PENDIDIKAN DAN PENGASUHAN ANAK USIA DINI DENGAN PERSPEKTIF GENDER

Sabtu, 28 Maret 2015

PAUD-Anakbermainbelajar----Secara mendasar dapat kita lihat bahwa anak adalah merupakan bagian penting dari seluruh proses pertumbuhan manusia, karena pada masa anak-anaklah sesungguhnya karakter seseorang dibentuk baik yang bersumber dari fungsi otak maupun emosionalnya. Berkualitas atau tidaknya seseorang di masa dewasa sangat dipengaruhi oleh proses pengasuhan dan pendidikan yang diterima di masa kanak-kanaknya.


Dengan kata lain, kondisi seseorang di masa dewasa adalah merupakan hasil dari proses pertumbuhan dan perkembangan yang diterima di masa anak-anak. Adapun faktor-faktor dominan yang mempengaruhi tumbuh kembang anak adalah orang tua, sekolah dan lingkungan. Ketiga faktor tersebut merupakan kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Salah satu masa terpenting anak adalah yang disebut masa-masa emas atau golden Age atau fase emas. Yaitu merupakan fase terpenting bagi perkembangan anak. Dimana pada ini terjadi kematangan fungsi fisik dan psikis yang siap merespon stimulasi yang diberikan oleh lingkungan (Yuliani Nurani Sujiono, 2009: 7). Masa ini juga merupakan masa peletak dasar untuk mengembangkan kemampuan kognitif, motorik, bahaa, sosio emosional, agama dan moral.

Di usia emas ini anak memiliki kemampuan mengingat yang paling baik. Ia juga sangat mudah diarahkan pada hal yng benar. Oleh sebab itu pembentukan kepribadian anak harus sudah ditata pada masa ini. 

Stimulas orang tua terutama ibu dimasa emas adalah penting yang mesti dilakukan di rumah atau melalui pendidikan anak usia dini (PAUD). Stimulasi ini mencakup bagaimana mengembangkan asepk motorik halus, motorik kasar, kognitif dan apektif.


Baca selengkapnya artikel di sini !!



10.53.00

0 komentar: