CIRI-CIRI ANAK SEHAT

Selasa, 27 Agustus 2013


Menurut Departemen Kesehatan Republik Indonesia ciri anak sehat sebagai berikut:
  1. Tumbuh dengan baik, yang dapat dilihat dari naiknya berat dan tinggi badan secara teratur dan proporsional.
  2. Tingkat perkembangan sesuai dengan tingkat umurnya.
  3. Tampak aktif/gesit dan gembira.
  4. Mata bersih dan bersinar.
  5. Nafsu makan baik.
  6. Bibir dan lidah nampak segar.
  7. Pernapasan tidak berbau.
  8. Kulit dan rambut tampak bersih dan tidak kering.
  9. Mudah menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
Berdasarkan ciri-ciri di atas, anak yang sehat dapat dilihat dari berbagai segi antaralain; segi fisik yang ditandai dengan sehatnya badan dan normalnya pertumbuhan jasmani anak;  dari segi psikis; anak yang sehat jiwanya dapat berkembang secara wajar, pikirannya bertambah cerdas, perasaan bertambah peka, kemauan bersosialisasi baik, dan dari segi sosialisasi, anak tampak aktif, gesit, dan gembira serta mudah menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
Kecepatan perkembangan jasmani dipengaruhi oleh kesehatan, gizi, dan lingkungan fisik lain misalnya tersedianya alat permainan serta kesempatan yang diberikan kepada anak untuk melatih berbagai gerakan.

Pada usia tiga tahun, umumnya anak dapat berjalan mengikuti garis lurus dan mampu melakukan gerakan melempar tanpa kehilangan keseimbangan. Pada usia empat tahun anak dapat berjalan mengikuti garis yang berbentuk lingkaran. Setelah berusia lima tahun, mereka mampu lari kuat kencang dengan gaya seperti orang dewasa dan meloncat dengan mempertahankan keseimbangannya. Perkembangan keterampilan cepat berkembang melalui latihan bermain yang bersifat fisik melalui kegiatan melompat, memanjat, lari, dan mengendarai sepeda roda tiga.



23.29.00

0 komentar: