INILAH JENIS-JENIS PROGRAM PARENTING PAUD YANG PENTING

Sabtu, 28 Juni 2014

PAUD-Anakbermainbelajar---Seperti kita ketahui bersama bahwa parenting adalah upaya pendidikan yang dilaksanakan oleh keluarga dengan memanfaatkan sumber-sumber daya yang tersedia dalam keluarga dan lingkungan sekitar yang berbentuk kegiatan belajar secara mandiri. Parenting meliputi proses interaksi berkelanjutan antara orang tua dan anak-anak mereka yang meliputi aktivitas-aktivitas sebagai berikut : memberi makan (nourishing), memberi petunjuk (guilding), dan melindungi (protecting) anak-anak ketika mereka tumbuh kembang. Penggunaan kata parenting di sini memang sampai saat ini ada padanan kata dalam bahasa Indonesia yang tepat.

Keluarga sebagai unit sosial terkecil di masyarakat yang terbentuk atas dasar komitmen untuk mewujudkan fungsi keluarga khususnya fungsi sosial dan fungsi pendidikan, harus benar-benar dioptimalkan sebagai mitra lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Oleh karena itu melalui program parenting sebagai wadah komunikasi antar orang tua, disamping untuk memberikan sosialisasi terhadap program-program yang diselenggarakan oleh lembaga PAUD, secara umum tujuan program parenting, adalah mengajak para orang tua untuk bersama-sama memberikan yang terbaik buat anak-anak mereka. Sedangkan secara khusus tujuan pengembangan program parenting adalah :

1. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam melaksanakan perawatan, pengasuhan dan pendidikan anak di dalam keluarganya sendiri dengan landasan dasar dan karakter yang baik;


2. Mempertemukan kepentingan dan keinginan antara pihak leluarga dan pihak sekolah guna mensinkronkan keduanya sehingga pendidikan karakter yang dikembangkan di lembaga PAUD dapat ditindak lanjuti di lingkungan keluarga;


3. Menghubungkan atara program sekolah dengan program rumah. Lembaga PAUD yang memiliki program-program kelembagaan dan pembelajaran kadangkala bertentangan atau tidak selaras dengan kebiasaan-kebiasaan yang terjadi di lingkungan keluarga. Dengan program parenting ini akan terjadi keselarasan dan keterkaitan, kerjasama yang saling mendukung, saling menguatkan di lingkungan sekolah dan keluarga keluarga.


Baca juga Tahapan pembentukan program parenting di sini !!


Jenis-Jenis Program Parenting

Adapun jenis-jenis program parenting yang dapat dilaksanakan adalah sebagai berikut :

1. Parents Gathering

Parents Gathering adalah pertemuan orang tua dengan pihak lembaga PAUD yang difasilitasi oleh pantia program parenting guna membicarakan tentang program-program lembaga PAUD dalam hubungannya dengan bimbingan dan pengasuhan anak di keluarga dalam rangka menumbuh-kembangkan anak secara optimal. Maateri dalam pertemuan dapat berbagai hal tentang kebutuhan tumbuh-kembang anak, misalnya : tentang gizi dan makanan, tentang kesehatan, tentang pendidikan karakter, penyakit pada anak, dan lain sebagainya.


2. Foundation Class

Foundation Class adalah pembelajaran bersama anak dengan orang tua di awal masuk sekolah dalam rangka orioentasi pengenalan kegiatan sekolah. Dilaksanakan pada minggu-minggu pertama anak-anak mulai masuk sekolah ditahun ajaran baru.


3. Seminar

Seminar adalah kegiatan dalam rangka program parenting, yang dapat dilaksanakan dalam bentuk kegiatan seminar, Misalnya dengan mengundang tokoh atau praktisi PAUD yang kompeten, pakar dongeng, psikholog, dan lain-lain.


4. Hari Konsultasi

Hari Konsultasi adalah hari konsultasi untuk orang tua yang dapat disediakan atau dibuka oleh lembaga PAUD. Jumlah hari yang disediakan sesuai dengan tinggi rendahnya kasus atau jumlah orang tua yang melakukan konsultasi.


5. Field Trip

Field Trip adalah darmawisata, kunjungan wisata, atau kunjungan ketempat-tempat yang menunjukan kegiatan pembelajaran PAUD. Kegiatan kunjungan dilakukan bersama dengan orang tua. Misalnya kunjungan ke mesium, kunjungan ke Bandar Udara, Pelabuhan, atau tempat-tempat lain yang sesuai dengan tema dalam pembelajaran.


6. Home Activities

Home Acativities adalah aktivitas di rumah di bawa kesekolah, yaitu membawa orang tua untuk menginap di sekolah, bisa dengan melakukan kegiatan perkemahan di lapangan apabila disekolah tidak mampu menyediakan tempat menginap.


7. Cooking on The Spot

Coocing on The Spot adalah anak-anak belajar menyiapkan masakan, menyajikan makanan dengan bimbingan guru atau bersama dengan orang tua.


8. Bazar Day

Bazar Day adalah menyelenggarakan bazar di lembaga PAUD. Anak-anak menampilkan karyanya yang dijual pada orang tua atau umum.


9. Mini Zoo

Mini Zoo adalah menyelenggarakan kebun binatang mini di sekolah, yaitu anak-anank membawa binatang kesayangannya atau binatang peliharaan dari rumah ke lembaga PAUD.


10. Home Education Video

Home Education Video adalah mengirimkan kegiatan pembelajaran anak-anak di lembaga PAUD Pada orang tua dalam bentuk keping CD/DVD, agar dapat disaksikan dan dipelajari juga oleh orang tua di rumah.

Demikian Artikel singkat tentang tujuan dan jenis-jenis program parenting di lembaga PAUD, semoga bermanfaat. terimakasih sudah berkunjung kembali di blog PAUD_Anakbermainbelajar ini. Sukses selalu.



20.28.00

0 komentar: