PERMAINAN BONEKA WAYANG UNTUK ANAK PAUD

Kamis, 19 Desember 2013

Membuat boneka wayang PAUD
Boneka Wayang adalah permainan dengan boneka yang berbentuk wayang sederhana dengan meniru tokoh atau profile tertentu yang dapat dimainkan anak dalam kegiatan bermain peran dan mendongeng.


Tujuan Permainan boneka wayang adalah:

Memberikan pengetahuan dan sikap budi pekerti melalui cerita-cerita fiksi atau legenda kepada anak. Permainan ini juga bertujuan untuk mengasah kreativitas, bahasa, emosi, keterampilan motorik halus khususnya pada bagian jari dan tangan, sosialisasi dan memperkenalkan khasanah budaya bangsa.
Adapun cara membuat boneka wayang ini adalah pertama-tama dibuat wayang sesuai dengan kebutuhan lalu dapat dibuat panggung boneka sesuai dengan tokoh dan bentuk wayang yang dibuat.

Bahan yang diperlukan :

A. Boneka:

  • Kertas, kain perca, kaos kaki
  • Pensil, pensil warna
  • Gunting, penggaris, lem
  • Mal atau gambar desain boneka

B. Panggung :
  • Triplek, harboard, atau kardus bekas yang tebal
  • Kain
  • Cat

Cara Membuatnya :

Boneka 1 : lihat beberapa contoh di bawah ini

1. Boneka wayang jari dari kertas

Sediakan kertas manila atau kardus bekas ukuran 15 x 7,5 cm dipotong dan dibentuk seusuai bentuk dan tokoh yang kita inginkan seperti di bawah ini.



2.Boneka wayang dengan tangkai

Buatlah gambar yang akan dimainkan dalam suatu cerita, kemudian tempelkan pada kertas potongan kardus atau  kertas karton seperti contoh gambar di bawah ini:

Membuat boneka wayang tangakai anak paud

3.Boneka Kotak

Kotak bekas minuman dapat dibuat boneka. Sisi yang hendak digambar muka boneka ditutup dengan kertas polos lihat contoh. Bagian bawah kotak dilubangi sehingga tangan yang memainkan dapat masuk ke dalam kotak tersebut.



4. Boneka wayang Paper Bag Puppet



Adapun cara membuat Boneka wayang Paper Bag Puppet adalah dengan memanfaatkan kantung kertas bekas (Paper Bag Puppet) yang sudah tidak terpakai lagi.

Bahan-bahan yang diperlukan:
  • kantong Kertas bekas
  • Lem
  • Gunting
  • Spidol atau krayon
  • Mata boneka Mainan

Cara membuat Boneka wayang Paper Bag Puppet adalah sebagai berikut :

Lipat bagian bawah kantung ketas daur ulang sudah diberi garis merah ke dalam untuk membentuk kepadala binatang yang ingin dibuat.




Kepala hewan sudah yang kita inginkan sudah terbentuk sesuai dengan binatangnya.


Lalu buat pola telinga, hidung, dan lidah dikertas daur ulang lainnya,. lalu warnai sesuai dengan contoh (sesuai selera juga tidak masalah). Lalu beri lem dan tempelkan sesuai dengan contoh, jangan lupa lem bagian mata boneka mainannya untuk mata ayang hewan anjing kecil yang lucu.


Setelah semua proses pembuatan boneka, baik boneka wayang maupun boneka kotak, maka dilanjutkan dengan pembuatan panggung boneka untuk memainkan boneka tersebut :

Adapun cara membuat Panggung boneka wayang ini adalah dengan memotong kertas kardus bekas berbentuk persegi pajang sekitar kurang lebih 10 x 20 cm yang diberi lubang kotak ditengahnya untuk layar tampilan boneka  yang akan dimainkan.

Dalam setting untuk panggung diberi gambar yang menarik sesuai dengan tema cerita dan latar belakang tokoh boneka. Panggung  ini juga dimasukkan sebagai latar belakang atau sebagai dekorasi bila boneka-boneka di atas dimainkan.


Cara menggunakan :
1. Boneka dimainkan dengan mengambil peran keluarga.
2. Dimainkan dengan metode dramatisasi
3. Dimainkan oleh satu orang atau lebih anak yang berada dibelakang panggung.




Demikian cara membuat boneka wayang dan panggung boneka untuk penampilan boneka-boneka tersebut. ...semoga bermanfaat...terima kasih.


Sumber: disarikan dari berbagai sumber.
Sumber Gambar:http://wilayah14bia.blogspot.com/, http://artenergic.blogspot.com/
referensi untuk Boneka wayang Paper Bag Puppet : http://artenergic.blogspot.com/2013/07/membuat-wayang-dari-kantong-kertas-daur.html.



01.10.00

0 komentar: