Home » » CARA MENGAJARI ANAK MENGGAMBAR

CARA MENGAJARI ANAK MENGGAMBAR

Written By asolihin skb on Jumat, 31 Mei 2013 | 09.23

Dasar mengajari anak menggambar adalah dimulai dengan mengkondisikan pada anak dengan kegiatan menggambar itu menyenangkan. Kita sebagai pendidik dan orang tua harus bersikap terbuka dan komunikatif pada anak, sampaikan pada anak "menggambar itu mudah" dan hasilnya "indah", jangan lupa pujian dan penghargaan terhadap gambar karya anak yang sudah dibuatnya dengan susah payah.




Mengajari anak dimulai dengan membuat bentuk coretan sederhana yang sesuai dengan kemampuan anak. Langkah-langkahnya adalah ajak anak membuat coretan gambar sebagai berikut :

Menggambar dengan Titik-titik, Ajak anak membuat gambar dengan bentuk titik-titik dimulai dari bentuk gambar dengan titik-titik satu warna, dua warna hingga akhirnya dengan kombinasi beberapa warna sekaligus.

Menggambar Garis Vertikal dan Horizontal, Membuat gambar dengan garis-garis vertikal dan horizontal secara bertahap, dimulai dari haris horizontal dan vertikal dikertas terpisah, kemudian menggambar kombinasi dalam vertikal dan horizontal dalam satu kertas dengan kombinasi warna sesuai selera anak.

Menggambar garis miring, anak diajarkan membuat garis miring dengan tarikan alat tulis dari kiri ke kanan, dari kanan kekiri, dari atas kebawah dan dari bawah keatas. untuk tahap awal dari metode ini karena cukup susah maka anak boleh menggunakan alat bantu penggaris. Ini dilakukan sampai anak sudah cukup mampu menggoreskan alat gambarnya secara langsung.


Menggambar Bentuk Lengkung dan lingkaran. Tangan anak mulai dilatih dengan kontrol yang lebih sulit yaitu bentuk lengkung dan lingkaran, pertama anak disuruh membuat gambar lengkung menghadap kebawah seperti huruf n dan kemudian lengkung menghadap ke atas seperti bentuk u, setelah anak terlihat cukup mahir dilanjutkan dengan membuat dingkaran dengan bentuk awalnya kombinasi n dan u lalu membuat lingkaran secara utuh.

Menggambar dengan Teknik Asosiasi, Selanjutnya masuk pada tahap menggambar bentuk nyata. Pada tahap ini anak diajarkan menggambar dengan mengasosiasikan bentuk yang dikenalnya menjadi obyek gambar yang akan dibuat. Bentuk yang paling bagus adalah mengasosiasikan Abjad atau Angka, hal ini didasarkan pada dua manfaat, yaitu selain anak mahir menggambar, juga dapat meningkatkan kemampuan pembelajaran keaksaraan dan angka pada anak.

Demikian teknik sederhana mengajari anak menggambar, langkah selanjutnya adalah menuju pada tahap latihan menggambar untuk anak yang lebih kompleks. Kemampuan anak akan berkembang jika dilakukan dengan latihan-latihan terus menerus secara konsisten. Jangan lupa pujian dan penghargaan terhadap gambar karya anak agar anak tetap bersemangat, hingga pada akhirnya anak siap untuk memasuki pada tahap menggambar yang lebih sulit yaitu sketsa dan melukis dikanvas. Untuk selanjutnya silakan ditunggu artikel ini tentang.... MENGAJARI ANAK PAUD MELUKIS.. DISINI!!



Share this article :

0 komentar:

KOTAK PENCARIAN

KOMENTAR DAN SARAN

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. ANAK PAUD BERMAIN BELAJAR DAN BERKEMBANG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger