PAUD BUKAN TK (Taman Kanak-kanak)

Selasa, 24 Desember 2013

Kegiatan Senam PAUD RS
Sebagian besar masyarakat mengganggap atau mengidentikan PAUD dengan Taman kanak-kanak (TK). Tentu saja pendapat ini kurang tepat karena PAUD bukan TK, mengingat pendidikan TK hanya dialami selama satu atau dua tahun. Itupun jika anak sempat mengalami pendidikan TK. Sedangkan batasan PAUD adalah usia aktif anak sejak lahir sampai usia enam tahun. Dimana dengan PAUD diharapkan masa-masa emas anak usia dini atau yang disebut golden age anak usia dini, dapat dikembangkan seoptimal mungkin.

PAUD merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitik beratkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik dan kecerdasan, yaitu daya pikir, daya cipta, emosi, spritual, berbahasa / komunikasi, dan sosial. PAUD dapat dijadikan sarana untuk menjembatani kesenjangan sosial, dan disiapkan untuk semua anak dari latar belakang sosial yang berbeda agar mereka dapat berkumpul, belajar dengan penuh kebahagiaan dan persahabatan yang erat. Artinya semua anak berhak mendapatkan kesempatan yang sama untuk berkembang dan berhasil.
 
Anak PAUD Rumah Senyum
Tujuan jangka panjang kedepan untuk PAUD di Indonesia sendiri adalah untuk mewujudkan anak usia dini yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, jujur, bertanggung jawab, kreatif, percaya diri, dan cinta tanah air menuju terbentuknya insan Indonesia cerdas komprehensif.


Demikian uraian tentang PAUD bukan TK (Taman Kanak-kanak) semoga bisa dipahami, terimakasih.


Sumber : disarikan dari berbagai sumber!!



11.11.00

0 komentar: