PENGERTIAN EVALUASI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

Jumat, 28 Februari 2014

anak Usia dini berkembang
Evaluasi merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi di dalam dunia pendidikan. Evaluasi merupakan bagian yang penting dalam pendidikan, hal ini mengingat dengan evaluasi akan dapat mengetahui bagaimana proses pendidikan dilaksanakan, faktor-faktor apa yang menghambat maupun yang mendorong pencapaian tujuan pendidikan, bahkan dengan evaluasi dapat mengetahui tingkat keberhasilan suatu kegiatan pendidikan. 

Evaluasi merupakan prosedur sistematis yang dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah diatur dengan baik. Karena pelaksanaan evaluasi yang baik akan mendapatkan informasi yang akurat sesuai dengan tujuan yang diharapkan. 

Evaluasi merupakan proses yang sistematis tentang pengumpulan, penganalisisan, penafsiran, dan pemberian keputusan tentang informasi yang dikumpulkan. Pengertian tersebut memiliki arti bahwa evaluasi bukanlah suatu hasil, melainkan suatu proses yang dilakukan secara sistematis. Proses-proses tersebut dimulai dengan mengumpulkan data atau informasi, kemudian menganalisis, menafsirkan, dan memberikan keputusan tentang data atau informasi yang dikumpulkan. 

Proses yang terdapat dalam evaluasi merupakan proses yang berkelanjutan. Proses ini bukan diselenggarakan hanya pada akhir kegiatan melainkan diselenggarakan pada awal, pertengahan, dan akhir kegiatan. Artinya, evaluasi dilakukan selama kegiatan tersebut berlangsung. 

Adapun yang dimaksud dengan evaluasi perkembangan anak usia dini adalah suatu proses yang sistematik meliputi pengumpulan, penganalisisan, penafsiran, dan pemberian keputusan tentang perkembangan anak usia dini. Evaluasi perkembangan anak usia dini dilaksanakan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perkembangan anak usia dini yang terjadi sebagai akibat adanya kegiatan yang diberikan. 

Mengingat pentingnya evaluasi perkembangan anak usia dini, maka evaluasi perkembangan anak usia dini merupakan suatu keharusan dalam pengembangan anak usia dini. Karena evaluasi perkembangan anak usia dini yang kurang baik, dalam arti evaluasi perkembangan anak usia dini yang tidak dapat memberikan gambaran secara akurat tentang perkembangan anak usia dini, tentunya tidak dapat membantu usaha pengembangan yang dilakukan.  

Untuk dapat memperoleh gambaran secara akurat tentang perkembangan anak usia dini, maka evaluasi perkembangan anak usia dini harus dipahami dan dilakukan sebagai bagian yang tak terpisahkan dari proses pengembangan anak usia dini. Dengan demikian diharapkan evaluasi perkembangan anak usia dini dapat membantu anak usia dini untuk mengembangkan seluruh potensi yang dimilikinya. 

Disarikan : dari berbagai sumber.!!



06.00.00

0 komentar: