CARA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA DINI MELALUI POLA ASUH

Minggu, 15 November 2020

PAUD-Anakbermainbelajar----Kepercayaan diri pada anak hurus ditanamkan sejak dini melalui pola asuh dan dorongan orang tua serta lingkungan sekitar untuk membantu anak memiliki rasa percaya diri yang besar. Percaya diri adalah modal penting bagi anak untuk mampu beradabtasi dengan baik di sekolah maupun lingkungan sosial sekitarnya. Menerapkan pola asuh yang tepat adalah suatu hal utama dimana anak dapat mengeksplorasi kemampuan dirinya sehingga ia dapat berkembang menjadi pribadi yang kreatif dan cerdas.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak


Pola Asuh Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak

Setiap orang tua pasti menginginkan anak-anaknya dapat menjadi orang yang penuh empat, bahagia, memiliki harga diri yang tinggi, memiliki kemampuan yang baik dalam bidang yang mereka geluti serta jujur. Semua sifat-sifat ini tidak akan dapat terbentuk dalam diri anak bila tidak ada fondasi kepercayaan diri yang kuat sejak dini yang ditanamkan dalam diri anak. <e,bangun rasa percaya diri pada ana sebainya dimulai dengan kesadaran orang tua untuk memahami bahwa sejatinya rasa percaya diri bersumber dari dalam diri anak masing-masing. Setiap anak dilahirkan dengan dasar kepercayaan diri yang belum terasah. Tugas orang tualah yang harus memberikan stimulus dan motivasi pada anak untuk dapat yakin akan kemampuannya masing-masing.

Sebagai orang tua, pahamilah bahwa anak pasti mampu untuk melakukan hal apapun, asal dirinya percaya bahwa dirinya bisa. Ketika seorang anak percaya bahwa ia mampu melakukan sesuatu, secara otomatis ia akan benar-benar mampu melakukannya. Meski ia gagal, ia pasti akan terus mencoba sampai bisa karena ia tahu dan yakin bahwa ia bisa. Berbeda halnya jika anak tidak memiliki rasa percaya diri yang kuat, sekali dia gagal, dia kaan mudah putus asa dan kecil kemungkinan dia ingin mencoba kembali.


Cara Meningkatkan Percaya Diri Anak Sejak Dini

Membangun rasa percaya diri pada anak Usia dini dapat dimulai dari kesadaran kita bahwa rasa percaya diri berasal dari dalam diri anak masing-masing. Cara paling mendasar adalah orang tua harus memberi kepercayaan pada anak, agar mereka yakin akan kemampuan dan kekuatan diri mereka sendiri. Menanamkan rasa percaya diri pada anak adalah sebuah proses dengan tahapan-tahapan tertentu. Proses ini tidak bisa langsung sekaligus, tetapi membutuhkan tahapan-tahapan mulai dari yang mudah hingga yang sulit.

Dalam kaitannya dengan perkembangan anak, Pola asuh sangatlah penting dalam mendidik anak agar memiliki percaya diri yang tinggi. Orang tua harus tahu dan memahami betul bahwa rasa percaya diri dapat mengantarkan anak untuk meraih kesuksesan dalam hidupnya. Berikut adalah manfaat yang diperoleh bila anak telah diajari untuk memiliki rasa percaya diri sejak dini:

a. Anak tidak akan pernah takut mencoba hal baru di hidupnya dan selalu merasa tetantang.

b. Anak akan memahami bahwa kegagalan bukanlah suatu hal yang harus ditakuti melainkan kesempatan untuk memperbaiki kesalahan dengan usaha yang lebih baik.

c. Anak terbiasa untuk tidak ragu melakukan hal apapun selama itu baik dan bertanggung jawab.

d. Anak akan mampu bekerja keras untuk mencapai tujuan hidupnya karena dia tahu bisa meraihnya

e. Anak memiliki tujuan dan visi hidup yang jelas sejak ia masih belia.

f. Anak berani mengutarakan pendapatnya dan memperbaiki hal-hal yang salah dilingkungan sekitarnya.

g. Anak berpotensi menjadi pemimpin yang teladan.

h. Anak akan memiliki pergaulan luas dan disenangi banyak temannya.

i. Anak bisa menyesuaikan diri dengan cepat di lingkungan yang baru.

j. Anak memiliki empati dan kepekaan lebih akan kondisi sosial di sekitarnya.

Demikianlah ulasan Artikel singkat tentang cara meningkatkan percaya diri anak usia dini melalui pola asuh bagi orang tua dan pendidik, semoga tulisan ini bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung di blog PAUD-Anakbermainbelajar ini. Semoga suksel selalu. Wassalam.



21.33.00

0 komentar: