CARA MEMBUAT BONEKA JARI SEDERHANA UNTUK ANAK TK PAUD

Kamis, 09 Januari 2014

Bermain Boneka Jari, Membuat Boneka Jari.
Pengertian boneka adalah tiruan bentuk manusia, bentuk binatang, kartun dll. Jadi sebenarnya boneka merupakan salah satu model perbandingan dengan makhluk hidup yang sesungguhnya. Boneka sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai media pembelajaran dengan cara dimainkan dalam sandiwara-sandiwara boneka. Sejak tahun 1940-an pemakaian boneka sebagai media pendidikan menjadi populer dan banyak digunakan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan di Amerika. Di Eropa seni pembuatan boneka telah sangat tua dan sangat populer serta lebih tinggi tingkat keahliannya dibandingkan di Amerika. Untuk keperluan sekolah dapat dibuat boneka yang disesuaikan dengan cerita-cerita jaman sekarang. Untuk tiap-tiap daerah pembuatan boneka ini disesuaikan dengan keadaan daerah masing-masing.
Fungsi boneka adalah selain sebagai media pembelajaran,boneka juga sebagai perantara alat komunikasi,menangkap daya pikir anak,mengembangkan daya visualnya serta anak dapat berimajinasi dengan senangnya dia belajar. Boneka jari adalah Boneka yang dibuat dengan bentuk ukuran yang kecil untuk digunakan dengan jari, sesuai dengan namanya boneka ini dimainkan dengan menggunakan jari-jari tangan dengan Kepala boneka diletakkan pada ujung jari kita.


Dalam pembelajaran PAUD teknik bercerita dengan menggunakan media boneka jari sangat menarik bagi anak. Banyak bentuk dan tampilan boneka jari, yang dapat diperoleh baik secara satuan maupun berseri. Bentuknya bermacam-macam seperti binatang, buah dll, tetapi ada juga yang bisa didapatkan per set, seperti boneka jari dengan set "keluarga" yang terdiri dari anggota-angota keluarga inti, yaitu kakek, nenek, ayah, ibu, anak perempuan, dan anak laki-laki. Boneka jari juga kadang dibuat dengan membentuk tokoh-tokoh dengan tema animasi dan kartun.


Berikut ini adalah cara membuat boneka jari sederhana dari barang bekas dan boneka jari kain flanel yang dapat dibuat bunda, pendidik Pendidik PAUD bersama dengan anak-anak di rumah atau di lembaga PAUD :

Langkah-langkah membuat boneka boneka jari kain flanel:

Langkah 1:
Tentukan bentuk binatang, buah atau karakter tokoh yang ingin dibuat boneka jari, setelah itu buatlah gambar atau pola dari tokoh boneka jari tersebut, seperti contoh pola-pola di bawah ini:


Langkah 2:
Membuat bentuk boneka jari pada kain planel berdasarkan desain dan pola yang sudah dibuat, sesuaikan ukuran dengan kebutuhan misalnya jika boneka banyak digunakan oleh anak-anak, buat badan boneka yang lebih pendek, dan sebaliknya jika yang menggunakan adalah guru atau pendidik untuk mendongeng buat badan boneka yang lebih panjang sesuai ukuran jari kita.


Langkah 3:
Potong dengan rapi bagian-bagian boneka yang sudah di gambar tadi, buat berpasangan untuk bagian muka dan belakang, dalam pemotongan usakan rapi dengan semua sisi sama percis untuk memudahkan dalam menjahit nantinya.


Langkah 4:
Jahit semua sisi dan bagian boneka dengan rapi, ada beberapa cara teknik menjahit seperti : Tusuk Feston, Tusuk Tikam jejak,  Tusuk pipih, Tusuk Jeruji atau Tusuk rantai Terbuka. Untuk menjahit boneka jari pada kain planel ini, sebaiknya gunakan teknik Tusuk Feston saja supaya jahitan kuat dan lebih awet.


Langkah 5:
Setelah selesai menjahit,  langkah selanjutnya adalah memasang bagian mata, tangan, telinga, hidung dan lain-lain, ini bisa dilakukan dengan cara dijahit atau diberi lem.


Jereenggg...  boneka sudah jadi siap dipergunakan untuk mendongeng.... ayo panggil anak-anak.,,ajak main bersama yuk...

Boneka jari Ayam, Boneka Jari Anak, Mengajar Boneka Jari

Boneka Jari Bentuk Binatang, Boneka Jari Cantik

Itulah cara membuat boneka jari sederhana dari Kain Planel, dan untuk boneka jari dari barang bekas, cara pembuatannya pada prinsipnya sama dengan boneka jari kain flanel, yang dapat kita buat dari beragam bahan dari barang bekas, seperti kertas, plastik (Kresek), kotak,  potongan kain bekas, dll, hanya perbedaannnya untuk merakitnya lebih banyak menggunakan lem dari pada dengan menjahit.

Demikian cara membuat boneka jari sederhana untuk Guru Pendidik, orang tua, dan anak TK PAUD, semoga bermanfaat. Terimakasih.  



22.33.00

0 komentar: