DANA BANTUAN DIRJEN PAUDNI 2014

Sabtu, 10 Mei 2014

Dana Bantuan Dirjen PAUDNI 2014 Mencapai Rp 608,1 Miliar. Bansos PAUD Mencapai Rp 527 Miliar. Alokasi dana  bantuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebesar Rp 527 Miliar pada tahun ini. Jumlah ini mencapai 87 persen dari total anggaran yang dikelola Direktorat Pembinaan PAUD sebanyak Rp 608,1 Miliar.

“Sebagian besar dana diperuntukan untuk bantuan sosial, dan untuk masyarakat,” ujar Direktur Jenderal PAUDNI Lydia Freyani Hawadi saat menjadi pembicara kunci pada Diskusi Kebijakan PAUD yang diselenggarakan Sekretariat Kabinet, di Yogyakarta (27/3).

Namun Dirjen mengingatkan bahwa jumlah tersebut belum sebanding dengan sasaran yang harus dilayani. Oleh karena itu, ia minta agar pemerintah daerah turut membantu mengalokasikan dana daerah.
Jumlah anggaran PAUD setiap tahun memang terus menciut. Pada tahun 2011, Kemdikbud mengalokasikan sebanyak Rp 1,7 Triliun. Lantas pada tahun 2012 anjlok menjadi Rp 880 miliar, lalu turun menjadi Rp 652 pada tahun 2013.


Pemetaan Bansos
Meskipun angaraan terus mengecil, namun Dirjen tetap meminta agar pengawasannya diperketat. Ia menegaskan agar bansos PAUD diberikan pada lembaga yang layak berdasarkan juknis dan aturan yang berlaku. Oleh karena itu butuh pemetaan lembaga yang telah menerima dana bansos.
“Jangan diberikan berdasarkan kedekatan dan memo-memo,” ujar Dirjen sembari mengingatkan bahwa tahun ini adalah tahun pemilu, yang mana penyaluran bansos sangat rawan diselewengkan untuk kepentingan politik.

(Yohan Rubiyantoro/HK) kemdikbud



23.53.00

0 komentar: