CARA MENDIDIK ANAK DI RUMAH SEPULANG SEKOLAH

Senin, 02 November 2020

PAUD-Anakbermainbelajar----Setelah anak belajar di sekolah dan kembali pulang kerumah, kegiatan belajar yang sebaiknya dilakukan anak sepulang sekolah adalah bermain dan belajar kembali. Belajar bisa dalakukan dimana saja dan kapan saja. Belajar sepulang sekolah sudah merupakan sebuah kewajiban yang dilakukan oleh anak. Jam belajar di sekolah hanya beberapa jam saja. Di Taman Kanak-kanak kegiatan pembelajaran sudah dimulai pada pukul 08.30 dan berakhir pada pukul 11.00. Dengan durasi waktu demikian pastilah anak tidak seluruhnya mampu memahami sekaligus seluruh kegiatan pembelajarannya di sekolah.

Family time

Family-quality time : Foto-Pixabay.com

Sepulang sekolah, setibanya di rumah para anak setelah selasai berganti pakaian dan membersihkan diri, seharusnya melakukan beberapa kegiatan yang wajib untuk dilakukan serta dibiasakan. Berikut ini kegiatan yang sebaiknya dilakukan oleh anak sepulang sekolah, baik dilakukan sendiri maupun dengan bantuan orang tua.


1. Makan siang

Tentunya kegiatan pembelajaran disekolah sejah pagi hingga siang hari sangat menguras tenaga anak. Mengisi kembali energi dengan makan siang wajib dilakukan sepulang sekolah. Orang tua Anak bisa menerapkan menu makanan sehat yang sudah diperoleh dan dikonsultasikan di sekolah. Tetapi kalo belum mampu membuat masakan ini, maka sebaiknya orang tua bekerja sama dengan sekolah yang menganjurkan kepada orang tua tentang jenis makanan sehat dan bergizi seimbang.

Berapa sebenarnya porsi makan peserta didik yang tepat agar tetap sehat tersebut ?

Jawaban terhadap pertanyaan ini sangat relatif sekali. Ada anak yang kenyang dengan hanya memakan satu piring nasi dengan lauk tahu tempe, ada juga anak yang masih lapar setelah menghabiskan dua piring nasi dengan lauknya. Yang terpenting adalah bukan tentang jumlah makanan, melainan menu makanan yag dimakan dan makanlah yang cukup. Jangan makan hingga perut benar-benarkenyang sampai sakit perut. Bukannya tambah sehat malah menyebabkan sakit. Jadi penting untuk diperhatikan menu makanan yang dimakan dan sesuai dengan kebutuhan.


2. Tidur siang

Mungkin beberapa dari anak tidak terbiasa dengan tidur siang sepulang sekolah. Beberapa anak lebih memilih untuk bermain dengan temannya dari pada beristirahat tidur sejenak. Tidur siang tidak harus lama, disarankan cukup 15 menit saja. Dengan tubuh dapat tidur siang sejenak, maka tubuh akan kembali segar dan siap untuk melakukan aktivitas hingga sore nanti.


3. Mengulang kegiatan di sekolah

Setelah tidur siang maka kegiatan selanjutnya yang dilakukan oleh peserta didik adalah mengulang kembali pembelajaran yang diterima di sekolah. Penting sekali untuk mengulang kembali pembelajaran yang diperoleh di sekolah. Dengan kegiatan ini maka peserta didik tidak lupa kegiatan yang dilakukan di sekolah.

Apa yang dilakukan saat mengulang kembali pelajaran?

Beragam cara bisa peserta didik lakukan untuk mengulang kembali pembelajaran. Orang tua dapat membaca buku penghubung dari guru oleh orang tua yang sudah dibuat. Buku penghubung memberikan garis bawah pada kegiatan yang telah dilakukan di sekolah yang dipertegas oleh guru, dengan pedoman ini, orang tua dapat menentukan apa yang akan dilakukan dirumah dalam mengulang pembelajaran di sekolah. Selain itu orang tua dapat membantu mengulang kembali kegiatan di sekolah utnuk memperkuat kemampuan yang didapatkan peserta didik di sekolah.


4. Gerakan 18 - 21

Gerakan 18 - 21 yaitu melakukan quality time keluarga selama 60 menit antara jam 6 sore sampai dengan jam 9 malam dengan melaksanakan 3B (Belajar, Bermain dan Berdiskusi). Kegiatan ini diharapkan juga dapa melibatkan peran orang tua, dalam rangka memberikan perhatian pada anak dengan waktu yang berkualitas bersama anak di rumah.

Baca Juga : 9 Tips Menemukan Waktu Berkualitas Bersama Keluarga di sini !!


Demikianlah Artikel singkat tentang cara medidik anak di rumah sepulang sekolah, semoga artikel ini bermanfaat untuk ayah dan bunda, serta para pendidik PAUD sekalian dalam rangka membantu anak dalam meningkatkan dan mengembangkan kemampuan belajarnya di rumah. Terimakasih sudah berkunjung kembali di blog PAUD-Anakbermainbelajar ini. Semoga sukses. Wassalam.



19.14.00

0 komentar: