MENGEMBANGKAN KEGIATAN OUTBOND PAUD YANG BERBASIS ALAM SEKITAR

Minggu, 19 Januari 2014

anak bermain disawah, Outbond PAUD,Program Outbond
Mungkin tidak salah sebuah pendapat yang menyatakan "mau anak pintar, cerdas, berkarkter dan memiliki kemampuan fisik dan motorik yang bagus, kembalilah ke alam. Salah satu pendidikan anak yang bagus adalah mendidik anak melalui alam dan kembali ke alam, anak didik untuk mencintai lingkungan sejak usia dini. Itulah yang akan diperoleh dari kegiatan pendidikan anak PAUD yang berbasis alam. Di lembaga PAUD yang mengembangkan pendidikan anak berbasis alam, anak-anak di ajak bermain khas Outbound dengan memanfaatkan potensi lingkungan sekitar, misalnya anak dapat diajak menanam padi, menangkap ikan, memanen buah-sayur, berenang dikali, membuat hiasan pakaian dari daun dan kegiatan lain yang bersentuhan dengan alam sekitar.

Kegiatan kembali ke alam untuk anak usia dini adalah upaya menanamkan nilai-nilai cinta alam, agar anak-anak mencintai lingkungannya sejak dini. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan peran guru memperkenalkannya dari perilaku sehari-hari. Anak didik diajarkan dengan contoh-contoh bagaimana memelihara dan mencintai alam. Misalnya, anak-anak diberi contoh untuk membuang sampah yang baik dan benar, para guru pendidik menanamkan kepada anak didiknya kalau membuang sampah sembarangan, sekolah akan kebanjiran, dan kalau kebanjiran kita akan sekolah dimana?. Dengan cara ini pada anak akan tertanam kesadaran dan rasa ingin memelihara terhadap lingkungannya.

Dengan menanamkan perilaku mencintai alam sejak usia dini, maka kepedulian terhadap lingkungan akan tertanam kuat sampai dewasa. Juga efek positifnya perilaku ini akan dibawa sampai di lingkungan keluarga. Anak dapat menjadi agen kontrol kesadaran orang dewasa, mereka bisa mengatakan kepada orang lain khususnya kepada orang tuanya bila membuang sampah sembarangan bisa berdampak pada kerusakan lingkungan yang merugikan diri sendiri.
Bermain dengan Kerbau

Kegiatan PAUD berbasis alam ini juga bertujuan menciptakan anak-anak yang tangkas dengan kegiatan Outbound yang terencana dan terarah untuk kegiatan belajar anak. Kegiatan belajar di alam memungkinkan anak untuk lebih mampu mengekspolarasi lingkungannya. Anak diberikan kesempatan untuk menjelajahi lingkungannya dengan lebih mendalam melalui kemampunan motoriknya. Pengertian Outbound sendiri adalah sebuah kegiatan yang dilakukan di alam terbuka (Outdoor) dengan melakukan beberapa simulasi permainan (Outbound Games) baik secara individu maupun perkelompok. Dalam kegiatan Outbound untuk anak PAUD dilakukan juga dengan kegiatan-kegiatan bermain di alam terbuka, dengan memanfaatkan potensi dan kondisi lokal yang tersedia. Misalnya jika Outbound dilakukan dilingkungan persawahan anak-anak dapat bermain di sawah sambil menaiki kerbau untuk membajak sawah, ini tentunya dengan pengawasan guru dan orang tua yang mendampingi mereka. Dengan ini diharapkan anak dapat memiliki pengalaman yang nyata tentang bagaimana kegiatan membajak sawah tersebut, sehingga timbul pengertian dan kesadaran anak akan pentingnya kegiatan pertanian, pentingnya peran pak tani untuk memenuhi kebutuhan padi dan beras untuk hidup kita sehari-hari.

 Sumber: Disarikan dari berbagai sumber
 Sumber gambar: http://ayoubekeanra.blogspot.com/



20.50.00

0 komentar: