PESAN DASAR HIDUP SEHAT BAGI ANAK USIA DINI DI PAUD

Rabu, 28 Januari 2015

PAUD-Anakbermainbelajar---pesan dasar hidup bersih dan sehat adalah pesan-pesan yang diharapkan menjadi perhatian dan diterapkan lalu menjadi kebiasaan pada anak usia dini. Pesan ini harus disampaikan kepada anak sesuai tahap perkembangannya dan mengacu pada prinsip pedidikan anak usia dini. Secara singkat beberapa pesan mendasar yang perlu diupayakan dalam pembinaan hidup sehat bagi anak usia dini adalah :

1. Mengonsumsi makanan yang aman, bergizi, berimbang dan beragam

- Membangun perilaku dan pola makan anak yang sehat, aman dan bergizi
- Menyampaikan makan yang aman dan tidak aman bagi anak dan apa dampaknya bagi kesehatan tubuh
- Mendidik anak selalu berhati-hati mengonsumsi jajanan, makanan dan minuman.

2. Mengonsumsi makanan lokal akan meningkatkan gizi anak dan usia dini sekaligus mengajarkan anak cinta budaya dan sebagai upaya membangun ketahanan pangan.

3. Menjaga kebersihan diri sendiri 
Menjaga kebersihan dari sendiri atau merawat diri yang meliputi kegiatan; mandi, menggosok gigi, mencuci tangan, BAB dan BAK di toilet, keramas, membersihkan telinga dan menggunakan sandal. Hal ini dilakukan penanaman perilaku kepada anak dengan cara;
- Memandikan anak usia dini dengan benar dan secara bertahap dilatih kemandirian untuk mandi sendiri
- Memberitahu cara mencuci tangan, sebelum dan setelah melakukan kegiatan 
- Menyampaikan waktu dan teknik menggosok gigi yang baik dan benar.

4. menjaga kebersihan lingkungan Anak Usia Dini (Dilingkungan: sekolah, bermain, tempat tinggal anak)
Kegiatan yang dilakukan berupa; membuang sampah pada tempat sampah yang tersedia. Dan mengadakan upaya kebersihan di ruangan kelas dan sekitar halaman sekolah juga mengingatkan anak untuk menjaga kebersihan di lingkungan tempat tinggalnya.

5. Melakukan olahraga secara teratur
Perlu untuk melakukan olahraga secara secara teratur untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh. Minimal 30 menit sehari untuk bergerak berolahraga bagi anak usia dini.

6. Mengatur waktu istirahat dengan baik
Tubuh anak memerlukan istirahat yang cukup, istirahat dilakukan secara teratur dengan jadwal yang dapat disusun sesuai kebutuhan dan program yang tersedi di sekolah.


Sasaran Pembinaan PHBS di sekolah

Semua dan apapun yang berada di dekat anak adalah guru baig anak dan juga dapat memengaruhi kesehatan anak, jika ada hal-hal yang tidak sehat dan berbayaha harus segera diatasi, karena hal tersebut bisa menjadi sumber infeksi bagi anak sehingga sasaran pembinaan PHBS di sekolah meliputi semua komponen sekolah seperti:
  • Anak atau peserta didik
  • Warga sekolah (Kepala sekolah, guru, karyawan sekolah, komite sekolah dan orang tua siswa, kantin),
  • Masyarakat lingkungan sekolah (penjaga kantin, satpam, dll).

Demikianlah Artikel singkat tentang pesan dasar hidup bersih dan sehat bagi Anak Usia Dini, yang dapat blog PAUD_Anakbermainbelajar share, semoga bermanfaat. Terimakasih.



15.42.00

0 komentar: