PIJAKAN PENGALAMAN MUNCULNYA KEAKSARAAN ANAK

Minggu, 22 Desember 2013

Anak bermain memunculkan keaksaraan
Anak usia dini tidak mengatur pikiran dan pengetahuan mereka dalam bentuk mata pelajaran seperti membaca, berhitung, dan menulis. Kegiatan membaca, menulis, berhitung, itu ada sepanjang hari dan ada di dalam pengalaman main yang disediakan melalui hubungan terus menerus dengan buku, bahasa, pengalaman motorik kasar dan halus yang terjadi sebagai sebuah hasil eksplorasi lingkungannya. Pengalaman anak adalah hal terpenting bagi anak dalam memunculkan keaksaraan, karena melalui pengalaman anak dapat merasakan dan memahami langsung bentuk dan arah dari munculnya konsep-konsep keaksaraan secara lebih jelas.


Untuk pijakan pengalaman munculnya keaksaraan anak adalah sebagai berikut :
  1. Beri setiap anak kesempatan keaksaraan sepanjang hari dalam setiap kesempatan main
  2. Beri setiap anak interaksi yang langsung, dan tetap dengan buku, bahasa, dan pengalaman gerakan kasar/halus
  3. Buat setiap pengalaman keaksaraan menjadi menyenangkan
  4. Buat lingkungan yang menerima untuk semua usaha menulis  sehingga anak mau mengambil resiko untuk mencoba banyak hal
  5. Selalu ada untuk membantu anak dalam tulisan mereka
  6. Bantu anak di tahapan yang dibutuhkannya (Misalnya jika anak ingin tahu bagaimana kata itu dieja, guru mungkin menulis di kertas lain untuk ditiru anak, atau anak ingin guru menuliskan kata itu dengan stabilo untuk dijiplak di atasnya, atau mungkin anak ingin guru menuliskan kata)
  7. Memperkuat dan memperluas bahasa anak melalui pertanyaan dan diskusi
  8. Mencontohkan komunikasi yang tepat melalui percakapan secara perorangan
  9. Meningkatkan kesempatan sosialisasi dengan mendukung hubungan dengan teman sebaya
  10. Mengamati dan mendokumentasikan perkembangan dan kemajuan keaksaraan anak
  11. Turut bergembira dalam semua usaha keaksaraan.
Demikian pijakan pengalaman munculnya keaksaraan anak, semoga bermanfaat ...terima kasih.

Sumber: Bahan pelatihan Dit PADU, Ditjen PLSP, Depdiknas 2010.



21.53.00

0 komentar: