LAMBANG DAN LOGO PAUD ARTI DAN MAKNANYA

Selasa, 07 Januari 2014

Lambang, logo atau Simbol secara etimologi adalah berasal dari kata symballo dari bahasa Yunani. Symballo artinya kurang lebih melempar atau meletakkan bersama-sama dalam satu ide atau konsep objek yang kelihatan, sehingga objek tersebut mewakili gagasan. Simbol ini dapat menghantarkan seseorang ke dalam gagasan atau konsep masa depan maupun masa lalu. Simbol adalah gambar, bentuk, atau benda yang mewakili suatu gagasan, benda, ataupun jumlah sesuatu. Meskipun simbol bukanlah nilai itu sendiri, namun simbol sangatlah dibutuhkan untuk kepentingan penghayatan akan nilai-nilai yang diwakilinya. Simbol dapat digunakan untuk keperluan apa saja. diantaranya; ilmu pengetahuan, kehidupan sosial, juga keagamaan dan kepercayaan.

Lambang atau logo yang selama ini dipakai untuk PAUD mempunyai arti dan maknanya yang khusus, yang dapat dilihat secara Filosofis dalam makna PAUD Pendidikan Anak Usia Dini sebagai bagian ilmu pengetahuan dan pendidikan. Arti dan Makna lambang dan logo PAUD ini adalah sebagai berikut :
Gambar Segi Lima
Lambang lima sila (pancasila) sebagai landasan dasar sikap dan peranan keluarga dalam pendidikan, pemberian gizi dan pemeliharaan kesehatan anak serta penanaman sikap moral bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.


Orang Tua Menuntun Anak
Lambang Dwi Fungsi Tunggal orang tua yang mengayomi anak dengan memberi kebebasan, namun tetap dalam tuntunan orang tua (Tut Wuri Handayani).



Dua Anak
Lambang kemitrasejajaran anak laki-laki dan perempuan memperoleh asuhan tumbuh kembang yang optimal.



Bulat di Perut
Lambang peran orang tua turut menentukan masa depan anak sedini mungkin Sejak dalam kandungan.



Tiga Buku


Artinya

  1. Melambangkan aspek keimanan, moral, dan emosional anak.
  2. Melambangkan unsur: Kesehatan, Gizi, Pendidikan sebagai unsur yang tidak terpisahkan dalam menentukan kualitas seorang anak.
  3. Melambangkan usia anak intelegasi, pertumbuhan dan perkembangan anak dalam periode iritis: 0-1 tahun, 2-3 tahun, dan 4-6 tahun.

Demikian Arti dan makna Lambang atau logo yang selama ini dipakai untuk PAUD, semoga dapat dipahami dan bermanfaat, terimakasih.



00.04.00

0 komentar: