Home » » TIPS MENGATASI KETAKUTAN ANAK PERTAMA MASUK TK PAUD

TIPS MENGATASI KETAKUTAN ANAK PERTAMA MASUK TK PAUD

Written By asolihin skb on Sabtu, 06 Juli 2013 | 09.45

Sekolah baru, lingkungan baru, teman-teman baru dan hari yang baru, adalah gambaran bagi anak bagitu memasuki tahapan sekolah Taman Kanak-kanak. Mulai bersekolah adalah sebuah tantangan besar bagi anak meskipun hanya TK. Bagaimana caranya agar peralihan prasekolah ke TK terasa mudah dan menyenangkan bagi anak. Berikut tips agar anak senang dan tidak takut sekolah pada hari pertamanya.

1. Bicara Seputar Sekolah ; 
Ajak anak melakukan pembicaraan seputar sekolah TK PAUD beberapa minggu sebelum hari pertama masuk sekolahnya. Agar anak mendapat gambaran yang menyenangkan tentang sekolahnya yang baru.

2. Gladi Resik Rute Perjalanan ;
Lakukan latihan dan pengenalan awal dan gladiresik dengan mencoba rute perjalanan kesekolah bersama anak; Tunjukan hal-hal menarik yang anda temui, misalnya landmark kota atau perumahan, rumah-rumah kerabat yang searah dengan rute tersebut, bahkan rambu-rambu lalu lintas.

3. Kunjungi Guru dan Ruang Kelas ;
Jangan ragu untuk bertanya kepada pihak sekolah apakah kita bolah mengajak anak ke sekolah sebelum hari H untuk bertemu guru dan melihat-lihat ruang kelas.

4. Ajak Sikecil Membeli Peralatan Sekolah ;
Luangkan waktu khusus pergi ke toko untuk membeli peralatan sekolah yang dibutuhkan anak. Sebelum pergi, buatlah daftar barang belanjaan (tas ransel, kotak  makanan, dan alat gambar dll). Si kecil akan sangat bersemangat memilih sendiri keperluan sekolahnya.

5. Bermain Pura-pura ;
Siapkan bekal makan siang, masukkan ke dalam kotak makanan. Lalu duduklah di meja makan bersama anak dan lakukan permainan pura-pura makan siang di sekolah. Ajari anak untuk mengeluarkan kotak makan dari dalam tas, serta membuka sendiri kotak makan dan botol minum.

6. Pakaikan Kostum Ramah Anak ;
Anak TK baru saja belajar memasang tali sepatu, menutup risleting, dan belajar membuka celana dengan cepat untuk mencegah insiden buang air kecil di celana. Berikut kiat berpakaian aman di hari-hari pertama anak masuk sekolah;
  • Pilihlah jaket dengan risleting yang mudah dibuka-tutup dan tidak ada bagian yang macet.
  • Pilih baju berbahan sejuk dan menyerap keringat karena anak yang antusias akan banyak bergerak di hari-hari pertama masuk sekolah
  • Pilih sepatu dengan perekat Velcro jika anak belum bisa menalikan sepatu dengan lancar.
  • Jangan memberikan anak pakaian dengan model terusan atau overall karena akan menyulitkan anak saat hendak buang air kecil.
7. Sesuaikan Jadwal Sehari-hari ;
Prasekolah tentu punya ritme yang berbeda dengan TK. Anak akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan jadwal baru jika anda menciptakan jadwal tidur, bangun tidur, dan sarapan, yang berpatokan pada jam masuk sekolah.  

8. Persiapkan diri Kita Sendiri ;
Apa yang kita rasakan tentang anak kita, bisa jadi kita juga takut, khawatir, meskipun kita berusaha keras menyembunyikan perasaan kita, kadang anak bisa menangkap nada bicara dan sikap kita. Ada pandangan yang mengatakan "Apa yang dirasakan anak adalah refleksi dari perasaan orang tua". Jika kita sebagai orang tua antusias dan berfikir positif mengenai hari pertama anak masuk sekolah, suka cita kita ini akan menjadi bagian dari pengalaman anak. Maka selain menyiapkan fisik dan mental anak, juga perlu menyiapkan diri kita menyambut salah satu momen berharga dalam perjalanan hidup si kecil ini.

Demikian tips mempersiapkan anak agar anak senang dan tidak takut sekolah pada hari pertamanya, semoga tulisan ini berguna bagi orang tua yang akan memasukan anaknya kesekolah yang baru..jangan lupa bilang sama sikecil: "Ayo tenang, sayang sekolah itu Menyenangkan !" Maju terus ya bunda...

Sumber : Disarikan dari Parents Indonesia.

Share this article :

0 komentar:

KOTAK PENCARIAN

KOMENTAR DAN SARAN

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR DAN BERKEMBANG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger