PRINSIP-PRINSIP PENYELENGGARAAN TAMAN KANAK-KANAK (TK)

Minggu, 28 Juli 2013

PAUD-Anakbermainbelajar----Seperti kita ketahui bersama bahwa salah satu layanan pendidikan anak usia dini adalah Taman kanak-kanak. Taman kanak-kanak adalah salah satu bentuk satuan pendidikan anak usia dini pada jalur formal yang menyelenggarakan program pendidikan bagi anak usia empat sampai enam tahun. Ada beberapa prinsip yang harus dimilii dalam penyelenggaraan Taman Kanak-kanak ini.

Prinsip-prinsip penyelenggaraan Taman Kanak-kanak ini adalah :

1. Ketersediaan Layanan

Diarahakan untuk menampung anak-anak usia empat sampai enam tahun agar semua kelompok usia tersebut memperoleh layanan Pendidikan Anak Usia Dini.


2. Transisional

Diarahkan untuk mendukung keberhasilan masa transisi dan mendekatkan pola pembelajaran TK dan SD kelas awal


3. Kerjasama

Mengedepankan komunikasi dan kerjasama dengan berbagai instansi/ lembaga terkait, masyarakat, dan perseorangan, agar terjalin sinkronisasi dan terjaminnya dkungan pembelajaran pada masa transisi antara TK dan SD kelas awal.


4. Kekeluargaan

Dikembangkan dengan semangat kekeluargaan dan menumbuh suburkan sikap saling asah, asih, dan asuh.


5. Keberlanjutan

Diselenggarakan secara berkelanjutan dengan memberdayakan berbagai potensi dan dukungan nyata dari berbagai pihak yang terkait.


6. Pembinaan Berjenjang

Dilakukan untuk menjamin keberadaan dan pengelolaan secara optimal oleh pengawas TK/SD, Dinas Pendidikan kabupaten/ Kota, Dinas Pendidikan Provinsi, dan Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal dan Informal.


Demikian Prinsip-prinsip penyelenggaraan Taman Kanak-Kanak, Semoga bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung di blog PAUD-Anakbermainbelajar ini, semoga sukses selalu.



19.09.00

0 komentar: