USIA KETERLAMBATAN BICARA PADA ANAK

Senin, 20 Februari 2023

PAUD-AnakBermainBelajar---Keterlambatan bicara pada anak bisa saja mengindikasi masalah kesehatan yang lebih serius. Jadi, penting bagi orangtua untuk lebih peka dan waspada terhadap kondisi ini. Ada beberapa tanda mudah yang bisa dilihat dari anak yang mengalami keterlambatan bicara atau speech delay. Tanda tersebut antara lain sebagai berikut:

Anak pada usia 12 bulan tidak mengoceh, ia juga tidak mengikuti gerak-gerik yang dilakukan ibu orang tua atau pengasuhnya.

Pada usia 18 bulan, anak tidak mengikuti petunjuk orangtua. Ia juga tidak mengucapkan kata yang bermakna misal mama, papa atau dada.

Pada usia 24 bulan, anak tidak bisa menunjuk gambar atau benda yang dimaksud oleh orangtua. Ia juga tidak mau menunjuk apa yang diinginkannya.

Pada usia 30 bulan atau 2,5 tahun, ia tidak merespon secara verbal, tidak mengerti dan memahami perintah. Ia juga belum bisa menggabungkan dua suka kata menjadi kalimat bermakna.

Pada usia 3 tahun, anak tidak mengenal kata minimal 200 kata. Ia juga tidak mengikuti perintah atau petunjuk. Ia bahkan belum bisa merespon pertanyaan atau sekedar sapaan dari orang di sekitarnya.

Itulah sekilas mengenai keterlembatan bicara pada anak, dan usianya. Yang Admint PAUDAnakBermainBelajar, bagikan, semoga bermanfaat. Terimakasih.



14.33.00

0 komentar: