MENU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PAUD

Jumat, 22 November 2013

Buku Menu Pembelajaran, Buku PAUD, elajar PAUD, menu Paud

Dalam kegiatan pembelajaran PAUD, terdapat menu pembelajaran yang harus diterapkan untuk setiap proses pembelajaran yang dilakukan. Menu Pembelajaran PAUD ini mencakup hal-hal pokok yang berkaitan erat dengan kegiatan yang harus dilakukan guru dan pendidik.


Pengertian-pengertian :
  1. Acuan Menu Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini adalah seperangkat rencana dan pengaturan kegiatan pengembangan dan pendidikan yang dirancang sebagai pedoman dalam menyelenggarakan kegiatan pendidikan.
  2. Menu Pembelajaran Generik adalah program pendidikan anak usia dini (lahir – 6 tahun) secara holistik yang dapat digunakan dalam memberikan layanan kegiatan pengembangan dan pendidikan pada semua jenis program dan ditujukan bagi anak usia dini.
  3. Taman Penitipan Anak adalah wahana untuk pendidikan dan pembinaan kesejahteraan anak yang berfungsi sebagai pengganti keluarga untuk jangka waktu tertentu selama orangtuanya berhalangan atau tidak memiliki waktu yang cukup dalam mengasuh anaknya karena bekerja atau sebab lain.
  4. Kelompok Bermain adalah salah satu bentuk layanan pendidikan bagi anak usia 2-6 tahun yang berfungsi untuk membantu meletakkan dasar-dasar ke arah perkembangan sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang diperlukan bagi anak usia dini dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan untuk pertumbuhan serta perkembangan selanjutnya, sehingga siap memasuki pendidikan dasar.
  5. Satuan PAUD Sejenis adalah bentuk layanan pendidikan bagi anak usia dini sampai memasuki pendidikan dasar, di luar Penitipan Anak dan Kelompok Bermain.

Fungsi Acuan Menu Pembelajaran PAUD

Sebagai pedoman dalam menyelenggarakan kegiatan pendidikan anak usia dini pada berbagai jenis lembaga pengembangan anak usia dini.


Pendekatan Pelaksanaan Menu Pembelajaran

  1. Berorientasi pada Kebutuhan Anak.
  2. Belajar Melalui Bermain.
  3. Kreatif dan Inovatif.
  4. Lingkungan yang Kondusif.
  5. Menggunakan Pembelajaran Terpadu.
  6. Mengembangkan Keterampilan Hidup.
  7. Menggunakan Berbagai Media dan Sumber Belajar.
  8. Berorientasi pada Prinsip-Prinsip Perkembangan Anak.
  9. Stimulasi Terpadu.

Rambu-rambu Penerapan dan Pelaksanaan Menu Pembelajaran PAUD

  1. Merupakan pedoman bagi para pendidik anak usia dini, orang tua, guru, orang dewasa lain dalam rangka menstimulasi perkembangan anak.
  2. Harus dipahami secara menyeluruh (utuh), dimana semua aspek pengembangan yang ada merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.
  3. Pelaksanaannya harus diarahkan pada pencapaian kompetensi sesuai dengan tingkat kemampuan anak.
  4. Pencapaian kompetensi dilakukan melalui kegiatan bermain dengan menggunakan berbagai metode dan teknik yang sesuai dengan prinsip-prinsip pendidikan.
  5. Kompetensi dalam pedoman ini merupakan kompetensi minimal. Pendidik dapat memberikan pengayaan sejauh tidak membebani anak.
  6. Dalam setiap kegiatan pendidikan perlu memperhatikan perbedaan individual anak.
  7. Pendidik menciptakan suasana yang penuh kasih sayang.
  8. Pelaksanaannya tidak bersifat kaku, tetapi perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi sosial budaya anak.

Dalam Penerapan Menu pembelajaran PAUD Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah :

1. Rencana Kegiatan diarahkan pada 3 (tiga) peran pendidikan anak usia dini:

  • Pendidikan sebagai proses belajar dalam diri anak.
  • Pendidikan sebagai proses sosialisasi.
  • Pendidikan sebagai proses pembentukan kerjasama peran.

2. Kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini memperhatikan 9 kecerdasan anak:

  • Kecerdasan Linguistik.
  • Kecerdasan Logika-Matematika.
  • Kecerdasan Visual-Spasial.
  • Kecerdasan Musikal.
  • Kecerdasan Kinestetik.
  • Kecerdasan Naturalis.
  • Kecerdasan Interpersonal.
  • Kecerdasan Intrapersonal.
  • Kecerdasan Spiritual.

Pelaksanaan dari Penerapan Menu Pembelajaran PAUD

Perencanaan (arah dan pengaturan).

Proses Pembelajaran:
1.Merancang Suasana Pembelajaran (ruangan dan halaman, serta metode).
2. Menjalankan Pembelajaran:

  • Tidak perlu diatur dalam tata urutan yang ketat.
  • Dimulai dari kegiatan yang dapat merangsang minat anak.
  • Bervariasi.
3.Pengaturan.

Evaluasi Penilaian

  • Tujuan: mendapatkan berbagai informasi secara belah, berkesinambungan dan menyeluruh tentang proses dan hasil pertumbuhan dan perkembangan anak didik.
  • Prinsip: menyeluruh, berkesinambungan, obyektif, mendidik, kebermaknaan.
  • Cara Penilaian: pengamatan, pencatatan anekdot, portofolio.
  • Laporan Penilaian: dalam bentuk deskripsi/ uraian singkat tentang perkembangan anak.
  • Pengaturan.

Demikian menu pembelajaran PAUD, Semoga dapat dipahami pendidik dan guru PAUD sekalian dan dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Terima kasih.



16.04.00

0 komentar: