ASPEK-ASPEK DAN CIRI FISIK PERKEMBANGAN ANAK TK (TAMAN KANAK-KANAK)

Kamis, 06 Februari 2014

Perkembangan anak TK, Fisik Anak TK, Taman kanak-kanak
Anak PAUD Istiqlal
Dalam masa-masa golden age anak usia dini, anak akan mengalami perkembangan yang sangat drastis dimulai dari perkembangan berpikir, emosi, motorik, fisik serta sosial. Aspek-aspek penting perkembangan anak TK Taman kanak-kanak meliputi aspek perkembangan Kognitif, aspek pekembangan Fisik, dan aspek perkembangan bahasa:

1. Aspek Perkembangan Kognitif

Aspek Perkembangan Kognitif berdasarkan Teori Piaget terdapat pembagian adalah tahapan tertentu  yaitu:
  • Tahap sensor motorik (usia 0 hingga 2 tahun) dimana anak memiliki kemampuan yang terbatas yaitu pada gerak reflek. 
  • Tahap kedua adalah tahap pra-operasional (2 hingga 7 tahun) dimana kemampuan menerima rangsangan anak masih terbatas. Kemampuan bahasa anak mulai berkembang tapi masih belum bisa berpikir abstrak, persepsi waktu serta tempat. 
  • Tahap ketiga adalah Tahap konkret operasional (7 hingga 11 tahun) dimana anak sudah bisa menyelesaikan tugas menggabungkan, menderet, menyusun, memisahkan, melipat serta membagi.
  • Tahap selanjutnya adalah tahap formal operasional yakni umur 11 hingga 15 tahun di mana anak sudah dapat berfikir asbstrak dan mampu berfikir tinggat tinggi.
2. Aspek Perkembangan Perkembangan Fisik

Perkembangan motorik adalah perkembangan pengendalian gerakan fisik. Keterampilan motorik ini yaitu keterampilan motorik kasar serta halus. Keterampilan motorik anak yang masih berusia 4-5 tahun biasanya banyak mengalami perkembangan jika dibandingkan dengan motorik kasar. Kemudian, setelah usia 5 tahun barulah terjadi perkembangan motorik halus. Di usia 4 tahun, anak-anak sendiri masih menyukai gerakan- gerakan sederhana seperti melompat, berjingkrak-jingkrak atau berlari ke sana kemari. Pada usia 5 tahun, anak-anak biasanya lebih berani mengambil resiko dan lebih percaya diri untuk melakukan ketangkasan seperti memanjat suatu obyek, berlari kencang dan lain sebagainya.

2. Aspek Perkembangan Bahasa

Hart dan Risley menuturkan bahwa anak berusia 2 tahun memproduksi rata-rata dari 338 ucapan yang dapat dimengerti dalam setiap jam, cakupannya jauh lebih luas adalah antara rentangan 42 sampai 672. 2 tahun lebih tua anak-anak dapat menggunakan kata-kata di jam yang berbeda, dengan rentangan 18 untuk 286. Membaca dan menulis adalah bagian dari mempelajari bahasa.

Ciri Fisik dan Perkembangan Anak TK atau Prasekolah
Berikut ini diuraikan bagaimana ciri fisik dan perkembangan anak TK dan atau Prasekolah, seperti diketahui bahwa anak TK atau prasekolah ini memiliki ciri-ciri bahwa mereka sedang mengalami proses perkembangan. Apa sajakah ciri-ciri tersebut?
  • Anak prasekolah biasanya aktif karena mereka sudah memiliki kontrol terhadap tubuhnya dan sangat menyukai kegiatan yang dilakukannya sendiri
  • Debgab aktifnya seorang anak, kadang mereka lupa kalau mereka memerlukan istirahan yang cukup. Untuk kasus ini, orangtualah yang perlu mengatur waktu mereka.
  • Otot-otot besar pada anak prasekolah jauh lebih berkembang dari kontrol terhadap motorik halus seperti pada jari dan tangan. Oleh karena itu mereka masih belum terampil, misalnya mengikat tali sepatu.
  • Walaupun tubuh anak lentur, namun tengkorak kepala yang menjadi pelindung otaknya masih lunak
  • Biasanya anak-anak prasekolah suka menggendong tas bergambar dan biasanya mereka kali menunjukan apa yang mereka punya kepada teman-teman mereka.
  • Anak sudah lebih senang berkompertisi dengan anak lainnya dalam hal kekuatan fisik, misalnya adu lari cepat.
Demikian aspek dan ciri fisik perkembangan anak TK (Taman Kanak-kanak) Semoga bermanfaat, terimakasih.

Sumber: Disarikan dari berbagai sumber!!
dari: http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/.  terimakasih atas kunjungannya.


 



16.59.00

0 komentar: