Setelah berada dalam tahapan pelaksanaan kegiatan dari Rencana Kegiatan Harian (RKH) yang sudah disusun, Tahapan yang temasuk dalam kegiatan penilaian/ evaluasi adalah pengamatan dari tingkat pencapaian perkembangan anak dengan memperhatikan Indikator yang sudah dijabarkan dalam RKH.
Adapun aspek-aspek yang dinilai meliputi perkembangan : NAM,
SOSEM,KOGNITIF, BAHASA, FISIK. diimplikasikan dalam tujuan pembelajaran
yang diintegrasikan nilai-nilai karakter yang sesuai dengan Tema dan subtema yang dilaksanakan.
Pengamatan dilakukan dengan melakukan penilaian dengan dengan mencontreng/ ceklist v untuk menentukan kualifikasi pencapaian perkembang anak yang terdiri dari :
- BM atau Belum Muncul = yang diberi simbol * (Bintang 1)
- MB atau Mulai Berkembang = yang diberi simbol ** (Bintang 2)
- BSH atau Berkembang Sesuai Harapan = yang diberi simbol *** (Bintang 3)
- BSB atau Berkembang sangat Baik = yang diberi simbol **** (Bintang 4)
Ini dapat dilihat dalam contoh Format Catatan Pengamatan Perkembangan Anak dalam kegiatan pembelajaran sentra berikut ini :
Baca Juga contoh Format RKH Sentra dan Pelaksanaan Pembelajaran Harian Sentra di sini !!
0 komentar:
Posting Komentar