PIJAKAN PENGALAMAN SETELAH MAIN DALAM BCCT

Rabu, 25 Desember 2013

Pijakan akhir setelah bermain

Langkah terakhir kegiatan main atau pijakan terakhir dalam kegiatan sentra dan BCCT berupa pijakan terakhir. Setelah selesai kegiatan main maka dilakukan pijakan setelah main atau dapat disebut juga pijakan pengalaman setelah main. Adapun tujuan pijakan Setelah selesai kegiatan main ini adalah

  1. Membangun kemampuan anak untuk mengingat kembali apa yang telah dilakukannya.
  2. Memperkuat konsep yang telah ditemukan anak ketika bermain
  3. Mengembangkan kemampuan bahasa dan komunikasi (ekspresif dan reseptif).
  4. Mengembangkan kemampuan sosial.
  5. Mengembangkan kemampuan pengendalian diri.
  6. Mengembangkan kemampuan matematika dengan cara mengklasifikasikan alat dan bahan main sesuai dengan bentuk dan jenisnya serta kegunaannya.
  7. Mengembangkan sikap tanggung jawab dan disiplin.
  8. Membiasakan bekerja tuntas (start and finish).
Adapun kegiatan yang dapat dilakukan dalam pijakan setelah main ini antara lain:
  1. Membereskan alat main dan memasukkan ke tempatnya
  2. Membentuk lingkaran bersama semua anak
  3. Menanyakan apa perasaan anak setelah main
  4. Menanyakan kegiatan main yang telah dilakukan anak
  5. Menanyakan konsep yang telah ditemukan anak selama main (sesuai dengan rencana pembelajaran yang disusun)
  6. Menegaskan perilaku yang telah dimunculkan anak (berterimakasih untuk perilaku yang diharapkan, dan mendiskusikan untuk perilaku yang belum tepat)
  7. Menghubungkan dengan kegiatan yang akan datang
  8. Transisi ke kegiatan berikutnya.
Demikian ringkasan Pijakan pengalaman setelah main dalam kegiatan BCCT, semoga bermanfaat. Terima kasih. 

Sumber: Bahan diklat TOT Pendidik PAUD dirjend PMPTK 2009.



00.33.00

0 komentar: