PAUD-Anakbermainbelajar---Presentasi bahan perkuliahan Materi penilaian dan pelaporan perkembangan dan pertumbuhan anak usia dini. Sabagai bahan belajar dan kajian mahasiswa tentang Penilaian dan Pelaporan Tumbang AUD. Secara umum materi ini juga membahas tentang penilaian dan evaluasi yang dilakukan dalam praktik dilapangan, dalam usaha menilai dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran di lembaga PAUD.
Secara mendasar Istilah tumbuh kembang sebenar nya mencakup dua peristiwa yang sifatnyaberbeda, tetapi saling berkaitan dan sulit dipisahkan, yaitu pertumbuhan danperkembangan. Pertumbuhan berkaitan dengan masalah perubahan dalam besar,jumlah, atau ukuran, yang bisa diukur dengan ukuran berat (gram, kilogram) danukuran panjang (cm, meter ), sedangkan perkembangan adalah bertambahnyakemampuan dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dari seluruh bagian tubuh sehingga masing-masing dapat memenuhi fungsinya. Termasuk jugaperkembangan emosi, intelektual dan tingkahlaku sebagai hasil berinteraksi denganlingkungannya.
Penilaian pada pendidikan anak usia dini (PAUD) dilaksanakan pada saat anak bermain, berinteraksi dengan teman atau guru, saat anak mengomunikasikan pikiran melalui hasil karyanya dan penilaian seperti ini dilakukan setiap hari. Hal penting yang harus dipahami dan dirubah pemahaman guru bahwa hasil karya anak bukan untuk dinilai bagus tidaknya tetapi untuk dianalisa kemajuan perkembangan yang di capai anak. Penilaian perkembangan dalam pendidikan anak usia dini bukan hal yang sederhana karena banyak faktor yang perlu diperhatikan pada saat pengumpulan fakta, analisa terhadap perilaku anak saat bermain, dan analisa hasil karya anak.
0 komentar:
Posting Komentar