7 TIPS CARA MENGAJAK ANAK USIA DINI YANG SUSAH MANDI

Rabu, 19 Februari 2014

Anak dikamar Mandi
Anak-anak terutama yang berusia KB dan TK sering susah diajak mandi, kita kadang harus berkali-kali menyuruh dan mengajak mereka agar mau di ajak ke kamar mandi, bahkan sering anak sampai berlari-larian dan terjadi kejar-kejaran orang tua dengan anak hanya untuk membawa mereka ke kamar mandi. Berikut beberapa tips dan cara mengajak anak agar mau mandi dengan senang dan sukarela, hingga akhirnya anak terbiasa mandi dengan sendirinya.

1. Ajak anak bermain bukan Mandi

Setiap kali kita mengajak anak mandi sampaikan pada anak, kegiatan kekamar mandi itu adalah kegiatan bermain yang menyenangkan, untuk sementara jika mengajak anak mandi katakan "kita main air dikamar mandi yok". Anak pasti akan dengan senang hati mengikuti kita.


2. Masukan mainan kecil di kamar mandi

Buat anak menyenangi kegiatan mandi dengan adanya mainan-mainan kecil di dalam kamar mandi atau bak mandi, tidak ada salahnya jika memasukan mainan khusus yang dapat digunakan di air untuk anak, seperti bebek-bebekan dari karet, kapal-kapalan dan lain-lain. 


3. Buat permainan kreatif di kamar mandi

Lakukan dan ajak anak bermain permainan kreatif dari media yang ada dikamar mandi, misalnya membuat gelembung dan balo dari sabun, menakar air, menyusun sikat gigi berdasarkan warna atau milik ayah-ibu-kakak-dede, bermain musik dari gayung-ember, bermain hujan-hujanan dengan tangan, bermain tutup odol timbul tenggelam dalam bak mandi, dan lain sebagainya (untuk teknik-teknik permainan ini akan penulis uraikan dalam postingan berikutnya).


4. Membuat permainan mencari harta karun 

Ajak anak setiap mendekati jam mandi terutama sore hari dengan permainan harta karun, harta karunnya bisa berupa hadiah kecil seperti permen coklat atau kue kesukaan anak. Harta karun ini tempatnya terselip disalah satu sudut  kamar mandi. Sebelum memulai permainan ini buat kesepakatan, sebelum anak mancari harta karun ia harus melepaskan pakaiannya, dan jika sudah menemukan harta karun ia boleh memakan makanan itu jika ia sudah selesai mandi.


5. Siapa yang paling bersih dan rajin

Tips ini adalah memanfaatkan kaka yang udah besar agar menjadi motivasi yang bersifat kompetisi, dimana dede dan kaka mandi bersama. Nah berikan pujian untuk kaka dan dede bahwa mereka sama-sama pintar udah bisa mandi sendiri dengan bersih, walaupun dede masih harus dibantu kaka mandinya ya.. hihi.


6. Memelihara Ikan hias

Nah dede bisa diajak memelihara ikan hias yang murah-murahan saja, awet dan tidak berbahaya ditangan anak, untuk di tempatkan di kamar mandi, jenis ikan ini bisa ikan cupang, komet, gapi-gapi, rainbow, ikan Tetra. Masukan ikan hias dalam gelas plastik-atau aquarium kecil yang tidak mudah pecah yang bisa dimaenin, memang dengan cara ini ikan sering mati karena dipegang-pegang dan maenin anak, tapi karena ikan murah saja tanpa sepengetahuan anak ikannya kita ganti yang baru jadi dimata anak ikannya hidup terus. Bilang sama dede ia harus mengasih makan pagi dan sore, itu ketika dede harus mandi, kalo tidak ikannya bisa mati dan hilang.


7. Hadiah jalan-jalan 1-2-3-4-5-0

Hampir semua anak sangat senang jika di ajak jalan-jalan, gunakan kesempatan kesenangan anak ini untuk memotivasi anak agar mau mandi. Sampaikan pada anak ia akan diajak jalan jika ia mau mandi. Tetapi tentunya sangat berat jika harus mengajak anak jalan-jalan setiap kali ia mandi, nah..karena itu bikin kesepakatan dengan anak bahwa jalan-jalannya tidak tiap hari tapi dengan hitungan 1-2-3-4-5-0, tentunya kita sebagai orang tua harus konsisten dan sabar: hari pertama jika anak mandi dengan rajin pagi dan sore, sore harinya akan diajak jalan-jalan, Hari kedua dan ketiga jika anak mandi dengan rajin pagi dan sore, sore harinya akan diajak jalan-jalan, dan seterusnya hingga anak lupa dengan kesepakatan dan mandi jadi kebiasaan, makanya jalan-jalannya hari kelima ke enam nol saja, terserah kita mau mengajak anak atau tidak, sesuai dengan waktu kita yang tersedia, dan anak biasanya tidak akan menuntut lagi.


Demikian 7 tips cara mengajak anak usia dini yang susah mandi, tips di atas adalah pengalaman pribadi penulis dan sudah pernah dicoba dan dipraktikan ketika anak-anak penulis masih kecil dulu, semoga bermanfaat juga bisa diterapkan pada anak-anak ibu bapak yang susah diajak mandi, terimakasih.

Dari Postingan original by asolihinskb  - http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/, terimakasih sudah berkunjung.
             



23.12.00

0 komentar: