CARA PENGISIAN EDS LEMBAGA UNTUK AKREDITASI PAUD DAN PNF PKBM 2019

Kamis, 28 Februari 2019

PAUD-Anakbermainbelajar----masukkan  user name (NPSN)  dan  password. Pengisian EDS dilakukan sebagai syarat mengikuti akreditasi bagi PAUD dan Dikmas PNF,  yang akan dinilai dalam tahapan-tahapan akreditas nantinya. Pengisian EDS yang dilakukan berdasarkan Panduan EDS-PA Sispena V2.0 tahun 2019 ini mengikuti langkah-langkah yang telah ditentukan dalam situs Akreditasi Badan Akreditasi Nasional (BAN) PAUD dan PNF tahun 2019. 

Panduan Tutorial ini diharapkan  dapat memberikan pemahaman kepada Lembaga untuk  menggunakan Aplikasi Sispena 2.0 (Sistem Penilaian Akreditasi PAUD dan PNF) dengan baik. Sispena 2.0 PAUD dan PNF adalah aplikasi penilaian akreditasi yang berbasis web. Aplikasi ini dapat diakses  dimana  saja  dan  kapan saja  dengan  syarat komputer PC atau Laptop yang dimiliki bisa terhubung  dengan  internet. Lembaga juga harus memiliki NPSN dan mengisi serta melengkapi data Dapodiknya.

Cara pengisian EDS lembaga untuk PAUD dan PNF Dikmas PKBM terbaru tahun 2019 melalui langkah-langkah yang telah ditentukan dengan mengakses atau menggunakan aplikasi Sispena 2.0 dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) PAUD dan PNF tahun 2019  yaitu:

1. Membuka situs atau browser

Pertama-tama tentu saja seperti dijelaskan di atas komputer atau laptop anda harus terhubung internet, dan didalamnya telah terinstal browser pencari, seperti  internet eksplorer, mozila Firefox atau Google-chrome. Penulis merekomendasikan menggunakan Google-chrome, menurut pengalaman penulis menggunakan ke tiga browser tersebut untuk kesetabilan dan kecepatan loadingnya ketika masuk ke Sispena, browser Google-chrome lebih baik

Selanjutnya Membuka browser dan ketikkan URL:
banpaudpnf.kemdikbud.go.id/sispena,  atau  bisa juga diakses dari situs resmi BAN PAUD PNF di: https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/ 
maka selanjutnya akan muncul halaman login seperti terlihat di bawah ini:



2. Memasukkan  user namepassword dan Sign In

Selanjutnya  masukkan  user name (NPSN)  dan  password  yang dimiliki. Untuk  password yang telah tersedia (default) adalah NPSN Lembaga Anda. Setelah  input  NPSN  pada  kolom  user  dan  password, untuk pengetikan pasword huruf angkanya disembunyikan, jika anda ingin melihat letakan saja kursor mouse pada gambar mata disamping maka akan terlihat paswornya yang anda ketik. Selanjutnya  ketik  “karakter” CAPTCHA pada kolom yang sudah disediakan, lalu klik tombol  Sign In.



3. Login (Masuk)

Apabila  anda berhasil login, maka sistem akan langsung menampilkan jendela Dahsboard Data Profile satuan pendidikan kita.


4.  Logout (keluar) 

Untuk Logout (keluar) dari aplikasi Sispena 2.0 silakan klik tombol Logout.



5. Merubah password

Untuk melanjutkan merubah password klik tombol setting maka akan muncul menu ubah Password seperti di bawah ini.




Sumber dari: https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/download-center#collapseOne



19.57.00

0 komentar: