PENTINGNYA PENYELENGGARAAN PAUD HOLISTIK-INTEGRATIF

Kamis, 04 September 2014

Tantangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang sangat penting yang kita hadapi saat ini pada dasarnya adalah bagaimana kita bisa memperluas dan meningkatkan layanan PAUD yang memenuhi standar pelayanan minimal dengan mewujudkan 3 (tiga) tujuan utama PAUD, yaitu: Pertama, untuk mengembangkan potensi kecerdasan, kebugaran dan kreativitas anak. Yang dimaksudkan dengan kecerdasan di sini adalah kecerdasan komprehensif yang meliputi Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ), Kecerdasan Sosial, Kecerdasan Spritual (SQ), dan Kecerdasan Estetika. Kedua, untuk mempersiapkan anak agar siap mengikuti pendidikkan di Sekolah Dasar dan jenjang pendidikan berikutnya. dan Ketiga, untuk menurunkan angka putus sekolah di SD maupun di jenjang pendidikan berikutnya.  

Berdasarkan pemikiran di atas berbagai kebijakan pengembangan PAUD terus ditingkatkan oleh Pemerintah Indonesia hingga hari ini. Kementerian Pendidikan Nasional telah menetapkan PAUD sebagai salah satu fokus utama pembangunan pendidikan Indonesia 5 (lima) tahun ke depan dan memiliki rencana strategis untuk memperluas akses dan meningkatkan mutu layanan PAUD melalui upaya penerapan pendekatan PAUD Holistik-Integratif.

PAUD Holistik-Integratif, yaitu PAUD yang tidak hanya menekankan aspek pendidikan semata, akan tetapi mencakup juga aspek gizi, kesehatan, pengasuhan, dan perlindungan anak. Layanan PAUD Holistik-Integratif ditujukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak usia dini secara utuh meliputi kesehatan dan gizi, pendidikan, dan pengasuhan sesuai segmentasi umur, serta untuk melindungi anak dari perlakuan yang salah, baik pada tataran keluarga maupun lingkungan, Layanan tersebut diselenggarakan secara terintegrasi dan selaras antar lembaga pelayanan terkait, sesuai kondisi wilayah.

Sumber : Disarikan dan dirangkum dari berbagai sumber !!



17.12.00

0 komentar: