CONTOH MAKALAH KULIAH MAHASISWA : KONSEP BELAJAR DI PAUD

Senin, 23 Juni 2014

BAB I
PENDAHULUAN 
A.  Latar Belakang Masalah
Keberhasilan pembangunan nasional  sangat  dipengaruhi  oleh  kualitas sumber  daya  manusia,  baik secara  kuantitatif  maupun  kualitatif.  Untuk mencapai itu diperlukan kemampuan dan pendidikan yang baik dengan program-progrma pembelajaran yang bermutu. Oleh karena  itu kiranya perlu diusahakan agar masyarakat  dapat digerakkan dan dibina menjadi  sumber  daya  yang  produktif,  berbudi luhur, cakap dan terampil, percaya pada kemampuan diri sendiri untuk bekerja dan memandang hari esok dengan penuh optimis. Pembangunan nasional  di  bidang  pendidikan adalah upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan  kualitas sumber  daya manusia Indonesia dalam mewujudkan  masyarakat  yang  maju,  adil,  dan makmur  serta dapat memungkinkan warganya untuk mengembangkan diri, baik berkenaan dengan aspek  jasmaniah maupun  rohaniah.
Merujuk pada UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa pendidikan terdiri atas Pendidikan Anak Usia Dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi, yang keseluruhannya merupakan kesatuan yang sistemik. Artinya, pendidikan harus dimulai dari usia dini, yaitu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
Salah satu langkah penting untuk mencapat tujuan di atas adalah menciptakan masyarakat kita  menjadi masyarakat pembelajar yang baik. Masyarakat diupayakan mempunyai minat dan kemampuan belajar yang tinggi, yang lebih menghargai dan menanfaat sumber-sumber belajar secara langsung dan berkesinambungan untuk perbaikan taraf hidupnya. Kegiatan belajar ini tentunya dapat dilakukan sejak usia dini dengan menerapkan program-program pendidikan anak usia dini yang bermutu, agar kelak kegiatan belajar dapat diarahkan menjadi belajar yang mandiri dan terus bekembang sesuai dengan kebutuhan jaman.
 B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang, maka permasalahan yang dikemukakan dalam makalah ini adalah :
1.        Bagaimanakah pengertian belajar?
2.        Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi dalam kegiatan belajar tersebut?.
3.        Bagaimanakah strategi pembelajaran dalam pendidikan anak usia dini?.
C. Tujuan
Mengacu pada  permasalahan, maka tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memperoleh gambaran atau informasi tentang :
1.        Pengertian belajar.
2.        Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi dalam kegiatan belajar tersebut.
3.        Mengetahui strategi pembelajara dalam pendidikan anak usia dini tersebut.  
Untuk Makalah selengkapnya silakan Download di sini !!



10.56.00

0 komentar: