TATA CARA PENULISAN LAPORAN PERKEMBANGAN ANAK SELAMA PANDEMI COVID 19

Rabu, 28 Juli 2021

PAUD-Anakbermainbelajar----Cara Penulisan Laporan Perkembangan Anak Selama Pandemi Covid 19. Panduan menulis laporan baik untuk anak PAUD,TK-RA maupun anak yang belajar dirumah dibawah bimbingan orang tuanya.

Pengertian Penilaian Selama Pandemi Covid 19

Penilaian merupakan proses pengukuran hasil  kegiatan belajar anak. Pengukuran dilakukan berdasarkan hasil pengamatan perilaku dan  karya yang dibuat anak. Pengamatan yang dilakukan harus bersifat autentik, yaitu sesuai  dengan fakta yang sesungguhnya. Penilaian hasil  kegiatan belajar anak harus terukur, berkelanjutan, dan menyeluruh mencakup pertumbuhan dan  perkembangan yang telah dicapai oleh anak  selama kurun waktu tertentu.


Siapa yang melakukan Penilaian ?

Karena proses pembelajaran selama masa  pandemi dilakukan di rumah, orang tua akan membantu guru dalam mengamati pertumbuhan  dan perkembangan anak. Orang tua mengamati  berbagai aktivitas anak di rumah melalui  pengamatan terhadap segala hal yang dilakukan anak ataupun diucapkan anak, termasuk ekspresi wajah, gerakan, dan karya anak, baik di halaman rumah, di ruang keluarga, di dapur, kamar mandi, maupun di tempat tidur. Dalam hal ini orang tua hanya mengamati dan merekam proses belajar anak ke dalam bentuk video atau memfoto hasil karya anak yang kemudian disampaikan kepada guru melalui media daring (online) seperti Whatsapp atau e-mail. Selain itu, orang tua juga perlu mengamati pertumbuhan fisik anak, seperti mengukur berat tubuh, tinggi badan/panjang badan, dan lingkar kepala. 


Mengapa Perlu Melakukan Penilaian ?

Dengan melakukan penilaian, guru dan orang tua dapat mengetahui perkembangan belajar anak, mengamati hal-hal apa saja yang anak tahu, apa saja yang anak bisa, dan apa saja yang menjadi kebiasaan anak. Berdasarkan hasil pengamatan tersebut guru dapat merancang program pembelajaran sesuai dengan minat, kekuatan,  dan kebutuhan anak. Program pembelajaran yang direncanakan dan disusun sesuai dengan profil perkembangan anak akan menstimulasi potensi anak menjadi anak yang kompeten. Anak akan menjadi semakin tahu, semakin bisa, dan semakin  memiliki kebiasaan yang baik.


Cara Penulisan Laporan Prkembangan Anak Selama Pandemi Covid 19

1. Menggunakan bahasa yang mudah dipahami, dengan kalimat positif dan santun.

2. Memberikan informasi tentang tingkat pencapaian dan perkembangan hasil belajar anak secara nyata (bersumber pada data otentik, berdasarkan fakta).

3. Isi laporan menggambarkan kemajuan perkembangan anak yang telah mencapai BSH dan BSB di setiap indikator pada kompetensi dasar program pengembangan.

4. Memberikan rekomendasi yang dapat dilakukan orang tua untuk mengembangkan kemampuan anak yang indikator perkembangannya masih dalam BB dan MB.

5. Laporan bersifat personal (individual) yang menggambarkan perilaku anak sebagai individu


Tips Mudah menuliskan Narasi Di Laporan Perkembangan Anak:

1. Berikan pengantar pada paragraf PENDAHULUAN. Tuliskan hal-hal umum tentang anak (misalnya kehadiran, dan kepibadian anak).

2. Tuliskan 6 program pengembangan (nilai agama & moral, fisik motorik, sosial emosional, bahasa, kognitif dan seni). Dalam tiap program pengembangan tuliskan kompetensi dasar dan indikator yang menjadi capaian hasil belajar anak. Apabila ada fakta-fakta dari Video atau hasil karya, tulislah untuk membuktikan kompetensi anak tersebut. Jika memiliki foto, lampirkanlah…. !

3. Berikanlah rekomendasi pada kemampuan kemampuan anak yang masih memerlukan perhatian orangtua dan guru, sehingga dapat ditingkatkan pada semester berikutnya.


Selengkapnya Baca Penilaian Perkembangan anak Selama BDR di sini !!


Sumber : Direktorat PAUD Kemdikbud 2020.



04.36.00

0 komentar: