APE untuk anak Pada umumnya pengembangan APE berakar pada jenis permainan yang telah dikembangkan lebih dahulu oleh para pakar dari negara maju. Beberapa jenis APE merupakan hasil kreasi guru sediri yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi lingkungan setempat. Berikut beberapa Jenis APE yang dirancang berdasarkan konsep Pendidikan anak usia dini.

Untuk kegiatan pembelajaran di PAUD dan Taman Kanak-kanak, Alat Permainan Edukati - APE juga dapat dipilih dan dirancang sendiri oleh guru-pendidik PAUD dengan memanfaatkan bahan dan media alternatif dari bahan-bahan yang ada dilingkungan sekitar kita. Dalam kenyataannya selama ini banyak guru dan pendidik PAUD sering kali tidak dapat memilih alat permainan edukatif yang tersedia. Kesulitan guru dalam memilih APE yang sesuai bukan disebabkan oleh ketidak mampuan guru dalam memilih, tetapi mungkin juga karena alat permainan yang sesuai atau yang diperlukan memang tidak tersedia.

Dalam kondisi seperti itu, guru diharapkan dapat merancang, mengembangkan, dan membuat sendiri APE yang diperlukan untuk pembelajaran di PAUD dan Taman Kanak-kanak. Menggunakan bahan-bahan yang sudah tidak terpakai lagi atau bahan-bahan yang mudah didapat di lingkungan sekitar kita.


Berikut ini beberapa contoh APE, yang dibuat dari bahan-bahan dilingkungan sekitar kita, Beberapa APE yang sebagian besar di download dari Google ini memiliki konsep yang menarik, salah satunya konsep pengembangan keaksaraan untuk anak. Silakan bunda langsung disimak aja contoh Gambar APE di bawah ini:  

1. Permainan Tradisional dari Alam Sekitar










2. APE dari Bahan-bahan yang sudah tidak terpakai




Lihat APE Alat Permainan Edukatif untuk Aksara dan Angka Lainnya di Sini !!



12.23.00

0 komentar: