MENGENAL PENYEBAB ANAK GAGAP BICARA

Minggu, 22 Maret 2015

Bunda-- Sering kita temukan dari beberapa kasus masalah berbahasa pada anak yang kurang, salah satunya masalah anak yang gagap berbicara. Para peneliti memusatkan perhatian mereka kepada ciri-ciri (karakteristik) keluarga yang mungkin dapat menjadi penyebab munculnya gagap karena masalah gagap ini banyak terjadi pada anak-anak di keluarga tertentu. Dan yang jadi masalah selanjutnya adalah banyak mitos yang beredar yang menimbulkan kesalahpahaman berkaitan dengan penyebab gagap, yang paling umum adalah padangan masyarakat yang menganggap gagap adalah akibat ada masalah emosional yang berkepanjangan atau kecemasan hebat yang dialami anak.

Sebenarnya ada beberapa faktor penyebab timbulnya gagap pada anak, salah satu faktor kuatnya adalah faktor genetis yang juga memiliki peranan yang sangat kuat dalam etiologi (penyebab munculnya) gagap. Menurut sebuah penelitian yang pernah dilakukan secara luas ditemukan jumlah; keturunan memberikan sumbangan sebesar 71% dari berbagai penyebab munculnya gagap dan sisanya sebanyak 29% disebabkan oleh pengaruh lingkungan. 

Penjelasan yang muncul mengenai faktor keturunan yang memberikan kontribusi paling besar dalam munculnya gagap adalah karena adanya perkembangan yang abnormal di lokasi yang berhubungan dengan pusat bahasa di otak yaitu pada hemisphere kiri. Sumber kelainan yang bersifat biologis yang digunakan untuk menerangkan terjadinya gagap ini dalam kenyataannya menampilkan gambaran klinis yang luas seperti kehilangan spontanitas dan masalah harga diri (self esteem).

Dari kenyataan di masyarakat dan paradigma yang berkembang, untuk mengetahui penyebab anak mengalami gagap ini, ternyata tidak ada satu jawaban yang pasti dan satu-satunya, yang dapat menerangkan sebab-sebab anak mengalami gagap ini. Tetapi secara garis besar jika ada pertanyaan penyebab anak gagap, maka jawaban yang dapat kita berikan adalah :
  1. Tidak ada satu penyebab jelas yang dapat menerangkan terjadi anak mengalami gagap
  2. Masih banyak faktor yang harus dicermati dan dipelajari berkaitan dengan faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan gagap.
  3. Perkembangan penelitian masih berlangsung dengan pesat dalam rangka pencegahan terjadinya gagap pada anak.
  4. Gagap biasanya terjadi secara turun-temurun (stuttering runs in families).
Demikian bunda sekalian mengenai anak yang bemasalah dalam kemampuan bicara dan berbahasanya yaitu gagap berbicara, semoga informasi ini bermanfaat, terimakasih, wassalam.

Sumber: http://anakkusehatceria.blogspot.com/2015/03/penyebab-anak-gagap-bicara.html



07.42.00

0 komentar: