PENTINGYA MEMAHAMI DAN MEMPELAJARI BAHASA ISYARAT BAYI

Sabtu, 28 September 2019

PAUD-Anakbermainbelajar----Memahami dan mempelajari bahasa isyarat bayi sangatlah penting, karena selain beberapa keuntungan yang bisa orang tua dapatkan, juga sangat bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang bayi kita. Bahasa isyarat bayi adalah praktik penggunaan gerakan simbolis untuk mengembangkan interaksi verbal Anda dengan bayi Anda. Penggunaan gerakan simbolis ini sebenarnya alami bagi setiap orang-misalnya, ketika bayi kita pertama kali mengangkat tangannya minta digendong atau minta susu, atau ketika ia mengarahkan tangannya pada sesuatu untuk minta ambilkan dan kita segera melihatnya. 

perawatan Bayi, pengasuhan, paud, tumbuhkembang anak, bayi balita


Bukan hanya alami saja, tapi memang hampir tidak mungkin untuk tidak melakukannya-maksud saya, coba bayangkan jika Anda harus menunjukkan arah tanpa menggunakan tangan Anda! Mungkin Anda harus menduduki tangan Anda sendiri supaya tidak bergerak menunjuk arah, dan mungkin malah kepala atau badan Anda yang bergerak ke arah yang ingin Anda tunjukkan, misalnya jika anda ingin menunjukan jalan atau tempat kepada seseorang baik kearah kekiri atau kekanan. Sama halnya jika Anda menggunakan gerakan tertentu untuk menekankan suatu kata ketika berinteraksi dengan bayi Anda, maka ia akan belajar menggunakan gerakan yang sama, jadi komunikasi akan berjalan lebih baik. 

Jika kita berbicara tentang bahasa Isyarat bayi, yang dipakai sebagai acuan tentunya adalah bahasa isyarat yang telah dirumuskan dari hasil pengkajian dan penelitian panjang. bahasa Isyarat bayi yang direkomendasikan adalah bahasa isyarat dari American Sign Language (ASL)., kita akan menggunakan bahasa isyarat ASL sebagai gerakan simbolis kita. Memang dimungkinkan untuk men- ciptakan dan menggunakan isyarat lain, tapi saya rasa ASL adalah pilihan yang lebih baik untuk beberapa alasan. Pertama, jika Anda ingin mengajarkan sesuatu kepada bayi Anda, mengapa Anda tidak mengajarkan sesuatu yang dapat berguna seumur hidupnya, daripada harus mengajarkan sesuatu yang tidak akan berguna lagi ketika ia sudah bisa berbicara? Pada sebuah kasus, ada seorang anak usia dua tahun, yang bernama Sirena, Sirena sudah dapat menggunakan bahasa isyaratnya untuk berkomunikasi dengan ibu yang tunarungu dan anaknya yang berbahasa isyarat juga. Sirena juga dapat berkomunikasi dengan orang dewasa yang menderita keterbelakangan mental (Down's Syndrome) yang juga menggunakan sedikit bahasa isyarat. 

Alasan lain mengapa kita lebih baik menggunakan ASL. adalah banyaknya sumber pengajaran yang tersedia. Begitu bayi Anda secara intensif berbahasa isyarat, ia akan menggunakannya dalam semua hal, sehingga Anda pasti membutuhkan lebih dari hanya 60 bahasa isyarat yang ada di buku ini. Anda dapat membuka kamus ASL, yang ASL, di mana bahasa isyaratnya tidak hanya dapat dilihat oleh anak, tapi juga dapat berfungsi sebagai "contekan" bagi para orangtua ketika membaca dan mengisyaratkan cerita di dalam buku itu kepada anak. 

Terakhir yang juga penting adalah, ASL semakin banyak digunakan dalam program pengasuhan anak dan TK. Mengguna- kan bahasa isyarat terhadap bayi dan balita menurunkan tingkat perilaku agresif, antara lain memukul dan menggigit. Bahasa isyarat adalah "jembatan komunikasi" yang menakjubkan di antara anak- anak dari latar belakang bahasa yang berbeda; dan isyarat Juga sangat membantu dalam mengikutsertakan anak yang terdiri dari ribuan bahasa isyarat, serta buku-buku anak memiliki kebutuhan istimewa dengan teman-teman sebayanya. Bayangkan jika anda dapat melihat anak anda berbahasa isyarat dengan temannya yang memiliki kesulitan pendengaran (tuna rungu)! Ada banyak keuntungan dan berbagai tingkatan di sini.

Dalam sebuah penelitian yang didanai oleh National Institutes of health, Drs. Linda Acredolo dan Susan Goodwyn menemukan berbagai keuntungan jangka pendek dan jangka panjang dalam berkomunikasi denga bayi yang dapat kita ketahui secara langsung. Dari penelitian tersebut didapat kesimpulan bahawa menggunakan bahasa isyarat bayi memiliki beberapa keuntungan antara lain :
  1. Berbahasa isyarat dapat mendorong bayi untuk berkomunikasi lebih awal dalam hidupnya.
  2. Bahasa isyarat dapat meningkatkan rasa pecaya diri bayi dan orang tua
  3. Bahasa isyarat mengurangi rasa frustasi dari orangtua dan juga bayi
  4. Bahasa isyarat meningkatkan keterampilan berbahasa
  5. Bahasa isyarat memperkuat ikatan dan memperkaya interaksi orangtua/anak
  6. Berbahasa isyarat menyediakan jalan menuju pikiran dan kepribadian anak anda
  7. Berbahasa isyarat membuat anda dapat melihat betapa cerdasnya bayi anda
  8. Berbahasa isyarat dapat meningkatkan kecerdasan dan IQ anak.


Dalam proses perkembangan jaringan otak (Sinapsis) kegiatan berbahasa isyarat, juga berperan besar menstimulus kekuatan pertumbuhan jaringan otak. Impuls-impuls positif yang hadir mendorong terbangunnya efektifivitas kecerdasan secara intens pada bayi dan balita.

Demikianlah tentang pentingnya memahami bahasa isyarat bayi untuk orang tua dan pendidik PAUD, semoga bermanfaat.


Sumber: dirangkum dan diterjemahkan dari buku Baby Sign Languange Basic- Monta z. Briant.



10.24.00

0 komentar: