CARA MEMBUAT PAPAN NAMA LEMBAGA PAUD TAMAN KANAK-KANAK YANG BAIK

Selasa, 04 Februari 2014

PAUD-Anakbermainbelajar-----Bermacam-macam bentuk papan nama lembaga PAUD kita temukan di berbagai tempat dan daerah, dari yang bentuknya sederhana hingga yang terlihat mewah dengan warna warninya. Kondisinya pun sekarang beragam, ada yang masih terlihat baru dan ada pula yang sudah sangat kusam karena tulisan, cat warna dan papanya terkelupas diterpa hujan dan panas. Ini sama dengan sebuah lembaga PAUD sendiri yang diterpa berbagai masalah, tetapi masih tetap kokoh bertahan. 

Papan nama lembaga PAUD selain sebagai papan identitas pengenal bagi lembaga PAUD, juga dapat menjadi media promosi bagi lembaga agar lebih dikenal masyarakat. Papan nama lembaga terbagi menjadi dua jenis yaitu : 1) Papan Nama Lembaga PAUD Resmi Formal, 2) Papan nama lembaga PAUD kreasi variasi. Berikut ini uraian cara membuat dan menyesuaikan Papan nama lembaga PAUD sesuai dengan kebutuhan yaitu:


A. Papan nama lembaga PAUD resmi formal

Papan nama lembaga PAUD resmi adalah papan nama lembaga PAUD yang resmi, dibuat berdasarkan acuan resmi dinas sesuai dengan Tata administrasi dari pemerintah daerah dimana lembaga PAUD yang bersangkutan berada. Misalnya pembuatan Papan nama ini paling tidak memenuhi kriteria dan syarat-syarat sebagai berikut ;

1. Bentuk

Papan nama lembaga PAUD berbentuk empat persegi panjang dengan dua buah tiang yang berbentuk persegi empat. 

Contohnya pada gambar dibawah ini :
Bentuk Papan Nama Lembaga PAUD
2. Ukuran

Ukuran Papan 75 X 150 cm

3. Bahan

Bahan Papan nama lembaga PAUD Resmi disesuaikan dengan kebutuhan daerah masing-masing, misalnya dari bahan kayu, beton dan lain sebagainya.

4. Ukuran Huruf

Perbandingan huruf pada papan nama Lembaga PAUD resmi adalah 1 : 2
- Ukuran huruf "1" untuk tulisan Pemerintah Kota
- Ukuran huruf "2" untuk tulisan Nama Lembaga dan seterusnya.

5. Isi Papan nama

Isi papan nama meliputi Pemerintah Daerah, Dinas Pendidikan, Nama Lembaga PAUD, Alamat dan telepone, Kabupaten/Kota, Propinsi, Kode Pos Pada Pojok kiri bawah. 
Contoh Isi Papan nama PAUD Resmi:

Papan Nama PAUD, Cotoh pengenal PAUD



B. Papan nama lembaga PAUD Kreasi 

Papan nama lembaga PAUD kreasi adalah papan nama yang dibuat berdasarkan kreasi dengan variasi tertentu sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan lembaga PAUD yang bersangkutan. Pembuatan Papan nama lembaga PAUD kreasi ini harus lebih memperhatikan faktor estetika dan daya tarik bagi yang melihatnya, karena fungsinya, selain sebagai papan identitas lembaga juga dapat menjadi media iklan dan promosi bagi lembaga PAUD kita. Berikut Beberapa contoh Papan nama lembaga PAUD kreasi dan variasi:









Demikian cara membuat papan nama lembaga PAUD dan Taman Kanak-kanak yang baik, semoga bermanfaat. Terima kasih.



15.59.00

0 komentar: