CARA MENGATASI PENGARUH KEKERASAN ANAK

Senin, 10 Juni 2013

Untuk mengatasi pengaruh buruk dari tindak kekerasan pada anak ada beberapa cara yang harus diperhatikan yaitu :

1. Hati-hati dengan Kata-kata
Kekerasan pada anak pada awalnya adalah kekerasan yang menyangkut verbal yaitu bisa berupa bentakan, kata-kata kasar ketika marah, serta memberikan kata-kata yang kurang pantas untuk anak, sehingga akan menimbulkan kesedihan dan luka batin sampai dewasa.


2. Hindari Bertengkar di depan Anak
Ketika orangtua bertengkar atau sedang marah terhadap orang lain jangan sampai melakukannya di depan anak. Begitu juga orang lain selain orangtua jangan sampai melakukan tindakan yang tidak patut di depan anak-anak. Karena akan terekam sampai anak dewasa. Di saat dewasa nanti, anak akan membuka memori lama tersebut. Jika memori buruk tentunya sangat tak baik bagi perkembangan psikologisnya.

3. Jangan Menjatuhkan dan Mempermalukan Anak
Kebiasaan orangtua yang suka mempermalukan anak di depan orang lain, seperti membanding-bandingkan kemampuan dengan anak orang lain atau mengejek anak serta melampiaskan kemarahan kepada anak adalah merupakan kekerasan psikis. Hal ini harus benar-benar dihindari dan diantisipasi. Karena anak-akan menjadi tidak percaya diri dan luka batinnya akan semakin menganga dan memengaruhi perkembangan jiwanya sampai dewasa.

4. Kekerasan Ekonomi
Salah satu contoh Kekerasan ekonomi pada anak biasanya terdapat pada keluarga yang tak memenuhi kebutuhan dasar anak, baik sandang, pangan maupun pendidikan serta spiritualnya. Atau sang ayah yang tak mendukung ibu untuk mencari nafkah padahal sang ayah tidak mampu dan sangat membutuhkan bantuan ibu untuk membantu memenuhi ekonomi keluarga. Sikap menghalangi seperti ini juga termasuk kekerasan secara ekonomi pada anak.

5. Jauhkan anak dari kekerasan seksual
Kasus kekerasan seksual pada anak yang pelakunya adalah orang terdekat, bisa ayah kandung, saudara, tetangga bahkan gurunya. Berita terakhir, seorang bapak di Ambon memerkosa anak kandungnya sendiri sejak si anak berusia 6 tahun sampai usia 15 tahun. Ini merupakan tindakan sangat tak manusiawi. Anak akan mengalami traumatis yang lama serta masa depannya hancur. Rumah yang seharusnya menjadi tempatnya berlindung malah menjadi musibah bagi dirinya.

yang sangat penting dari Cara Mengatasi Pengaruh Kekerasan Anak kita harus memperlakukan anak lebih manusiawi lagi. Setiap anak harus sungguh-sungguh diperhatikan, contoh sederhana misalanya anak bertanya harus dijawab, bukan dipotong agar si anak diam. Setiap anak mengemukakan pendapat harus direspon dan didengarkan.

Setiap tindakan baik yang telah dilakukan anak kita berikan apresiasi, walau dengan kata pujian. Sehingga anak akan termotivasi dan meningkat rasa percaya dirinya. Sewaktu-waktu pancing anak dengan obrolan yang bersahabat agar semua yang ada dalam pikirannya terbuka. Hindari sikap mengancam anak walau dengan kata-kata.

Demikian tulisan Artikel Cara Mengatasi Pengaruh Kekerasan terhadap Anak, semoga bermanfaat. Baca dan lihat juga Kekerasan dalam Pertarungan Anak !!




17.19.00

0 komentar: