Visiuniversal- Blog---Perubahan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal (BAN PAUD PNF) menjadi Badan Akreditasi Nasional Paud Pendidikan Dasar Menengah (BAN-PDM). Mengharuskan juga terjadinya perubahan mekanisme dan tata cara pelaksanaan dan prosedur Akreditasi, salah satunya yang mengalami perubahan adalah pengisian Sispena sebagai Aplikasi utama pengisian dan penilaian dokumen akreditasi.termasuk perubahan Link dan situs Aplikasi sispena tersebut.
Berikut cara pengisian Sispena BAN PDM terbaru beserta linknya.
Tampilan terbaru Aplikasi Sispena BAN PDM
Sispena BAN PDM Versi Mobile Seluler
Tampilan dan Cara Pengisian Aplikasi Akreditasi Sispena BAN PDM terbaru tahun 2024
Visiuniversal- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Nomor 12 Tahun 2024 Tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah.
Download Salinan PERMENDIKBUD RISTEK NOMOR 12 TAHUN 20024 di sini !!
Akhmad Solihin 20.37.00 PAUD Anakbermainbelajar IndonesiaPERMENDIKBUD RISTEK NOMOR 12 TAHUN 20024
Prakiraan Jadwal PPG Daljab 2024
– Pendaftaran/Pengajuan Berkas: 30 Mei-11 Juni 2024
– Perbaikan Berkas: 12-28 Juni 2024
– Verifikasi dan Validasi oleh Petugas: 12 Juni-1 Juli 2024
– Pengumuman Hasil: 5 Juli 2024.
cek panggilan PPG dsni Bapak/Ibu https://guru.kemdikbud.go.id/sertifikasi-pendidik/checking/
Syarat PPG Daljab 2024
Secara umum persyaratan untuk mengikuti PPG Daljab 2024 tidak akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Berikut ini adalah sejumlah persyaratan umum yang harus dipenuhi untuk mengikuti PPG Daljab 2024 :
1. Nama calon peserta telah terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik)
2. Nama calon peserta masuk dalam daftar peserta yang dirilis oleh Direktorat Jenderal GTK.
3. Memiliki NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan)
4. Masih aktif mengajar atau menjabat sebagai Kepala Sekolah.
5. Mampu mengikuti pendidikan PPG Daljab mulai awal hingga akhir dengan kondisi sehat secara fisik dan rohani.
6. Berkelakuan baik
7. Usia maksimal 58 tahun pada akhir tahun 2024
Informasi PPG Daljab Tahun 2024
Guru Kategori Ini Auto Dapat Panggilan Mengikuti PPG Daljab 2024.
Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) merupakan program yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek untuk meningkatkan kualifikasi guru yang telah mengajar di sekolah.
Pada tahun 2024, Kemendikbudristek kembali menyelenggarakan PPG Daljab dengan beberapa kategori guru yang akan diprioritaskan untuk mendapatkan panggilan.
Program PPG Dalam Jabatan (PPG Daljab) tahun 2024 memiliki kuota untuk sebanyak 576.961 orang.
Berikut adalah kategori guru yang otomatis mendapatkan panggilan mengikuti PPG Daljab:
1. Guru Kategori A yang Lulus Seleksi Administrasi di Tahun 2022
Guru kategori A yang telah lolos seleksi administrasi PPG Daljab di tahun 2022 namun belum mendapatkan kesempatan mengikuti program, akan diprioritaskan untuk mendapatkan panggilan di tahun 2024.
2. Guru Kategori B dengan Masa Kerja Terlama
Guru kategori B yang belum pernah mengikuti PPG Daljab dan memiliki masa kerja paling lama akan diprioritaskan untuk mendapatkan panggilan.
3. Guru Kategori B dengan Usia Tertua.
Guru kategori B yang belum pernah mengikuti PPG Daljab dan memiliki usia tertua di antara guru lainnya juga akan diprioritaskan.
4. Guru yang Mengajar di Daerah Terluar, Tertinggal, dan Terdepan (3T).
Guru yang bertugas di daerah 3T dan belum pernah mengikuti PPG Daljab akan diprioritaskan untuk mendapatkan panggilan.
5. Guru yang Mengajar pada Mata Pelajaran Prioritas
Guru yang mengajar pada mata pelajaran prioritas seperti Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) akan diprioritaskan untuk mendapatkan panggilan.
Perlu diingat bahwa Guru yang telah mendapatkan panggilan PPG Daljab di tahun 2023 tidak akan mendapatkan panggilan lagi di tahun 2024.
Guru yang tidak termasuk dalam kategori di atas masih memiliki peluang untuk mengikuti PPG Daljab 2024
Bagi guru yang belum terpanggil akan dipanggil pada PPG Daljab di tahap berikutnya.
Pendaftaran PPG Daljab tahun 2024 belum dibuka, tunggu pengumuman resmi dari Kemendikbudristek.
Sambil menunggu informasi sebaiknya guru bersiap-siap dengan baik seperti berikut:
1. Pastikan data diri dan data mengajar di Dapodik sudah lengkap dan akurat.
2. Aktif mengikuti informasi terbaru tentang PPG Daljab di website Kemendikbudristek.
3. Persiapkan diri dengan baik untuk mengikuti seleksi PPG Daljab.
Mulai sekarang bapak ibu guru dapat mulai melakukan persiapan untuk PPG Daljab 2024.
Siapkan persiapan administrasi sebelumnya agar mendapat panggilan PPG Daljab 2024
Selain itu juga sudah mulai siapkan berkas persyaratan mengikuti program PPG Dalam Jabatan (PPG Daljab) tahun 2024.
TIDAK ADA SELEKSI AKADEMIK (PRETES) di PPG 2024.
Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi bapak ibu guru semua.
Mudah mudahan bapak ibu guru termasuk yang terpanggil pada PPG Daljab 2024.
D merdeka mengajar
cek panggilan PPG d sIni Bapak/Ibu https://guru.kemdikbud.go.id/sertifikasi-pendidik/checking/
Akhmad Solihin 18.29.00 PAUD Anakbermainbelajar IndonesiaPENGUMUMAN JADWAL PPG DALAM JABATAN TAHUN 2024-2025 TERBARU
Paud Anakbermainbelajar-blog--Langkah mudah cara mendaftarkan PMM Kurikulum Merdeka untuk satuan lembaga PAUD hingga sukses. dalam Platform Merdeka Mengajar dan pendaftaran Kurikulum meredeka.
Langkah-langkah mendaftar IKM :
1. Siapkan kepala sekolah yang memiliki akun belajar ID
2. Buka PMM
3. Klik buka pendaftaran
4. Daftar sekarang
5. Unduh surat format pernyataan (khusus sekolah swasta)
6. Pilih opsi pendaftaran IKM yang diinginkan
7. Pilih selesai
8. Setelah selesai lihat rekap pendaftaran
Catatan :
Untuk pendaftaran IKM harus memiliki akun belajar ID dan terdaftar di Dapodik
Lalu Login PPM dengan akun yang sama (belajar. ID)
Ketika PPM sudah dibuka, Pilih menu daftar IKM
Untuk yang terkendala akun belajar (lupa Password) dan sudah mencoba reset mandiri tapi tidak berhasil silakan isi link form berikut https://s.id/Kendala_akunbelajar.
Demikian ringkasan Langkah-langkah mendaftar IKM melalui Flatform merdeka mengajar, semoga bermanfaat.
Akhmad Solihin 19.04.00 PAUD Anakbermainbelajar IndonesiaCARA MENDAFTAR KURIKULUM MERDEKA IKM DI PMM UNTUK SATUAN PAUD
PAUD-Anakbermainbelajar---- Makna memperingati hari kartini bagi Pendidikan Anak Usia Dini-PAUD di Indonesia. Hari Kartini tidak hanya memperingati sejarah perjuangan seorang pahlawan nasional, tetapi juga merupakan momentum penting untuk merenungkan makna kesetaraan gender dan peran perempuan dalam pembangunan bangsa. Bagi generasi emas Indonesia, Hari Kartini menjadi simbol penting dalam menginspirasi semangat untuk terus memperjuangkan kesetaraan, pendidikan, dan perempuan di berbagai bidang kehidupan. Dalam era yang terus berkembang dan berubah, nilai-nilai yang diperjuangkan oleh Kartini masih relevan dan penting untuk dihayati agar Indonesia dapat mencapai kemajuan yang inklusif dan berkelanjutan.
Peringatan Hari Kartini yang rutin dilakukan setiap tahunnya di lembaga-lembaga PAUD, Taman Kanak-kanak, Kelompok Bermain, Taman Pengasuhan Anak dan PAUD sejenis, memberikan makna yang bernilai POSITIF bagi proses pendidikan untuk anak usia dini yang mengikuti proses pendidikan dan pembelajaran secara bermakna untuk tumbuh kembangnya.
Apa sich Hari kartini itu?
Siapa itu R.A Kartini?
Raden Ajeng Kartini, atau yang lebih dikenal sebagai Kartini, adalah salah satu tokoh pejuang emansipasi wanita terkemuka di Indonesia pada awal abad ke-20. Dilahirkan pada tahun 1879 di Jepara, Jawa Tengah, Kartini tumbuh dalam lingkungan keluarga bangsawan yang konservatif. Meskipun demikian, Kartini memiliki semangat dan keinginan yang besar untuk mengubah nasib perempuan di Indonesia. Kartini memperjuangkan hak-hak pendidikan bagi perempuan, terutama di kalangan bangsawan Jawa, yang pada masa itu banyak yang masih terbatas aksesnya. Dia mempromosikan gagasan tentang pendidikan modern yang berfokus pada pengetahuan dan keterampilan, serta menentang praktik pernikahan dini yang sering menghambat kemajuan perempuan.
Kartini mengekspresikan pandangannya melalui surat-surat yang ditulisnya, yang kemudian dikenal sebagai "Habis Gelap Terbitlah Terang". Dalam surat-surat tersebut, Kartini menyoroti ketidakadilan sosial yang dialami oleh perempuan, serta membangkitkan semangat untuk membebaskan mereka dari tradisi yang mengikat. Di samping itu, Kartini juga aktif dalam memperjuangkan hak-hak perempuan dalam bidang politik dan sosial. Meskipun Kartini meninggal dunia pada usia yang relatif muda, warisan perjuangannya tetap membawa inspirasi bagi generasi-generasi berikutnya dalam memperjuangkan kesetaraan gender dan hak-hak perempuan di Indonesia.
Makna Hari Kartini
Hari Kartini bisa jadi moment yang berharga juga bagi semua orang sehingga memiliki makna yang baik, seperti:
1. Inspirasi dalam pendidikan
Hari Kartini memperingati semangat Kartini dalam memperjuangkan hak-hak pendidikan bagi perempuan. Bagi generasi emas Indonesia, Hari Kartini mengingatkan akan pentingnya akses pendidikan yang merata dan berkualitas bagi semua individu tanpa memandang jenis kelamin, sehingga setiap anak Indonesia dapat mengembangkan potensi mereka secara maksimal.
2. Perjuangan untuk kesetaraan gender
Hari Kartini juga mengandung makna perjuangan untuk kesetaraan gender. Kartini menentang diskriminasi dan ketidakadilan yang dialami oleh perempuan pada zamannya. Bagi generasi emas Indonesia, Hari Kartini mengajarkan pentingnya menghapuskan stereotipe gender dan memberikan ruang yang setara bagi perempuan dan laki-laki dalam berbagai aspek kehidupan.
3. Semangat kemandirian
Kartini dikenal karena semangatnya dalam memperjuangkan kemandirian perempuan, baik dalam hal pendidikan maupun ekonomi. Bagi generasi emas Indonesia, Hari Kartini merupakan pengingat akan pentingnya membangun kemandirian dan tidak bergantung pada orang lain untuk meraih cita-cita dan meraih keberhasilan dalam kehidupan.
4. Mendorong Kreativitas dan Inovasi
Semangat Kartini dalam melawan norma-norma sosial yang menghambat kemajuan perempuan menginspirasi untuk berpikir di luar batas-batas yang ada dan mendorong kreativitas serta inovasi. Hari Kartini bagi generasi emas Indonesia memunculkan dorongan untuk mengeksplorasi potensi mereka dengan cara yang berani dan tak kenal takut.
5. Menghargai Peran Perempuan dalam Pembangunan
Hari Kartini memperingati peran penting perempuan dalam pembangunan Indonesia. Melalui semangat Kartini, generasi emas Indonesia diperintahkan untuk menghargai kontribusi perempuan dalam segala aspek kehidupan, baik sebagai ibu rumah tangga, pekerja, atau pemimpin, serta berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang mendukung kesetaraan dan keadilan bagi semua.
Akhmad Solihin 06.30.00 PAUD Anakbermainbelajar IndonesiaMAKNA PERINGATAN HARI KARTINI BAGI PAUD
Konsep Dasar Anak Usia Dini AUD dan Implikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini. PAUD
Secara Teoritis Konsep Dasar Anak Usia Dini AUD dan Implikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini. PAUD
PAUD AnakBermainBelajar--- Ayah-Bunda, Pendidik dan Tenaga kependidikan PTK. Dalam berbagai studi Ilmiah yang diyakini kebenarannya hingga sekarang, mempercayai bahwa pembawaan dan lingkungan, kedua-duanya Menentukan perkembangan anak manusia. Sehingga sejak jaman dahulu kita sering mendengar teori atau istilah anak bagaikan kertas kosong yang dapat kita tulisi "Tabularasa". Kemudian ada yang berpendapat sebaliknya yang menimbulkan teori Konvergensi dimana hasil pendidikan anak dipengaruhi oleh pembawaan (faktor dasar) dan Lingkungan (faktor ajar) (William Stren : Teori Konvergensi).
Maknanya dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD); Potensi yang dibawa anak sejak lahir (pembawaan): Tidak akan berkembang Optimal jika stimulasi yang diberikan hanya secara alamiah (nature), tetapi akan berkembang kalau stimulasi diberikan secara maksimal (nurture).
Konsep Dasar Anak Usia Dini AUD dan Implikasinya Pada PAUD
Paud-Anakbermainbelajar-Blog---Inilah Link cara Paud berkualitas menurut Kemendikbud yang dirilis dalam paudpedia.
Laman PAUDPEDIA Paud Berkualitas
LINK Akses PAUDPEDIA
https://paudpedia.kemdikbud.go.id/tata-kelola/npk
VIDEO YOUTUBE PAUD BERKUALITAS PAUDPEDIA:
LINK cara MEMBUAT PAUD BERKUALITAS KEMENDIKBUD
PAUD_Anak Bermain Belajar--- Cara membuat Pasir Kinestetik Pada Program pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Bermain pasir menjadi aktivitas yang sangat disukai oleh anak-anak. Sayangnya, sebagai orang tua kita tidak bisa rutin mengajak anak ke pantai dan mendukungnya untuk bermain pasir sepuasnya. Namun jangan khawatir Bunda-ayah, kita tetap bisa mengajak anak PAUD bermain pasir di sekolah dan di rumah bahkan dengan cara yang paling aman tapi tetap menyenangkan.
Bermain pasir kinestetik baik dirumah maupun di lembaga PAUD adalah aktivitas yang bisa memberikan banyak manfaat untuk anak-anak Usia Din. Adapun manfaat tersebut antara lain adalah sebagai berikut:
- Bermain pasir melatih konsentrasi anak.
- Baik untuk meningkatkan tumbuh kembang anak.
- Mengasah kreativitas dan imajinasi anak dalam berkarya atau menciptakan sesuatu lewat pasir.
- Meningkatkan kemampuan sosial dan kemonikasi terlebih jika bermain pasir ini dilakukan bersama teman-temannya.
- Anak akan lebih mengenak konsep sains, matematika dan fisika sederhana dari permainan pasir.
- Membantu perkembangan sensorik dan motorik anak, meningkatkan kemampuan gerak tangan, mata dan tubuh keseluruhan. Baik motorik halus maupun motorik kasar akan terbangun dengan baik.
- Anak lebih bijak dalam memecahkan masalah dan lebih hati-hati dalam bermain terutama agar pasir tidak terkena mata atau anggota tubuh lain yang bisa menyebabkan sakit.
Seiring dengan berkembangnya zaman, Bunda ayah Pendidik dan orang tua bahkan bisa mengajak anak membuat APE pasir kinestetik mainannya sendiri tanpa takut jika pasir tersebut kotor atau tercemar oleh virus maupun bakteri penykit berbahaya. Ayah dan bunda bisa mengajak anak untuk membuat pasir yang aman dengan bahan tepung terigu dan beberapa bahan lainnya.
Alat Permainan Edukatif / APE pada PAUD yang menarik dan aman bagi anak usia dini, salah satunya Permainan Pasir Kinestetik. yang dapat dibuat dari bahan yang tersedia dilingkungan sekitar Bunda pendidik.
Bahan-bahan yang diperlukan antara lain:
- Tepung terigu atau tepung beras
- Pewarna Makanan
- Minyak goreng/-minyak kelapa.
Cara membuat:
Campurkan semua bahan dalam wadah besar, lalu aduk sampai rata dan tidak menggumpal. Kalau mau, Bunda ayah juga bisa mencampurkan terigu dan pasir terlebih dahulu sebelum menambahkan minyak.
Terakhir masukan Dalam wadah yang diberi tutup dan disimpan di kulkas agar awet.
Lanjutkan dengan Aktivitas apa saja yang bisa dilakukan bersama anak supaya bermain pasir kinetik jadi tambah seru ya, Bunda ayah.
Demikian artikel singkat Tentan cara membuat APE Pasir Kinestetik dari blog Anak Paud Bermain Belajar, semoga bermanfaat ya bunda. Sukses selalu !!.
Akhmad Solihin 21.04.00 PAUD Anakbermainbelajar IndonesiaCara Membuat APE Pasir Kinestetik PAUD
Visiuniversal-Bloger: Tahun 2023-2024 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Resmi Melakukan penggabungan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal (BAN PAUD-PNF) dengan Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasah (BAN SM). Penggabungan dua badan ini akan dinamai Badan Akreditasi Nasional PAUD Dasar dan Menengah (BAN PDM).
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Ristek Dan Teknologi Pusat, telah menggabungkan Badan Akreditasi Nasional Sekolah Madrasah, (BAN SM) dengan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, (BAN PAUD BNF), dimana Pengabungan ini merupakan implementasi Permendikbudristek, nomor 38 tahun 2023. Sedangkan untuk BAN SM di-Provinsi baru akan diimplementasi,ditahun 2024.
Penggabungan itu disebut sebagai upaya perampingan dan penataan ulang organisasi agar semakin efisien dalam menunjang mutu pendidikan. Sebagai bentuk penataan organisasi saja. Sehingga yang selama ini hanya paham tentang PAUD PNF bisa paham tentang sekolah Formal dan begitu juga sebaliknya.
Dengan demikian ia nanti tidak hanya menangani akreditasi untuk Sekolah Dasar hingga menengah saja, namun juga PAUD dan lembaga pendidikan Non formal lainnya.
Seperti diketahui BAN PDM merupakan badan yang melaksanakan Akreditasi terhadap satuan pendidikan anak usia dini, satuan pendidikan dasar, satuan pendidikan menengah, dan program pendidikan kesetaraan yang dalam menjalankan tugasnya bersifat mandiri dan profesional. BAN PDM provinsi akan bertanggungjawab kepada BAN pusat.
Secara Struktural Diketahui tugas BAN Provinsi untuk membantu pelaksanaan akreditasi satuan pendidikan anak usia dini, sekolah/madrasah dan program pendidikan kesetaraan di tingkat Provinsi. Akreditasi lembaga pendidikan merupakan upaya untuk mendorong peningkatan mutu dan kualitas setiap lembaga pendidikan baik itu formal dan non formal. Sesuai Standar mutu pendidikan Indonesia. baik itu formal dan non formal.Dengan demikian karena telah terjadi penggabungan otomatis Struktur akan berubah, yang terdiri dari Ketua,Sekretaris dan Kelmpok Kerja (Pokja), berdasarkan satuan pendidikan, disertai dengan adanya perubahan instrumen Akreditasi yang masih dalam proses penyempurnaan. Sedangkan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2020 (IASP 2020) tediri dari 35 butir, dan beberapa butir tabahan, seperti SMK, maka instrumen baru nanti terdiri dari 17 butir, walaupun mengalami pengurangan namun bobotnya sama. Demikian juga Instrumen PAUD dan PNF yang juga akan mengalami perubahan baik manual maupun Aplikasinya.
Menghadapi penggabungan kedua Badan Akreditasi ini diharapkan Sekolah Madrasah SM Dan PAUD PNF, dapat menyesuaikan dan melakukan persiapan, dengan Instrumen dan mekanisme Akreditasi yang baru nanti.
Demikian juga Instansi Terkait seperti Dinas Pendidikian, Kementerian Agama dan yayasan pendidikan tekait menjalankan pendidikan juga harus mengupdate serta mendampingi satuan-satuan yang ada diwilayah binaannya, kendatipun terjadi sedikit perubahan, namun tidak akan terjadi masalah, jika satuan-satuan pendidikan di Provinsi-provinsi diseluruh Indonesia telah membangun budaya kerja berbasis mutu, sesuai dengan harapan untuk terus kreatif dan inovatif dalam mengembangkan Standar mutu pendidikan di daerahnya masing-masing.
Disisi lain sebelum instrument baru, diterapkan, terlebih dahulu dilakukan uji coba dan sosialisasi, dan pelatihan – pelatihan penyegaran asesor, Refreshment untuk anggota BAN PDM, pelatihan asesor, Juga dilakukan secara intens sosialisasi Tentang mekanisme dan instrumen baru Akreditasi ke kesatuan-kesatuan pendidikan.
Demikian Artikel singkat tentang Penggabungan BAN PAUD PNF dan BAN SM Menjadi BAN PDM, Semoga bermanfaat.
Artikel Di Tulis di Blog- Visiuniversal.Blogspot.com
Akhmad Solihin 16.05.00 PAUD Anakbermainbelajar IndonesiaPERUBAHAN MEKANISME AKREDITASI PAUD DARI BAN PAUD PNF MENJADI BAN PDM
Pentingnya Mengenali Tahapan Pertumbuhan Anak PAUD
PAUD-Anak Bermain-Belajar--Orang tua sudah sepatutnya memantau tahapan pertumbuhan anak setiap saat. Selain untuk menjaga agar anak bisa tumbuh sehat dan optimal, memantau pertumbuhan anak juga penting untuk mendeteksi secara dini tanda-tanda gangguan pertumbuhan agar bisa dicegah atau ditangani sesegera mungkin.
Pertumbuhan anak adalah proses perubahan yang ditandai dengan bertambahnya ukuran fisik dan bentuk tubuh. Pertumbuhan anak dapat dinilai melalui pengukuran tinggi badan, berat badan, dan lingkar kepala. Normal tidaknya pengukuran ataupun laju pertumbuhan dapat diketahui melalui standar pengukuran yang tersedia.
Pertumbuhan anak juga mengacu pada perubahan fisik, bahasa, pikiran, dan emosi yang terjadi pada diri anak sejak lahir hingga dewasa. Pertumbuhan dan perkembangan anak juga sangat dipengaruhi oleh faktor genetik, faktor lingkungan, hingga berbagai kejadian yang terjadi pada saat anak berkembang dan bertumbuh.
Mari kita Ketahui Beberapa Tahapan Pertumbuhan Anak PAUD
Berikut ini adalah beberapa tahapan pertumbuhan anak yang perlu Bunda ketahui:
Tinggi badan
Pertumbuhan tinggi badan anak yang sehat akan berkembang secara bertahap setiap tahun. Rata-rata pertambahan tinggi badan yang ideal pada anak adalah:
Bayi usia 0–12 bulan: 25 cm
Anak usia 1–2 tahun: 13 cm
Anak usia 2–3 tahun: 9 cm
Anak usia 4 tahun hingga masa pubertas: 5 cm setiap tahunnya
Namun perlu diingat bahwa tahapan pertumbuhan setiap anak berbeda-beda. Tinggi badan anak pun sangat dipengaruhi oleh nutrisi yang ia terima di 1.000 hari pertama kehidupannya dan juga kondisi kesehatannya.
Jadi, laju pertumbuhan Si Kecil bisa saja sedikit lebih lambat atau lebih cepat dari ini. Selama tinggi atau panjang badan Si Kecil masih dalam batas ideal anak usia seumurnya, tidak ada yang perlu dikhawatirkan.
Berat badan
Idealnya, bayi baru lahir yang sehat akan memiliki berat badan sekitar 2,6–3,8 kg. Seiring bertambahnya usia, berat badan akan terus bertambah sesuai tahapan pertumbuhan anak. Berikut ini adalah rata-rata pertambahan berat badan pada anak yang perlu Bunda ketahui:
Bayi usia 0–6 bulan: 140–200 gram setiap minggu
Bayi usia 6–12 bulan: 85–140 gram setiap minggu
Anak usia 1–2 tahun: 2,5 kg setiap tahun
Anak usia 2–5 tahun: 2 kg setiap tahun
Anak usia 5 tahun hingga masa pubertas: 2–3 kg setiap tahunnya
Sama seperti tinggi badan, pertambahan berat badan pada anak juga tergantung pada asupan nutrisi dan kondisi kesehatannya. Untuk memudahkan Bunda, pastikan berat badan Si Kecil sudah jadi 3 kali lipat berat badan lahirnya saat mencapai usia 1 tahun.
Bila tidak tepat 3 kali lipat pun, ingat, selama masih proporsional dengan tinggi badan atau masih dalam batas ideal berat badan anak seusianya, berat badan Si Kecil masih normal, kok, Bun.
Lingkar kepala
Selain tinggi dan berat badan, tolok ukur pertumbuhan anak yang perlu Bunda ketahui adalah lingkar kepala Si Kecil. Pemeriksaan ini penting dilakukan sebab ukuran lingkar kepala bayi yang tidak normal bisa menandakan adanya gangguan pertumbuhan otak. Berikut ini adalah rata-rata pertambahan lingkar kepala pada anak:
Bayi 0–3 bulan: 2cm setiap bulan
Bayi usia 4–6 bulan: 1 cm setiap bulan
Bayi usia 6–12 bulan: ½ cm setiap bulan
Anak usia 1–2 tahun: 2 cm dalam 1 tahun
Baca Juga Cara Mengukur atau Menimbang Berat Badan dan Tinggi Badan Anak PAUD
Cara Mengoptimalkan Tahapan Pertumbuhan Anak
Agar anak bisa tumbuh sehat dan optimal, ada beberapa cara yang bisa Bunda terapkan guna mendukung pertumbuhannya, di antaranya:
Pastikan Si Kecil mengonsumsi makanan sehat dengan mengikuti pedoman gizi seimbang, mulai dari konsumsi aneka sumber protein, lemak baik, sayur dan buah-buahan, serta juga mencukupi minum air putih.
Pastikan Si Kecil memiliki pola makan dan pola hidup yang bersih untuk menghindarkannya dari penyakit infeksi.
Hindari risiko obesitas pada anak dengan mengatur pola makan dan rutin mengajaknya berolahraga sejak dini.
Biasakan Si Kecil memenuhi waktu tidur yang ideal, yaitu 11–14 jam per hari pada balita dan 10–13 jam per hari pada anak usia 3–5 tahun.
Lakukan pengukuran rutin di puskesmas maupun posyandu, yaitu setiap bulan sampai usia 1 tahun, setiap 3 bulan sampai usia 3 tahun, setiap 6 bulan sampai usia 6 tahun, dan 1 tahun sekali pada tahun-tahun berikutnya.
Menjaga kualitas gizi dan kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi anak sangat penting untuk dilakukan. Nutrisi yang memadai dari makanan akan berperan sebagai sumber energi dan komponen pembentuk tulang dan ototnya untuk tumbuh.
Sementara itu, makanan yang bersih dapat menghindarkan anak dari berbagai macam penyakit infeksi. Bila sering terjadi pada masa pertumbuhan, penyakit infeksi pada anak dapat menyebabkan gangguan pertumbuhkan, bahkan bisa sampai berdampak stunting.
Anak yang sehat akan terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang ideal. Jadi, pertumbuhan anak bisa menjadi tolok ukur kondisi kesehatan anak tersebut. Inilah mengapa
setiap orang tua perlu selalu memantau dan mengawasi tahapan pertumbuhan anaknya.
Jika merasa si Kecil mengalami gangguan pertumbuhan atau memang hasil pengukuran badannya tidak normal, Bunda disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui penyebab serta penanganan yang dibutuhkan.
Demikian tentang Pentingnya Mengenali Tahapan Pertumbuhan Anak PAUD, Semoga bermanfaat.