INILAH PERTANYAAN PENTING SEPUTAR PAUD YANG SERING DITANYAKAN, BESERTA JAWABANNYA

Kamis, 26 Mei 2022

PAUD-Anakbermainbelajar-----Inilah pertanyaan-pertanyaan penting seputar Pendidikan anak usia dini (PAUD) yang sering ditanyakan oleh sebagian besar masyarakat dan orang tua yang ingin memasukan anaknya kelembaga-lembaga PAUD atau yang ingin membuka lembaga PAUD sebagai lembaga rintisan yang akan dikembangkan dalam layanan dan program PAUD. Pertanyaan tersebut antara lain sebagai berikut :

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI :

1. Apakah yang dimaksud dengan PAUD?

PAUD adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Dalam Permendikbud RI. Nomor 146 tahun 2014 Pasal 1 disebutkan bahwa; Pendidikan Anak Usia Dini, yang selanjutnya disingkat PAUD, merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 (enam) tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Gambar kegiatan PAUD


2. Mengapa program PAUD Itu penting?

Masa anak usia dini merupakan masa emas perkembangan, banyak pengalaman yang diperoleh anak melalui panca indra akan membuat jaringan otaknya menjadi subur dan berkembang. Kualitas otak anak dipengaruhi oleh faktor kesehatan, gizi, dan stimulus/rangsangan yang diterima anak setiap hari melalui panca inderanya. Rangsangan yang diterima di program PAUD membuat anak siap mengikuti pendidikan selanjutnya.


3. Mengapa sekarang banyak PAUD di berbagai wilayah?

Bertumbuh PAUD dengan subur di Indonesia karena PAUD telah menjadi komitmen/ kesepakatan nasional untuk memperbaiki kualitas manusia Indonesia agar menjadi generasi yang lebih berkualitas, setiap anak perlu mengikuti pendidikan anak usia dini.


4. Sejak kapankah program PAUD di Indonesia dimulai dalam skala besar oleh pemerintah?

Sejak terbentuknya Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini PAUD (pada saat itu PADU) pada tahun 2001.


5. Apakah anak saya yang masih berusia satu tahun perlu dimasukan ke lembaga PAUD?

Ya, agar mendapatkan layanan pendidikan dan pengasuhan sejak dini yang optimal. Anak-anak usia 0-2 tahun dapat mengikuti layanan pengasuhan bersama di pos PAUD seminggu sekali bersama orang tuanya; pada usia 2-4 tahun dapat mengikuti layanan KB 2-3 kali/minggu; pada usia 4-6 tahun djapat mengikuti layanan TK/RA. Sebaiknya anak dimasukan ke SD/MI setelah berusia 7 tahun atau sekurang-kurangnya setelah 6 tahun.


6. Bagaimana akibatnya kalau anak kurang memproleh layanan PAUD masa usia dini?

Perkembangan jaringan otaknya tidak optimal dan sebagian sel otaknya akan mati/musnah sehingga mempengaruhi kecerdasan dan kecakapan psikis lainnya.


7. Apa sajakah bentuk layanan PAUD?

a. Taman Kanak-kanak atau TK, merupakan salah satu bentuk satuan PAUD bagi anak usia 4-6 tahun.

b. Raudatul Athfal atau RA, merupakan salah satu bentuk satuan PAUD dengan kekhasan agama Islam bagi anak usia 4-6 tahun.

c. Kelompok Bermain atau KB, merupakan salah satu bentuk satuan PAUD bagi anak usia 2 - 4 tahun dan dapat diperpanjang sampai usia 6 tahun dalam hal di lokasi tersebut belum ada TK/RA

d. Taman Penitipan Anak atau TPA merupakan salah satu bentuk satuan PAUD bagi anak usia 0-6 tahun bagi keluarga yang berhalangan mengasuh anak karena bekerja atau sebab lain.

e. Pos Pendidikan Anak Usia Dini atau Pos PAUD merupakan salah satu bentuk satuan PAUD bagi anak usia 0-6 tahun yang penyelenggaraannya diintegrasikan dengan layanan Posyandu dan Bina Keluarga Balita (BKB). Pos PAUD dikategorikan sebagai Satuan PAUD Sejenis. Selain itu masih ada bentuk-bentuk satuan PAUD sejenis lainnya seperti PAUD berbasis Taman Pendidikan AL-Qur'an (PAUD-TPQ), PAUD berbasis Pelayanan Anak Agama Kristen (PAUD-PAK), dan PAUD berbasis Bina Iman Anak (BIA).


8. Apakah perbedaan antara TK dan PAUD?

PAUD merupakan jenjang pendidikan sebelum pendidikan dasar yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yag dapat diselenggarakan dalam bentuk TK/RA, KB, TPA, dan SPS. Dengan demikian, TK merupakan salah satu bentuk layanan PAUD.


9. Mengapa beberapa layanan PAUD tersebut memiliki sasaran usia yang sama?

Berbagai bentuk satuan PAUD tersebut dimaksudkan sebagai alternatif untuk memberikan pilihan kepada masyarakat bentuk layanan mana yang paling sesuai dengan kondisi dan kemampuan yang ada.

Pendidikan PAUD jalur pendidikan formal berbentuk Taman Kanak-kanak (TK)/Raudhatul Atfal (RA) dan bentuk lain yang sederajat menggunakan program untuk anak usia 4-<6 tahun. Sedangkan penyelenggaraan PAUD jalun pendidikan nonformal berbentuk Taman Penitipan Anak (TPA) dan bentuk lain yang sederajat menggunakan program untuk anak usia 0-<2 tahun, 2-<4 tahun, 4-<6 tahun dan Program Pengasuhan untuk anak usia 0-<6 tahun; Kelompok Bermain (KB) dan bentuk lain yang sederajat, menggunakan program untuk anak usia 2-<4 tahun dan 4-<6 tahun.


10. Apa yang perlu diperhatikan orang tua dalam memilik PAUD bagi pendidikan anak?

Pilihlah lembaga yang pembelajarannya melalui bermain dan memberikan stimulus/rangsangan pendidikan anak sesuai tahap perkembangannya karena anak belajar melalui apa yang didengar, dilihat, dicium, diraba/sentuh, dan dirasakannya. Jangan paksan anak untuk menguasai materi pelajaran sekolah dasar seperti membaca, menulis dan berhitung karena belum saatnya.    


PENDIRIAN DAN PENYELENGGARAAN PAUD :

 11. Bagaimana cara mendirikan lembaga PAUD?

Setiap jenis layanan PAUD memiliki persyaratan tersendiri yang telah diatur dalam buku petunjuk teknis penyelenggaraan, namun secara umum syarat pendiriannya terkait dengan ketersediaan tempat, pendidik, dan peserta didik.


12. Siapa yang boleh mendirikan lembaga PAUD?

Khusus TK swasta dan KB harus dalam bentuk yayasan atau badan yang bersifat sosial dan memiliki akte dan struktur organisasi yayasan atau badan hukum lainnya. Sedangkan untuk TPA dan SPS dapat diselenggarakan oleh organisasi kemasyarakatan, kelompok, atau perorangan yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam petunjuk teknis.


13. Apakah lembaga PAUD yang telah menyelenggarakan salah satu bentuk satuan PAUD (TK, KB, TPA, SPS) dapat mengembangkan satuan PAUD lainnya, misalnya KB dengan TPA?

Lembaga PAUD yang menyelenggarakan, mengelola dan membina lebih dari satu satuan PAUD secara terpadu dan terkoordinasi disebut sebagai PAUD Terpadu jika lembaga tersebut dapat memenuhi persyaratan pendirian dan penyelenggaraan Program PAUD Terpadu. Persyaratan Penyelenggaraan program PAUD terpadu mencakup aspek administrasi, lokasi/lingkungan, pendidik dan tenaga kependidikan serta aspek sarana dan prasarana, sebagaimana yang telah diatur dalam pedoman penyelenggaraan PAUD Terpadu.


14. Apakah pembinaan penyelenggara PAUD dilakukan secara berkala?

Ya, pembinaan penyelenggaraan PAUD dilakukan secara berkala dan berjenjang mulai tingkat pusat hingga tingkat kecamatan.


PENGELOLA PAUD:

15. Siapakah pengelola/Kepala lembaga PAUD?

Pihak yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan PAUD yang antara lain terkait dengan pengelolaan lembaga, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan.


16. Apakah tenaga pendidik dan tenaga kependidikan PAUD harus memiliki standar kompetensi tertentu?

Ya, semua diatur di dalam Peraturan Menteri Pendidikan RI Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jika belum terpenuhi, semua pendidik dan tenaga kependidikan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan program pengembangan diri melalui berbagai sumber dan jalur pengembangan seperti dengan mengikuti program pelatihan berkelanjutan, kursus, atau melanjutkan ke perguruan tinggi.


17. Siapakah yang dimaksud dengan tenaga kependidikan PAUD?

 tenaga kependidikan PAUD adalah orang yang bertugas melaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan, dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada lembaga PAUD, yang terdiri dari penilik/pengawas, pengelola, petugas administratif, serta petugas kebersihan.


TENAGA PENDIDIKAN DAN KEPENDIDIKAN PAUD :

18. Siapakah yang dimaksud pendidik PAUD?

Pendidik PAUD adalah orang yang bertugas mendidik, membimbing, mengasuh, menilai dan mengevaluasi perkembangan anak di satuan PAUD. Mereka ada yang disebut sebagai guru, guru pendamping, atau pengasuh. Guru adalah pendidik dengan kualifikasi S1/D4. Guru pendamping adalah pendidik dengan kualifikasi D-II PGTK atau memiliki ijazah minimal SMA/sederajat dan memiliki sertifikat pelatihan/ kursus PAUD yang terakreditasi. Pengasuh adalah pendidik dengan kualifikasi akademik minimum  SMA.

 

PESERTA DIDIK PAUD:

20. Siapa sajakah yang boleh mengikuti pendidikan di lembaga PAUD?

Seluruh anak yang berusia 0 sampai 6 tahun. Orang tua memilih layanan PAUD yang sesuai dengan usia anak dan kebutuhannya.


21. Bagaimana cara anak usia dini belajar?

Dunia anak adalah dunia bermain. Anak belajar melalui bermain lewat bermain anak belajar tentang dirinya, teman, benda-benda dan orang dewasa yang ada di sekitarnya. Anak belajar saat melihat, mendengar, merasakan, menyentuh, dan membau. Melalui belajar, semua aspek perkembangan anak akan terstimulus yaitu:

a. Nilai agama dan moral: berdoa, mengucap salam, dll
b. Fisik yang terdiri dari motorik kasar (berjalan, berlari, melompat, jongkok, dsb) dan motorik halus (memegang, menjepit, meremas, mencoret, dsb).
c. Bahasa: berbicara, mendengar, dsb
d. Sosial emosional: pengenalan diri, kemandirian, berinteraksi, dll
e. Kognitif: daya pikir, hubungan sebab akibat, kretivitas, dll. 


22. Kalau anak belajar melalui bermain, apakah anak akan siap melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya?

Ya, dengan bermain akan menstimulasi perkembangan anak, sehingga semua aspek perkembangannya optimal. Dengan demikian anak menjadi siap untuk memasuki jenjang pendidikan selanjutnya.


23. Apakah peserta didik di lembaga PAUD boleh mengikuti perlombaan-perlombaan?

Perlombaan sebaiknya tidak dilakukan pada anak usia dini, karena pada usia tersebut, anak belum siap kalah secara mental dan belum memahami makna kemenangan. Jika ingin mengadakan kegiatan untuk anak usia dini berupa kegiatan yang menyenangkan, seperti ajang kreativitas anak, festival anak, pentas seni, pesta anak, dan sejenisnya.


24. Apakah peserta didik yang mengikuti layanan PAUD bisa mendapatkan bantuan pendidikan?

Peserta didik bisa mendapatkan bantuan operasional pendidikan (BOP) yang setiap tahunnya dapat diajukan oleh lembaga penyelenggara PAUD ke Dinas Pendidikan tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota.


KURIKULUM PAUD

25. Apakah di PAUD perlu menggunakan kurikulum?

Kurikulum pada hakikatnya merupakan seperangkat rencana yang akan dilakukan selama proses pembelajaran, sehingga mutlak diperlukan oleh setiap satuan pendidikan. Kurikulum PAUD disiapkan oleh satuan PAUD yang bersangkutan sesuai dengan kebutuhan anak dengan mengacu pada Permedikbud Nomor 146 tahun 2014  Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.


26. Seperti apa kurikulum di lembaga PAUD?

Kurikulum tersebut terdiri dari seperangkat bahan pembelajaran yang mencakup 5 lingkup perkembangan, yaitu perkembangan moral dan agama, fisik-motorik, kognitif, bahasa, dan sosial emosional.

Setiap lembaga PAUD dapat mengembangkan kurikulum sendiri-sendiri sesuai dengan ciri lembaga masing-masingyang memenuhi prinsip dan capaian perkembangan minimal yang tertera dalam Peraturan Menteri Pendidikan RI Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, sebagai acuan. Kemampuan anak yang tercantum dalam Permendiknas tersebut adalah kemampuan anak pada umumnya, sehingga pada kenyataannya capaian anak-anak dapat melampaui atau di bawah usianya. Hal ini harus dianggap wajar. 


EVALUASI

27. Bagaimana cara mengetahui perkembangan anak di lembaga PAUD

Untuk mengetahui tingkat pencapaian perkembangan anak, pendidik dapat melalukan asesmen atau penilaian perkembangan anak melalui pengamatan selama proses pembelajaran, hasil karya anak, atau cara lain.


28. Apakah dilembaga PAUD perlu dilakukan ujian seperti ujian akhir semester di SD?

Tidak perlu. Penilaian perkembangan anak dilakukan oleh pendidik selama proses pembelajarana berlangsung secara berkelanjutan dan berkesinambungan.


29. Apakah di lembaga PAUD perlu ada rapor?

Ya, rapor dalam bentuk Laporan Perkembangan Anak yang diperlukan sebagai bentuk pertanggung jawaban pendidik agar orang tua mengetahui kemajuan yang dicapai anak. Laporan disajikan dlaam bentuk naratif atau butir-butir tentang perkembangan anak selama periode tertentu (misalnya triwulan atau semester).


30. Dukungan apa yang perlu diberikan orangtua kepada lembaga PAUD?

Sebagai pendidik yang utama dan pertama, orangtua perlu bekerjasama dalam:

a. Menyelenggarakan pengasuhan anak di rumah dan di lembaga PAUD;
b. Mendukung kegiatan-kegiatan di lembaga PAUD;
c. Memperhatikan asupan gizi anak, kesehatan, dan memberikan stimulasi/ rangsangan di rumah;
d. Memberikan informasi dan menjalin komunikasi dengan pihak lembaga misalnya tentang kesehatan, kebiasaan anak.

31. Bolehkah anak berkebutuhan khusus mengikuti pendidikan di lembaga PAUD?

Boleh, karena semua anak berhak mendapatkan layanan pendidikan tanpa diskriminasi namun dalam pelayanannya membutuhkan pendampingan dari tenaga ahli, misalnya psikolog, tenaga pendidik luar biasa.

32. Perlukah ada komite PAUD? 

Perlu, komite PAUD merupakan wadah yang anggotanya terdiri dari pendidik, masyarakat, dan dunia usaha yang peduli terhadap PAUD untuk menyampaikan aspirasi dan dukungan terhadap lembaga PAUD.


33. Dukungan apa yang perlu diberikan komite kepada lembaga PAUD

Bentuk-bentuk dukungan dapat berupa:
a. Beasiswa;
b. Sarana dan prasarana;
c. Pembangunan dan renovasi gedung;
d. Insentif pendidik; dll.


34. Dukungan apa saja yang perlu diberikan pemerintah kepada PAUD?

Dukungan pemerintah berupa:
a. Mengeluarkan kebijakan yang berpihak pada PAUD;
b. Memberikan bantuan penyelenggaraan seperti BOP; Bantuan pembangunan Unit Gedung Baru (UGB), Bantuan Alat Permainan Edukatif (APE), Bantuan Rintisan PAUD;
c. Meningkatkan kesejahteraan pendidik, misalnya kegiatan pelatihan, bantuan insentif.


ORGANISASI MITRA PAUD::

35. Apakah organisasi mitra itu?

Himpunan, asosiasi, ikatan atau badan lainnya yang terlibat dalam penyelenggaraan PAUD, seperti:

a. HIMPAUDI
b. IGTKI
c. GOPTKI
d. BPTKI
e. Forum PAUD
f. Asosiasi PG-PAUD
g. Muslimat
h. Kowani
i. Aisyiyah, dll.


36. Apa peran organisasi mitra PAUD dan dimana saja organisasi mitra PAUD itu berada?

Organisasi mitra berperan untuk membantu pemerintah dalam penyelenggaraan PAUD, mensosialisasikan program PAUD, mengintegrasikan kegiatan PAUD dengan bidang-bidang lainnya, misalnya kesehatan dan gizi, serta kegiatan lainnya. Pada umumnya organisasi mitra berada di berbagi tingkatan administratif, mulai dari tingkat nasional sampai kecamatan.

37. Apakah organisasi mitra boleh melakukan pertemuan rutin yang melibatkan pendidik pada jam belajar anak?

Tidak boleh. Pertemuan rutin organisasi dilakukan setelah jam belajar di lembaga PAUD berakhir.

Demikian tentang pertanyaan penting seputar PAUD yang sering ditanyakan, beserta jawabannya, semoga bermanfaat. Sukses selalu.


Gambar: Foto PAUD Terpadu Semangat Anak Sejahtera, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan.



14.52.00

0 komentar: