7 CARA MUDAH AGAR ANAK TIDAK BOSAN BERMAIN PUZZLE

Kamis, 06 Maret 2014

Anak-anak terutama anak usia dini di lembaga PAUD kita, sering bermain puzzle dan mereka kadang bisa bilang jika mereka sudah bosan main puzzle yang itu-itu saja. 
Memang bermain Puzzle yang pada intinya adalah memecahkan sebuah tantangan dengan menyusun bentuk-bentuk dan kepingan dari beberapa pecahan gambar sehingga menjadi susunan gambar semula, tantangan ini kadang bisa tidak menantang lagi bagi anak karena mungkin sudah terlalu mudah atau anak tidak begitu tertarik lagi dengan bentuk gambar yang memang sudah mereka ketahui. Karena itu perlu strategi dan kreativitas kita untuk memberikan tantangan baru dan membuat permainan puzzle itu tetap menarik dan menantang buat ananda.




Berikut beberapa cara untuk membuat anak agar tetap tertarik dan tertantang untuk terus bermain puzzel ini, dengan cara sebagai sebagai berikut :

1. Memberikan puzzle secara bertahap menyimpan puzzle sebagai persiapan seri selanjutnya

2. Bermain puzzle dikombinasikan dengan kegiatan pada tema tertentu

3. Lomba adu cepat menyusun puzzle pada anak

4. Bermain petak umpet atau sembunyikan puzzle

5. Bermain menghitung kepingan puzzel yang hilang

6. Bermain puzzel sambil bercerita dan mendongeng sesuai gambar dan bentuk puzzle

7. Membuat puzzle sederhana sendiri bersama anak-anak dengan kreatif (caranya baca disini)

Demikian beberapa pengalaman kami untuk membuat anak tertarik bermain puzzle dan membuat mereka tidak bosan dengan kegiatan bermain puzzel ini, bagaimana bunda? mungkin ada pengalaman dan cara yang lain? mohon di sare di sini ya..terima kasih.

Dari : http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/..Terimakasih sudah berkunjung, salam kenal..ya.



01.55.00

0 komentar: