ANAK PAUD HARUS MAKAN SARAPAN DI RUMAH

Rabu, 03 September 2014

Sentra Masakan Paud RBS
Ananda yang pinter....Sarapan pagi itu penting karena dapat membantu kekuatan tubuh supaya siap ketika menghadapi aktivitas kamu seharian. Demikian pesan orang tua yang telah memahami pentingnya sarapan dan makan pagi untuk anaknya.

Sebagai bahan pemikiran dan perbandingan kita, Sebuah studi yang dilakukan di Jepang menemukan bahwa para murid yang selalu makan pagi dengan teratur dan bergizi, memperlihatkan hasil tes dan ujiannya cenderung mendapat nilai tinggi. Pemerintah jepang, khususnya Departemen Pendidikannya sangat serius menangani tentang pendidikan anak usia dini ini. hal-hal dasar seperti kebiasaan makan ini dalam proses perkembangan anak benar-benar diatur untuk membantu anak tumbuh dan berkembang dengan prestasi baik.

Mengapa sarapan pagi itu penting?
 
Secara logika, sarapan dan makan pagi hari itu sebenarnya seperti berbuka puasa satu hari penuh, setelah beberapa waktu sejak makan malam hingga pagi dengan perut kosong. Pada saat kita bangun di pagi hari, semua energi kita sudah habis, sehingga tubuh kita perlu untuk mendapatkan charger mengisi energi yang baru untuk melalui rutinitas sehari-hari.

Anak PAUD yang tidak makan atau melewatkan sarapan rutin, berisiko tinggi mengembangkan gastroenteritis dan beberapa masalah kesehatan lainnya. Tidak hanya itu, anak yang harus menghadapi banyak tantangan di sekolah dengan perut yang kosong mungkin bisa menghambat proses perkembangan mereka.

Beberapa penelitian tentang kesehatan anak mengungkapkan bahwa anak yang tidak sarapan sebelum ke sekolah memiliki masalah seperti, sakit kepala, mengantuk, sakit perut, kelelahan, Ketidaktegasan, mudah marah, kecemasan, iritabilitas, kurang bahagia, gugup, lesu, dll. beberapa masalah lain yang dapat dilihat pada siswa yang melewatkan sarapan mereka. Masalah fisik dan psikologis seperti memiliki kemampuan untuk menghambat proses belajar anak.

Pada Lembaga-lambaga PAUD tertentu, terutama yang termasuk Lembaga PAUD "Pinggiran" masalah jajan pada anak, menjadi persoalan tersendiri yang dapat mengganggu proses pendidikan, pembelajaran dan perkembangan anak di PAUD, anak yang suka jajan sebenarnya terjadi karena salah satu faktornya anak tidak terbiasa makan dan sarapan di rumah. Banyak jajanan yang kurang sehat dan tidak terjamin kebersihaannya, sehingga memicu timbulnya berbagai penyakit pada anak.

Karena itu...bunda... ajak anak Sarapan Yuk..!!



19.27.00

0 komentar: