JENIS-JENIS KEGIATAN BERMAIN SESUAI DENGAN USIA PERKEMBANGAN ANAK

Minggu, 28 Januari 2018

PAUD-Anakbermainbelajar----Jenis-jenis kegiatan bermain bisa membuat anak asyik sekaligus merangsang perkembangannya. Dalam bermain anak menggunakan alat permainan sesuai dengan kebutuhan anak, begutu pula jenis kegiatan bermain sesuai dengan kebutuhan anak, begitu pula jenis kegiatan bermain sesuai dengan usia perkembangan anak. Ada berbagai jenis kegiatan bermain anak , yang secara umum terbagi menjadi dua yaitu sebagai berikut : 1). Bermain Aktif  2). Bermain Pasif.

Bermain aktif dan pasif pada anak usia dini lembaga TK dan PAUD


1. Bermain Aktif

Pada kegiatan bermain aktif, anak melakukan aktivitas gerakan yang melibatkan seluruh indera dan anggota tubuhnya. Diantaranya jenis kegiatan bermain aktif adalah :

a. Tactile Play/bermain dengan tangan

Merupakan kegiatan bermain yang meningkatkan keterampilan jari jemari anak serta membantu anak memahami dunia sekitarnya melalui alat perabaan dan penglihatannya.

b. Functional Play / Bermain fungsional

Bermain dengan lebih banyak melakukan permainan yang mengutamakan gerakan motorik kasar/otot besar.

c. Constructive Play / Bermain membangun

Permainan yang mengutamakan anak untuk membangun atau membentuk bangunan dengan media balok, lego dan sebagainya.

d. Creative Play / Bermain Kreatif

Bermain dengan melakukan permainan yang memungkinkan anak menciptakan berbagai kreasi kreatif dari imajinasinya sendiri.

e. Symbolic / Dramatic Play/bermain simbolik

Permainan dimana anak memegang suatu peran tertentu

f. Play Games

Permainan yang dilakukan menurut aturan tertentu dan bersifat kompetisi/persaingan.

Baca juga Tiga jenis main dalam kegiatan PAUD di sini !!


2. Bermain Pasif

Kegiatan bermain pasif tidak melibatkan banyak gerakan tubuh anak tetapi hanya melibatkan sebagian indera saja terutama pendengaran dan penglihatan. Diantara kegiatan bermain pasif yang sering dilakukan anak adalah receptive play. Receptive play merupakan permainan dimana anak menerima kesan-kesan yang membuat jiwanya sendiri menjadi aktif (bukan fisik yang aktif) melalui mendengarkan dan memahami apa yang dia dengar dan ia lihat. kegiatan dimana anak memperoleh kesenangan bukan berdasar kegiatan yang dilakukannya sendiri.

Kegiatan bermain pasif tidak melibatkan banyak gerakan tubuh anak, tetapi hanya melibatkan sebagian indera saja terutama pendengaran dan penglihatan.

Kegiatan bermain pasif diantaranya adalah Receptive Play, yaitu permainan dimana anak menerima kesan-kesan yang membuat jiwanya sendiri menjadi aktif (bukan fisik yang aktif) melalui mendengarkan dan memahami apa yang dia dengar dan ia lihat.

Permainan pasif , permainan ini bersifat mekanis dan biasanya dilakukan tanpa teman yang nyata, bentuk konkretnya seperti main game. Jenis permainan seperti ini memiliki sisi positif dan negatif. Positifnya ialah anak bisa memiliki keterampilan tertentu yang bisa berproses menjadi sebuah keahlian tertentu, sehingga bermanfaat untuk kehidupannya kelak. Main game di komputer biasanya membutuhkan keterampilan dan strategi yang tepat dari pemainnya negatifnya ialah keranjingan dan ketergantungan berlebihan bila tidak diatur dan dibatasi oleh orang tuanya. 

Secara mental dan psikologis pun, anak akan cenderung menuntut untuk selalu menjadi nomor satu, bersikap egoistis, selalu ingin berkuasa dan memegang kendali atas sesuatu baik dalam keluarga maupun ketika ia bermain dengan temannya. Ini terjadi karena ia terbiasa senantiasa menang menghadapi lawan pasifnya (seperti komputer). Sikap ini kemungkinan besar akan menjadikan anak tidak bisa menerima kekalahan dan kegagalan, serta kurang nyaman bersosialisasi. Dalam kondisi tertentu, ketergantungan terhadap permainan pasif bisa menghambat kreativitas anak. Anak menjadi kurang kreatif karena terbiasa dengan program yang sudah siap pakai

Bermain merupakan proses alamiah dan naluriah yang berfungsi sebagai nutrisi dan gizi bagi kesehatan fisik dan psikis anak dalam masa perkembangannya. Aktivitas bergerak (moving) dan bersuara (noice) menjadi sarana dan proses belajar yang efektif buat anak, proses belajar yang tidak sama dengan belajar secara formal di sekolah. Bisa dianalogikan bahwa bermain sebagai sebuah praktik dari teori sosialisasi dengan lingkungan anak. Dengan bermain, anak bisa merasa bahagia. Rasa bahagia inilah yang menstimulasi syaraf-syaraf otak anak untuk saling terhubung, sehingga membentuk sebuah memori baru Memori yang indah akan membuat jiwanya sehat, begitupun sebaliknya. Karena itu, banyak manfaat dari bermain untuk mengoptimalkan perkembangan anak, diantaranya :

a. Learning by planning. 

Bermain bagi anak dapat menyeimbangkan motorik kasar seperti berlari, melompat atau duduk, serta motorik halus seperti menulis, menyusun gambar atau balok, menggunting dan lain-lain. Keseimbangan motorik kasar dan halus akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan psikologis anak. Secara tidak langsung, permainan merupakan perencanaan psikologis bagi anak untuk mencapai kematangan dan keseimbangan di masa perkembangannya.

b. Mengembangkan otak kanan. 

Dalam beberapa kondisi belajar formal, seringkali kinerja otak kanan tidak optimal. Melalui permainan, fungsi kerja otak kanan dapat dioptimalkan karena bermain dengan teman sebaya seringkali menimbulkan keceriaan bahkan pertengkaran. Hal ini sangat berguna untuk menguji kemampuan diri anak dalam menghadapi teman sebaya, serta mengembangkan perasaan realistis anak akan dirinya. Artinya, ia dapat merasakan hal-hal yang dirasa nyaman dan tidak nyaman pada dirinya dan terhadap lingkungannya, serta dapat mengembangkan penilaian secara objektif dan subjektif atas dirinya.

c. Mengembangkan pola sosialisasi dan emosi anak. 

Bermain dapat menjadi sarana anak untuk belajar menempatkan dirinya sebagai makhluk sosial. Dalam permainan anak berhadapan dengan berbagai karakter yang berbeda, sifat dan cara berbicara yang berbeda pula, sehingga ia dapat mulai mengenal heterogenitas dan mulai memahaminya sebagai unsur penting dalam permainan. Anak juga dapat mempelajari arti penting nilai keberhasilan pribadi dalam kelompok; serta belajar menghadapi ketakutan, penolakan, juga nilai baik dan buruk yang akan memperkaya pengalaman emosinya. Dengan kata lain, bermain membuat dunianya lebih berwarna, perasaan kesal, marah, kecewa, sedih, senang, bahagia akan secara komplit ia rasakan dalam permainan. Hal ini akan menjadi pengalaman emosional sekaligus belajar mencari solusi untuk menanggulangi perasaan-perasaan tersebut di kemudian hari.

d. Belajar memahami nilai memberi dan menerima. 

Bermain bersama teman sebanya bisa membuat anak belajar memberi dan berbagi, serta belajar memahami nilai take and give dalam kehidupannya sejak dini. Melalui permainan, nilai-nilai sedekah dalam bentuk sederhana bisa diterapkan. Misalnya berbagi makanan atau minuman ketika bermain, saling meminjam mainan atau menolong teman yang kesulitan. Anak juga akan belajar menghargai pemberian orang lain sekali pun ia tidak menyukainya, menerima kebaikan dan perhatian teman-temannya. Proses belajar seperti ini tidak akan diperolah anak dengan bermain mekanis/pasif, karena lawan atau teman bermainnya adalah benda mati.

e. Sebagai ajang untuk berlatih merealisasikan rasa dan sikap percaya diri (self confidence), mempercayai orang lain (trust to people), kemampuan bernegosiasi (negotiation ability) dan memecahkan masalah (problem solving). 

Ragam permainan dapat mengasah kemampuan bersosialisasi, kemampuan bernegosiasi, serta memupuk kepercayaan diri anak untuk diakui di lingkungan sosialnya. Anak juga akan belajar menghargai dan mempercayai orang lain, sehingga timbul rasa aman dan nyaman ketika bermain. Rasa percaya diri dan kepercayaan terhadap orang lain dapat menimbulkan efek positif pada diri anak, ia akan lebih mudah belajar memecahkan masalah karena merasa mendapat dukungan sekalipun dalam kondisi tertentu ia berhadapan dengan masalah dalam lingkungan bermainnya. Reamonn O Donnchadha dalam buku The Confident Child menyatakan bahwa “Permainan akan memberi kesempatan untuk belajar menghadapi situasi kehidupan pribadi sekaligus belajar memecahkan masalah.” Kepercayaan merupakan modal dalam membina sebuah hubungan, termasuk hubungan pertemanan anak kecil. Kepercayaan juga dapat menjadi motivasi untuk memecahkan masalah karena tanpa itu masalah tidak akan pernah benar-benar selesai dan sebuah hubungan menjadi tidak langgeng.


3. Kegiatan bermain pasif

a.  Pengertian kegiatan bermain pasif

Dalam hal ini anak memperoleh kesenangan bukan berdasarkan kegiatan yang dilakukannya sendiri. Misalnya, menonton film, anak tinggal duduk untuk  menikmati film tersebut. Bermain pasif dapat pula diartikan sebagai kegiatan yang tidak terlalu banyak melibatkan aktifitas fisik.

Beberapa manfaat dari bermain pasif atau hiburan dapat dilihat pada uraian berikut ini :

1)  Sebagai sumber pengetahuan.

2) Menambah perbendaharaan kata dan lebih paham bagaimana menggunakan dalam berkommuikasi dengan orang lain.

3) Melakukan identifikasi dengan tokoh-tokoh cerita atau tokoh berita sehingga anak punya pemahaman sosial yang dpat membantunya menyesuaikan diri tehadap masyarakat.

4) Membantu anak menangani masalah emosional yang dialaminya dengan melihat bagaimana tokoh-tkoh cerita atau mengatasi masalah emosi mereka.

5) Penyaluran kebutuhan dan keinginan anak yang tidak mungkin diwujudkan dalam kehidupan nyata.

6)  Belajar mematuhi aturan-aturan dan harapan masyarakat dengan cara mengamati reaksi-reaksi tokoh cerita atau berita

7) Belajar memusatkan perhatian terhadap apa yang dilihat, dengan cara mengingat dan mengerti penyebab kejadian atau peristiwa dalam cerita atau film. Hal ini akan menunjang perkembangan intelektual anak.

8) Beberapa jenis hiburan dapat menghasilkan ilham untuk bereaksi dan mendorong anak untuk memanfaatkan dalam membuat hail karya yang asli dan unik (original).


b.  Macam-macam kegiatan bermain pasif

1)  Membaca

Membaca termasuk kegiatan bermain pasif, bisa dalam bentuk mendengarkan    cerita yang dibacakan ornag lain atau membaca sendri. Manfaat yang diperoleh   dari kegiatan ini secara psikologis, yaitu membuat anak lebih percaya diri, lebih mandiri (tidak mengantungkan diri pada orang lain untuk memperoleh hiburan), menambah keahlian membaca dan mendorong kreativitas seseorang.

2) Menonton film

Kemajuan teknologi membuat anak-anak dapat menikmati film tidak hanya di   bioskop, tetapi  juga di rumah , baik melalu acara yang ditanyangkan di televisi maupun dengan memutar video tape atau compact disc. Rata-rata prasekolah menghabiskan waktu di depan televisi selama setengah jam kerja orang tua dalam 1 minggu. Untuk itu peran orang tua/orang dewasa sangat penting dalam mendampingi agar anak medapat bimbingan dan arahan selama mereka menyaksikan televisi.

3) Mendengarkan radio

Acara siaran radio banyak ragamnya, pendengaranya pun dari bayi, anak-anak remaja bahkan orang tua. Tentu saja acara siaran radio akan dipilih tergantung usia anak. Mengingat minat anak terhadap program radio berbeda-beda untuk setiap tahapan usia maka sebagai orang tua atau guru sebaiknya tidak memaksakan  program yang belum saatnya untuk di dengarkan oleh anak.

4) Mendengarkan musik

Kegiatan ini dinikmati oleh bayi sebagai suatu hal yang dapat menghibur dan menyenangkan. Seiring dengan meningkatnya usia, anak lebih gemar mendengarkan music dan ini memumcak saat remaja. Mendengarkan musik akan membawa pengaruh positif pada anak dalam arti anak dapat menyenangkan diri sendiri, menenangkan perasaan-perasaan yang tidak nyaman,sebagai penyaluran emosi anak karena bisa ikut hanyut dalam lagu yang didengarnya.

Baca juga permainan aktif dan pasif pada anak usia dini di Sini !!



19.59.00

0 komentar: