INDONESIA HERITAGE FOUNDATION (IHF) - Full Materi Presentasi

Jumat, 22 September 2017

PAUD-Anakbermainbelajar-----Indonesia Heritage Foundation (IHF)-Full-Materi - IHF mencoba membuat terobosan-terobosan baru bagaimana mewujudkan insan berkarakter mulia yang konsisten antara pikiran, hati, dan tindakan nyata (“habit of the mind”, “habit of the heart”, dan “habit of the hands”), yaitu melalui pengkajian, pengembangan, dan pendidikan 9 Pilar Karakter, serta pengembangan beberapa strategi pendidikan untuk menciptakan generasi kreatif dan berdaya pikir tinggi (Higher Order Thinking Skills). Dalam 14 tahun terakhir ini, IHF telah mengembangkan dan menjalankan beberapa program, di antaranya adalah:

  1. Pengembangan dan penerapan model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK). Model PHBK memfokuskan pada pembentukan seluruh aspek dimensi manusia, sehingga dapat menjadi manusia yang berkarakter, kreatif, dan berdaya pikir tinggi.
  2. Program Semai Benih Bangsa (SBB) untuk masyarakat miskin, yaitu menerapkan model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (ciptaan IHF) di TK/PAUD dan SD. Khusus untuk TK/PAUD, model ini sudah diterapkan di lebih dari 2.000 lokasi terutama di daerah miskin di seluruh pelosok Indonesia bekerja sama dengan banyak mitra sponsor. Sedangkan untuk SD, model ini sudah diterapkan di 30 SD (Negeri dan Swasta) di DKI (kerja sama dengan Pemda DKI) dan 20 lokasi lainnya di Kalimantan Timur dan Sulawesi Selatan.
  3. Membina Sekolah Karakter sejak tahun 2001, yaitu sekolah formal di bawah naungan IHF (dari PG, TK, SD, dan SMP) di Cimanggis, Depok. Sekolah ini juga menerapkan model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter.
  4. Workshop Pendidikan Karakter untuk guru SMP dan SMA.
  5. Training Brain-Based Parenting (Pengasuhan Ramah Otak) untuk menyiapkan orangtua agar dapat mengasuh anak dengan cinta, serta menyiapkan anak untuk dapat mengoptimalkan perkembangan otak dan kepribadiannya.
  6. Feeling Education (Kecerdasan Emosi) yaitu menyiapkan para siswa untuk belajar mengendalikan emosinya melalui aplikasi neuroscience (Neuroscience for Kids).
  7. Violence Prevention, melalui program Stop Kekerasan Pada Anak, Stop Video Game
  8. Training untuk mencetak generasi kreatif melalui Brain-Based Learning, Creative Education, dan Origami for Character Building.
  9. Penerbitan buku-buku yang bertemakan karakter.


Materi yang di ajarkan untuk guru-pendidik paud, sebagai bahan presentasi pada kegiatan diklat dan pelatihan guru-guru PAUD di seluruh Indonesia, meliputi materi tentang pengembangan anak dan pendidikan budi pekerti/karakter anak usia  dini. yaitu :

1. Mencetak generasi unggul abad 21  
2. Pola Asuh Ramah Otak               
3. Kelekatan Ibu-Anak                 
4. Tahap Perkembangan Moral Anak     
5. Bahaya Video Kekerasan dan Melindungi Anak dari Bahaya Pornografi 
6. Komunikasi Positif untuk Membentuk Karakter Anak  dll            


Selengkapnya; lihat, baca dan Download materi Presentasi IHF-Full Materi tersebut di sini !!



08.54.00

0 komentar: