BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Keberhasilan
pembangunan nasional sangat dipengaruhi
oleh kualitas sumber daya
manusia, baik secara kuantitatif
maupun kualitatif. Untuk
mencapai itu diperlukan kemampuan dan pendidikan yang baik dengan
program-progrma pembelajaran yang bermutu. Oleh
karena itu kiranya perlu diusahakan agar
masyarakat dapat digerakkan dan dibina menjadi sumber
daya yang produktif,
berbudi luhur, cakap dan terampil, percaya pada kemampuan diri sendiri
untuk bekerja dan memandang hari esok dengan penuh optimis. Pembangunan
nasional di bidang
pendidikan adalah upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan
meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia dalam mewujudkan masyarakat
yang maju, adil,
dan makmur serta dapat
memungkinkan warganya untuk mengembangkan diri, baik berkenaan dengan
aspek jasmaniah maupun rohaniah.
Merujuk pada UU No. 20 Tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa pendidikan terdiri atas
Pendidikan Anak Usia Dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan
pendidikan tinggi, yang keseluruhannya merupakan kesatuan yang sistemik.
Artinya, pendidikan harus dimulai dari usia dini, yaitu Pendidikan Anak Usia
Dini (PAUD).
Salah satu langkah penting untuk
mencapat tujuan di atas adalah menciptakan masyarakat kita menjadi masyarakat pembelajar yang baik.
Masyarakat diupayakan mempunyai minat dan kemampuan belajar yang tinggi, yang
lebih menghargai dan menanfaat sumber-sumber belajar secara langsung dan
berkesinambungan untuk perbaikan taraf hidupnya. Kegiatan belajar ini tentunya
dapat dilakukan sejak usia dini dengan menerapkan program-program pendidikan
anak usia dini yang bermutu, agar kelak kegiatan belajar dapat diarahkan
menjadi belajar yang mandiri dan terus bekembang sesuai dengan kebutuhan jaman.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar
belakang, maka permasalahan yang dikemukakan dalam makalah ini adalah :
1.
Bagaimanakah pengertian belajar?
2.
Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi dalam kegiatan belajar tersebut?.
3.
Bagaimanakah strategi pembelajaran dalam pendidikan anak usia dini?.
C. Tujuan
Mengacu
pada permasalahan, maka tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memperoleh gambaran atau informasi tentang :
1.
Pengertian belajar.
2.
Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi dalam kegiatan belajar
tersebut.
3.
Mengetahui strategi pembelajara dalam pendidikan anak usia dini tersebut.
Untuk Makalah selengkapnya silakan Download di sini !!
0 komentar:
Posting Komentar