MENGENAL KECERDASAN MUSIKAL PADA ANAK USIA DINI

Selasa, 07 Oktober 2014

Kemapuan musik pada anak, anak dan musik, musik anak
Pernahkan bunda--dan ayah'nda--melihat ananda bergerak-gerak, bergoyang, dan menari-nari kecil mengikuti alunan atau hentakan irama musik. Telihat lucu dan menggemaskan, Itulah tanda anak memang memiliki salah satu kecerdasan dalam kecerdasan jamak (Multiple Intelligences) yaitu kecedasan musikal, musik yang memang telah menjadi potensi bawaan sejak anak masih sangat kecil. Anak usia dini yang memiliki kecerdasan musik terlihat senang bernyanyi, bersenandung, atau bersiul seorang diri. Jika mendengar irama musik tersebut, anak yang berbakat secara kinestetik di bidang ini akan menggerak-gerakan tubuhnya mengikuti irama dan ikut menyanyi. Anak yang sangat cerdas dan berbakat bahkan sudah dapat memainkan alat musik yang menurut sebagian anak sangat rumit.

Tetapi juga perlu diperhatikan bahwa ada anak usia dini yang cerdas di bidang musik ini dengan cara tidak nampak dan kentara dengan hanya menunjukan rasa apresiasi yang baik pada musik. Secara umum kecerdasan musikal adalah kemampuan seorang anak dalam menangani bentuk-bentuk musikal, seperti mengubah, menikamati musik, mengekspresikan diri, misalnya seorang anak mencoba menjadi artis hayalannya, pemain musik, mengekspresikan diri, misalnya menjadi penyanyi, komposer, dan menjadi pemain musik. Sebagai seorang pendidik PAUD hendaknya kita membantu menggali dan turut mengembangkan kemampuan anak yang memiliki kecerdasan musikal ini seotimal mungkin.

Potensi Otak Kiri kanan, Kecerdasan, kemampuan otak
 
Otak kanan, kecerdasan otak kanan,  Musik dan otak kanan

Pada perkembangan selanjutnya seperti yang kita ketahui bahwa pada awal-awal pertumbuhan otak anak anak berkembang lebih pesat pada kemampuan otak kananya. Karena itu kecerdasan musikal yang bersentuhan langsung dengan potensi kecerdasan otak kanan anak sangat bagus untuk dibangun sejak usia dini. Kegiatan-kegiatan seni khususnya seni musik di sekolah atau lembaga PAUD dapat membantu perkembangan kecerdasan anak menjadi lebih optimal, terutama kemampuan kecerdasan musikal pada anak usia dini. Guru dan pendidik PAUD dapat berperan aktif dalam memberikan rangsangan-rangsangan pada kecerdasan musikal anak dengan kegiatan-kegiatan musik baik secara langsung maupun tidak langsung melibatkan anak dalam kegiatan tersebut. Kegiatan langsung misalnya anak diajak bernyanyi, bermain musik,dan sebagainya. Kegiatan tidak langsung melibatkan anak misalnya di lembaga PAUD dapat diputarkan musik dan video lagu-lagu anak, musik klasik dapat menjadi pilihan yang baik untuk seluruh anak di lembaga PAUD tersebut. Dengan kegiatan tersebut diharapkan kemampuan musikal dan apresiasi seni musik anak dapat menjadi dasar bagi peningkatan dan perkembangan kecerdasan otak anak secara lebih optimal.

Demikian mengenai kecerdasan musikal pada anak usia dini, semoga bermanfaat untuk dijadikan acuan bagi pendidik dan orang tua dalam mendukung anak belajar dan berlatih di rumah dan di sekolah. Terima kasih.

Sumber : di sarikan dari berbagai sumber !!



21.29.00

0 komentar: