RANGKUMAN KONSEP DASAR PAUD YANG MELANDASI SNP DAN INSTRUMEN AKREDITASI

Sabtu, 28 November 2020

PAUD-Anakbermainbelajar-----Ada beberapa teori dan konsep dasar yang melandasi pengembangan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) Anak Usia Dini (PAUD) yang dikembangkan dalam Instrumen Akreditasi (PPA-IPA PAUD). Seperti berikut ini : 

KONSEP DASAR PAUD YANG MELANDASI SNP DAN INSTRUMEN AKREDITASI

1. Copple dan Bredekamp : 

Karakteristik Anak Usia Dini antara lain sosok unik, dunia bermain, rasa keingin tahuannya besar, masa potensial untuk belajar, pembelajar aktif, fantasi/ imajinasinya terus berkembang, eksplorasi dan berjiwa petualang, konsentrasi pendek, ekspresinya spontan, egosentris, mudah frustasi, butuh teman.


2. Garner : 

Setiap potensi kecerdasan anak harus "dilejitkan" (dikembangkan secara maksimal), dengan memenuhi setiap potensi kecerdasan tersebut.


3. Maslow :

Hirarki kebutuhan dan 5 domain dalam perkembangan anak, yakni fisik, sosial, emosional, bahasa dan keterampilan kognitif.


4. Gantham-McGregor,et. al, dan Gillian Doherty

Stimulasi Pendidikan harus disesuaikan dengan tingkat usia/tahap tumbuh kembang anak


5. Mc Lean

Pembelajaran di PAUD harus menghindarkan suasana terancam/ketakutan yang mengedepankan terciptanya suasana yang nyaman, aman dan menyenangkan; pendidik memahami suasana batin anak, sayang anak dan berpandangan positif terhadap anak.


6. Hutenlocher, Greenough, dkk

PAUD yang berkualitas harus bersifat holistik, stimulasi pendidikan dilakukan secara berulang-ulang, konsisten, bervariasi, melibatkan seluruh indera anak, memberdayakan semua potensi yang ada di sekitar anak.


7. Vygotsky: 

Pertisipasi dengan orang dewasa dapat meningkatkan kualitas kognitif; Interaksi terbaik dengan anak perlu konsisten, teratur dan secara kolaboratif; guru sebagai fasilitator, peran guru/orang dewasa memberikan dukungan dan dapat melepaskan dukungannya secara bertahap; pembelajaran berkualitas perlu suasana kooperatif dan kolaboratif.


8. Kolb:

Guru terampil buat pertanyaan terbuka untuk anak, peka terhadap pengalaman anak, memelihara rasa ingin tahu anak dan pembelajaran berpusat pada anak.


9. Pieget 

Anak belajar secara konkrit, perlu ada kesempatan untuk eksplorasi, guru perlu melakukan refleksi bersama anak.


10. Erikson (Teori Perkembangan Psikososial)

Kepribadian manusia berjalan menurut delapan tahap perkembangan psikososial, keberhasilan tahap sebelumnya menentukan keberhasilannya tahap selanjutnya. Tahap bayi sampai dengan pra-sekolah punya peranan penting.


Demikian tentang rangkuman konsep dasar PAUD yang melandasi Setandar Nasional Pendidikan dan instrumen akreditasi, semoga bermanfaat, terimakasih.


Sumber : Badan Akreditasi Nasional PAUD dan PNF tahun 2020



15.18.00

0 komentar: