Cara Mudah Membuat Nomor Induk PAUD-TK

Selasa, 28 Oktober 2014

PAUD-Anakbermainbelajar-----Jika kita berbicara tentang membuat nomor induk PAUD kita akan melihatnya sebagai  Nomor Induk Sekolah (NIS). NIS adalah singkatan dari Nomor Induk Sekolah. Nomor ini diterbitkan atau dibuat oleh setiap sekolah bagi siswa/i nya. NIS hanya berlaku pada sekolah yang menerbitkan, dan tidak berlaku lagi ketika siswa pindah sekolah atau melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. Jadi ketika kalian pindah sekolah, maka kalian akan diberikan NIS yang baru dari sekolah yang kalian tuju. Kalian pingin tau berapa NIS kalian? Gampang aja tinggal buka aja kartu pelajar kalian, disana pasti tertera NIS yang diterbitkan oleh sekolah dalam hal ini lembaga PAUD yang bersangkutan. 


Dalam pembuatan Nomor induk sekolah atau PAUD tentunya tidak ada ketentuan baku yang mengikatnya, semuanya tergantung pada lembaga PAUD yang bersangkutan.

Nomor induk digunakan disetiap data yang menyangkut nama murid misal, absensi, klapper, raport dan lain-lain.

Cara menentukan nomor induk untuk setiap lembaga mungkin bisa berbeda-beda karena tidak ada ketentuan baku untuk menentukan nomor induk itu sendiri, disesuaikan dengan kondisi dan keadaan siswa serta sekolah yang bersangkutan.

Untuk lembaga kami sendiri nomor induk terdiri dari 9 digit angka, contohnya 2013.02.020. Penggunaan titik diantara angka untuk mempermudah pengklasifikasian dan pembacaan.

2013 adalah tahun ajaran atau tahun pelajaran dimana peserta didik masuk pertama kali.

02 kode lembaga, karena lembaga kami bergerak di dua bidang yang berbeda dan PAUD adalah lembaga ke dua.

020 adalah nomor urut murid setelah Nama murid di urut menurut abjad yang disusun di buku Induk.

Pengurutan nama anak bisa sesuai kelompok atau seluruh murid dari semua kelompok usia digabungkan lalu di susun menurut abjad dari a sampai z.

Contoh buku induk :

Contoh Pembuatan Nomor induk dalam buku Induk PAUD-TK

(* Tips penting cara membuat Nomor Induk PAUD :

Untuk pemberian nomor induk baru tunggulah beberapa saat misalnya 2 minggu setelah pembelajaran, kalau-kalau ada murid baru yang menyusul masuk.

Untuk murid yang mengulang tidak usah diberi nomor induk baru tapi tetap menggunakan nomor induk yang lama.

Jika ada murid baru, sedangkan murid yang lain (lama) sudah diberi nomor induk maka untuk murid baru diberi nomor induk dilanjutkan dari nomor terakhir, tidak usah dimasukan dalam urutan lagi namanya yang telah kita buat sebelumnya sesuai abjad.


Demikian cara membuat nomor induk sekolah atau PAUD yang dapat admin PAUD-Anakbermainbelajar bagikan, semoga bermanfaat, terimakasih, semoga sukses selalu.



09.58.00

0 komentar: