KEGIATAN PEMBELAJARAN PAUD TEMA AIR UDARA BERBASIS HOME LEARNING (Judul Kegiatan: Tenggelam atau Mengapung di Air)

Rabu, 01 April 2020

PAUD-Anakbermainbelajar----Seperti kita ketahui bersama Pandemi Covid-19 menyebabkan kegiatan pembelajaran di lembaga PAUD harus dilakukan di rumah. Kegiatan pembelajaran di rumah, yang disebut juga belajar Berbasis Home Learning dilakukan sepanjang masih terjadinya Pandemi Covid-19. Ada beberapa daerah yang telah memperpanjang kegiatan belajar di rumah bagi sekolah-sekolah yang termasuk dalam Zona Merah Covid-19. Semakin panjangnya masa kegiatan home learning tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi sekolah dan komponen yang terkait di dalamnya untuk melakukan pembelajaran jarak jauh. Karena pembelajaran jarak jauh membutuhkan berbagai macam pertimbangan. Salah satunya adalah bagaimana menciptakan pembelajaran jarak jauh yang kreatif, inovatif dan inspiratif di tengah-tengah serba keterbatasan dan hambatan karena pandemi covid-19 ini.

Dalam pembelajaran PAUD yang juga berbasis tematik, perlu melakukan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan tema dan tahap perkembangan anak usia dini secara mandiri di rumah bersama orang tua dan keluarga. Setelah kegiatan pembelajaran dengan tema tertentu selesai, maka perlu dipersiapkan juga pembelajaran berbasis home learning  memasuki tema dan evaluasi selanjutnya, hal ini tentunya perlu dilakukan evaluasi untuk menentukan pencapaian perkembangan peserta didik. Kegiatan ini pun dibutuhkan pula peran berbagai komponen terutama sekali para guru, orang tua dan media pembelajaran untuk mendukung kegiatan pembelajaran BERBASIS HOME LEARNING. Salah satu cara yang dapat dilakukan guru dan pendidik adalah membagikan soal atau materi kegiatan pada peserta didik dengan memanfaatkan media komunikasi dan media sosial, seperti; Facebook, WhatsApp, Email dan lainya.  Selanjutnya peran orang tua dan anaklah yang menentukan kelancaran proses pembelajaran itu di rumah. 


Berikut ini PAUD-Anakbermainbelajar, mencoba membagikan contoh pembelajaran atau materi kegiatan pada PEMBELAJARAN PAUD TEMA AIR UDARA BERBASIS HOME LEARNING (Judul Kegiatan: Tenggelam atau Mengapung di Air) yang BERBASIS HOME LEARNING, Seperti berikut ini:

Tema: Air dan Udara
Judul Kegiatan : Tenggelam atau Mengapung di Air

A. Alat yang digunakan :

1. Ember atau Baskom Besar


B. Bahan yang digunakan :

1. Air
2. Batu
3. Uang Koin/Logam
4. Botol Plastik Kecil
5. Pensil
6. Dan lain sebagainya (Benda lain yang ada di rumah)


C. Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran :

  • Berdoa sebelum melaksanakan kegiatan.
  • Mengajak anak dengan dibantu orang tua menimba dan mengisi air dalam wadah baskom/ember yang telah disediakan.
  • Mengajak anak mempersiapkan benda-benda yang akan dijadikan objek pengamatan di air.
  • Meminta anak memasukan satu demi satu benda-benda ke dalam baskom yang telah di isi air.
  • Meminta anak untuk mengamati dan mengucapkan posisi benda mengapung atau tenggelam (berada dipermukaan air atau di bawah air di dasar baskom). 

D. Penutup Kegiatan.

1. Kesimpulan kegiatan hari ini
2. Berdo'a

* * *




Demikianlah bunda dan ayah sekalian, tentang PEMBELAJARAN PAUD dengan TEMA AIR UDARA Berbasis HOME LEARNING atau Belajar dari rumah dengan Judul Kegiatan: Tenggelam atau Mengapung di Air, yang Berbasis HOME LEARNING. Semoga bermanfaat. Selamat belajar dan mengajar. Terimakasih.

Sumber Gambar : Koleksi Pribadi PAUD-Anakbermainbelajar      



12.03.00

0 komentar: