BUKU : PERMAINAN EDUKATIF YANG MENCERDASKAN

Kamis, 26 Desember 2013

Judul Buku : PERMAINAN EDUKATIF YANG MENCERDASKAN
Penulis : Suyadi
Penerbit: Power Book
Cetakan : Agustus 2009
Harga buku : -

Dalam konteks proses belajar-mengajar pada anak usia dini, sekolah harus menerapkan belajar sambil bermaian dan bermain sambil belajar. Bermaian sering dimaknai sebagai aktivitas yang sia-sia alias tanpa arti dan terkadang diartikan dengan sempit. Bermain dalam dunia anak sering diterjemahkan hanya sebatas jalan-jalan, rekreasi, wisata alam, wisata rohani, out bound, dan lain sebagainya. Dan yang namanya belajar harus menggunakan pensil dan buku, kegiatan yang tidak menggunakan kedua alat tersebut bukanlah belajar. Pendapat ini adalah keliru.

Sesungguhnya belajar pada masa anak-anak adalah bermain itu sendiri. Tentu yang dimaksud bermain disini adalah bermain yang mengandung fungsi edukatif, yakni segala bentuk permainan yang dapat memberikan pengetahuan dan kemampuan anak. Adapaun waktu bermain anak sesungguhnya adalah dirumah, maka rumah adalah "sekolah" pertama dan utama bagi anak-anak. Disekolah anak-anak belajar berbagai macam bentuk permainan, maka dirumahlah anak-anak mempraktikan ulang dan mengembangkan permainan yang didapat disekolah tersebut. Dengan begitu, sekolah dan orang tua murid harus memiliki persepsi yang sama tentang dunia anak. Dengan adanya persamaan persepsi tersebut akan tercipta kondisi belajar melalui bermain pada anak.

Bagaimana permainan yang memiliki fungsi edukatif tersebut? Dalam buku ini dipaparkan permainan edukatif yang mampu meningkatkan semua potensi anak. Selain itu buku ini juga membuka jalan kreatif untuk dapat memilih dan membuat jenis permainan sendiri. Buku yang terdiri dari 7 (tujuh) bab ini disampaikan dengan bahasa yang sederhana sehingga buku ini "gurih" untuk dibaca dan mudah untuk dimengerti apa yang dimaksud oleh penulis. Namun, minimnya gambar dalam buku ini menuntut pembaca untuk mengeluarkan sedikit "otot saraf" untuk menerawang sedikit jauh agar dapat mengasosiasikan alat permainan yang diamksud. Untuk lebih "nikmat" dibaca dan memberikan gambaran yang utuh memang harus ditampilkan gambar-gambar permainan yang menarik dan berwarna hidup agar lebih mudah dipahami isi buku ini. Namun begitu, buku ini tetap penting dan layak dibaca para pemerhati anak, guru, mahasiswa dan mereka yang memiliki perhatian khusus pada dunia anak dan para orang tua.

Semoga buku ini dapat menginspirasi untuk memberikan pendidikan anak usia dini yang manusiawi. Yakni pendidikan yang memberikan kebebasan dan menghargai perbedaan para generasi negeri ini.



10.48.00

0 komentar: