9 TIPS MENEMUKAN WAKTU BERKUALITAS BERSAMA KELUARGA DI RUMAH

Senin, 28 September 2020

PAUD-Anakbermainbelajar----9 Tips Menemukan Waktu Berkualitas Bersama Keluarga-Menyulap sekolah, pekerjaan, dan aktivitas bisa menjadi tantangan. Ketika malam saat santai Anda menunjukkan betapa lelahnya Anda dan anak-anak, mungkin keluarga Anda kesulitan menyeimbangkan pekerjaan, sekolah, dan aktivitas. 

Waktu Keluarga Berkualitas di rumah

Ini tidak hanya terjadi pada anda tetapi semua orang. Berikut adalah beberapa tips cepat untuk mengatur berbagai jadwal dan menghabiskan waktu berkualitas bersama sebagai sebuah keluarga:


1. Ciptakan Malam Keluarga

Membuat malam keluarga itu sederhana dan bisa menciptakan kenangan seumur hidup. Entah itu malam nonton film, malam take-out (pikirkan pizza atau Masakan Cina, misalnya), malam permainan, atau malam jalan-jalan keluarga, kuncinya adalah malam setiap minggu ditujukan untuk kebersamaan. Santai dan bicara satu sama lain! Anda mungkin akan terkejut dengan hal-hal yang Anda pelajari dari anak-anak Anda pada malam istimewa Anda.


2. Kenali Teman Anak Anda

Luangkan waktu untuk mengenal teman-teman anak Anda. Membiarkan anak-anak "bergaul" di tempat Anda memberi Anda wawasan yang berharga tentang minat dan motivasi anak Anda serta membantu Anda memahami "kerumunan" yang bergaul dengannya. Untuk anak-anak yang lebih kecil, satu atau dua jam dengan seorang teman dapat mengajarkan berbagi, tanggung jawab, bergiliran, dan sifat-sifat lainnya melalui pembelajaran dan pengalaman yang sebenarnya. Dan jangan lupa bahwa banyak ahli anak menunjukkan bahwa waktu luang untuk bermain dan interaksi sosial bisa lebih baik untuk perkembangan anak daripada terlalu banyak kegiatan yang terorganisir atau terstruktur.


3. Biarkan Anak Anda Memilih Aktivitas dan Minatnya

Jangan menjadi ibu helikopter! Terlalu banyak orang tua yang bermaksud baik mendaftarkan anak mereka untuk kegiatan yang benar-benar tidak mereka minati atau kuasai, kemudian menghadapi konflik dan perebutan kekuasaan. Ini adalah masalah lain jika anak Anda terus-menerus memohon untuk mendaftar kegiatan dan kemudian ingin berhenti, tetapi anak-anak bahkan di usia muda mengembangkan minat dan impian tertentu yang ingin mereka kejar. Dan, kemungkinan besar mereka juga tidak akan menjadi mimpi yang sama dengan yang Anda miliki! Berhati-hatilah dalam memilih pertempuran Anda dan mengakomodasi permintaan aktivitas jika memungkinkan.


4. Pertimbangkan Komitmen Saat Membuat Keputusan

Pertimbangkan apakah anak Anda melebihi jadwal. Semakin banyak aktivitas yang menekankan praktik tambahan dan persyaratan waktu di dunia yang kompetitif saat ini. Anda, sebagai orang tua, harus memutuskan apakah suatu kegiatan cocok untuk anak Anda. Keluarga yang membebani waktu mungkin lebih memilih untuk mendaftarkan anak-anak ke liga rekreasi daripada musim tertentu.


5. Evaluasi dan Tentukan Tingkat Komitmen Anak Anda

Jika anak Anda mengatakan suatu kegiatan "mungkin" menyenangkan, hindari melakukan satu musim atau setahun penuh. Tidak hanya bisa menjadi masalah bagi anak Anda jika dia tidak menyukainya, tetapi akan melanggar pemain / anggota lain yang berpartisipasi dalam aktivitas tersebut. Banyak tim mengandalkan sejumlah pemain atau anak-anak untuk membentuk grup, dan penarikan di menit-menit terakhir dapat memengaruhi semua orang. Jika Anda tidak yakin, pertimbangkan untuk mendaftarkan anak Anda ke kamp kecil atau sesi selama seminggu atau singkat. Jika anak Anda menyukainya, Anda selalu dapat mencari sesuatu yang lebih di masa depan.


6. Tetapkan Tanggung Jawab Keluarga

Jika setiap orang dalam keluarga berpartisipasi dalam beberapa jenis kegiatan, maka pekerjaan rumah tangga secara umum mungkin lebih sulit diselesaikan karena kurangnya waktu. Adakan pertemuan keluarga dan jelaskan bahwa untuk berperan serta dalam kegiatan pengayaan ini, setiap orang harus ikut serta untuk menyelesaikan tugas keluarga. Jika Anda menetapkan ekspektasi di awal, keluhan apa pun akan diminimalkan. Bahkan anak kecil pun bisa membantu menata meja, membersihkan piring, atau membuang tong sampah ke pinggir jalan.


7. Perhatikan Tanda-Tanda Terlalu Berlebihan

Perhatikan tanda-tanda bahwa jadwal anak Anda terlalu padat. Jika nilai anak Anda mulai anjlok atau Anda mendapat pesan yang mengatakan Emma sering tertidur setelah ngemil tengah pagi, Anda mungkin meminta terlalu banyak dari mereka.

Ingatlah usia, kepribadian, dan kemampuan membuat keputusan anak.


8. Mendorong Anggota Keluarga untuk Menjadi Tim

Sebuah keluarga yang bermain bersama, tetap bersama adalah pesannya dan mendorong anak-anak Anda untuk saling mendukung kegiatan dan usaha satu sama lain. Sehingga persatuan dan kebersamaan dalam keluarga akan selalu terjaga. Saling mengasihi dalam kehidupan keluarga sehari-hari.


9. Jaga Keluarga Pertama

Merencanakan waktu keluarga yang berkualitas akan membantu menjaga prioritas Anda tetap lurus, dan akan memastikan keluarga yang lebih bahagia dan dapat menyesuaikan diri dengan lebih baik dengan lingkungan dan masyarakatnya.

Demikianlah artikel tentang 9 sembilan tips menemukan waktu berkualitas bersama keluarga di rumah, semoga tips ini bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung di blog PAUD-Anakbermainbelajar ini. Semoga sukses. Wassalam.

Source :

Diterjemahkan secara bebas dan perubahan seperlunya dari artikel : 9 Tips for Finding Quality Time With Your Family Juggling school, work, and activities can be a challenge. di https://www.verywellfamily.com/

Gambar : Pixabay.com (Gambar Gratis)



19.53.00

0 komentar: