PERKEMBANGAN GERAKAN ANAK USIA DINI

Minggu, 03 November 2013

Perkembangan gerak anak usia dini, yaitu pada usia 0 - 4 tahun, dipengaruhi oleh perkembangan gerak yang
terjadi sejak mulai pada masa bayi. Pada akhir masa bayi, seorang anak mulai dapat berjalan dengan memegang suatu objek dan memainkannya secara sederhana. Dengan anak mulai dapat berjalan dan memainkan suatu objek meskipun masih secara sederhana, kemampuan tersebut merupakan modal dasar bagi perkembangan anak selanjutnya. Dengan kemampuan gerak yang sederhana tersebut, telah memungkinkan bagi anak untuk melakukan aktivitas fisik yang menuntut kemampuan menjelajahi ruang yang lebih luas. Anak dapat berpindah dari satu tempat ketempat yang lain, dapat menangkap suatu objek, seperti bola, kemudian menggunakannya untuk bermain-main dengan teman sebaya. Kesempatan melakukan aktivitas, seperti tersebut sangat menentukan perkembangan pola gerak anak selanjutnya.

Pada masa-masa usia anak paud, perkembangan gerak yang terjadi adalah berupa peningkatan kualitas pola gerak yang telah dikuasai pada masa bayi, serta peningkatan variasi berbagai macam pola-pola gerak dasar. Kemampuan berjalan dan memegang akan semakin baik dan dapat dilakukan dengan beragam variasi gerakan pisik baik motorik halus, maupun motorik kasar.

Peningkatan kemampuan gerak terjadi seiring dengan meningkatnya kemempuan indra, koordinasi mata, tangan, dan kaki. Perkembangan gerak pada anak usia dini akan berkembang lebih optimal apabila anak memiliki kesempatan cukup besar untuk melakukan kativitas fisik dalam bentuk gerakan-gerakan yang melibatkan keseluruhan bagian anggota-anggota tubuh itu.

Untuk mendukung perkembangan gerak pada anak dapat dilakukan dengan beberapa antara lain :
  1. Merangsang anak untuk aktif bergerak dengan mengajak bermain dan beraktivitas fisik yang lengkap.
  2. Memberikan anak ruang bermain yang luas dan memadai.
  3. Mengajak anak bermain di alam terbuka
  4. Mengajak anak berolahraga dengan aktivitas fisik yang sesuai dengan perkembangan anak.
  5. Memberikan anak APE yang dapat merangsang gerak pisiknya.




03.39.00

0 komentar: